Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis – jenis kucing Paling Populer di dunia

 

          Meong!!! Dari suaranya kita pasti dapat menebak hewan apakah itu? Tentu saja itu pasti suara kucing. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Persahabatan antara manusia dan kucing telah terjalin sejak ribuan tahun lalu. Bahkan menurut catatan sejarah hubungan ini telah dimulai sejak 6000 tahun SM. Orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk mengatasi tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen mereka. Hewan yang jinak, lucu dan imut ini terdiri atas beberapa jenis ras yang berbeda baik warna, bentuk, dan tingkah laku. Apa saja jenis kucing yang ada didunia? Temukan jawabannya pada artikel dibawah ini.

       Kucing bukan hanya merujuk pada kucing rumah (Felis Silvestris catus atau Felix catus) yang telah dijinakkan, tetapi juga merujuk pada “kucing besar” seperti singa dan harimau. Kucing domestik pertama kali diklasifikasikan sebagai Felis catus oleh Carolus Linnaeus dalam edisi ke 10 Systema Naturae yang diterbitkan pada tahun 1758.

    Kucing bukan hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan semata, dibeberapa negara barat kucing dijadikan sebagai komoditi dagang yang bernilai ekonomis tinggi. Bulunya dapat dibuat berbagai macam bentuk seperti mantel, sarung tangan, topi, sepatu, selimut, dan boneka mainan. Namun itu dulu, saat ini perdagangan bulu kucing telah dilarang dibeberapa negara termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Uni Eropa.

          Orang Mesir Kuno menganggap kucing sebagai penjelmaan Dewi Bast juga dikenal sebagai Bastet atau Thet. Hukuman untuk yang kedapatan membunuh kucing tidak main-main; HUKUMAN MATI. Jika ada kucing mati kadang dimumikan seperti halnya manusia.

       Lain dulu lain sekarang, saat ini kucing merupakan hewan yang dipelihara dirumah sebagai teman bermain yang mengasyikkan bahkan beberapa pencinta kucing menganggap kucing sebagai bagian dari “keluarga” hingga diberi nama yang cantik. Pilihan untuk memelihara  kucing sangat beragam, kita dapat memilih sesuai dengan passion kucing jenis apa yang akan menemani kita dirumah. Berikut beberapa jenis kucing yang ada di dunia yang dapat menjadi alternatif pilihan anda :

1.     Kucing Shorthair ( kucing berbulu pendek )

·       Kucing Bengal

Kucing Bengal merupakan keturunan ketiga (F3) dari hasil persilangan kucing american shorthair X kucing asian leopard.  Kucing ini disilangkan oleh dr. Centerwall seorang ahli genetik yang berasal dari California, Amerika Serikat. Nama Bengal berasal dari bahasa Latin Leopard cat yaitu felinebengalenis, namun para penggemar kucing lebih sering menyebutnya Bengal Tiger cat.

Kucing Bengal sumber : www.Google.com

Kucing Bengal memang memiliki pola warna yang mirip dengan harimau. Pola warna pada bulu kucing Bengal sangat khas, pada umumnya berwarna coklat dengan garis-garis hitam pada sekujur tubuh , pada bagian ekor terdapat lingkaran yang berbentuk seperti cincin dengan ujung berwarna gelap. Kucing Bengal termasuk kucing yang aktif dan cerdas. Jika pada umumnya kucing tidak suka dengan air, kucing Bengal justru sebaliknya, mereka sangat menyukai air.

·          Kucing British Shorthair

Kucing British shorthair atau kucing bulu pendek Britania merupakan satu ras kucing tertua yang dipercaya dibawa oleh bangsa Romawi pada saat menguasai Inggris di masa lampau. Di masa lampau kucing ini bukan dijadikan hewan peliharaan melainkan untuk menjaga hasil-hasil pertanian daru serangan tikus. Pada kontes kucing pertama di Crystal Palace, London pada tahun 1871 kucing jenis mendapatkan banyak penghargaan. Kucing British shorthair mendapatkan status sebagai ras kucing tersendiri pada tahun 1889. Tahun 1907 penggemar kucing Inggris membentuk British Cat Club.

Kucing British Short Hair sumber : www.Google.com

Kucing British jantan memiliki berat sekitar 6-10 kg sedangkan betina memiliki berat sekitar 4-7 kg. Masa hidup kucing ini sekitar 12-20 tahun. Memiliki postur tubuh padat, berdagu bulat, berhidung sangat pesek, berkepala bulat lengkap dengan pipi yang berisi penuh. Ras ini memiliki beberapa variasi warna yaitu gold. Cooper, odd-eyes dan blue, Warna emas adalah warna terbaik dari kucing jenis British shorthair.

·          Kucing Kampung

Kucing ini biasa disebut kucing kampung, kucing yang tidak memiliki pemilik dan dapat kita temui hampir disetiap sudut kota, desa, sekolah, rumah sakit, pasar dan tempat-tempat lain. Kucing ini mempunyai warna yang beragam. Kucing kampung ini belum diketahui pasti asal muasalnya, bisa jadi kucing tersebut merupakan campuran dari berbagai ras.

Kucing kampung sumber : www.Google.com

Kucing kampung memiliki banyak kelebihan selain tidak manja, kucing jenis ini tidak memilih makanan, mandiri, dan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga apabila diadopsi biaya perawatannya sangat murah. Telah banyak komunitas pencinta kuning yang memberi makan kucing kucing kampung tersebut secara berkala.

·          Kucing Siam

Kucing ini berasal dari negara Siam (sekarang Thailand). Ras kucing ini merupakan kucing keturunan jalur murni yang diakui sebagai kucing berjenis oriental. Muncul pertama kali pada abad ke 18 di Eropa , saat kucing ini dihadiahkan kepada duta besar Britania Raya (Inggris) di Thailand.

Image kucing siam sumber : www.pixabay.com

          Kucing siam memiliki tubuh ramping dengan kaki dan ekor yang panjang dan memiliki mata yang khas dengan warna biru. Siam jantan memiliki berat sekitar 4-7 kg dengan tinggi 60 cm, Betina siam memiliki berat sekitar 5 kg dengan tinggi sekitar 53 cm. Konon kabarnya dahulu tidak sembarang orang boleh memelihara kucing ini. Kucing Siam dipercaya sebagai penjaga kuil, bahkan tempat makan dan minumnya berupa piring berlapis emas.

·          Kucing Sphynx

Kucing Ras Sphynx merupakan salah satu jenis kucing hasil rekayasa genetik. Jika dilihat sekilas kucing ini seperti tidak memiliki bulu sama sekali. Salah satu kucing Sphynx terkenal dan memiliki ribuan pengikut di media sosial adalah Xherdan. Xherdan saat ini tinggal bersama pemiliknya bernama Sandra Filippi (47 tahun) di Ruti, Swiss. Meskipun tampilan kucing ini menyeramkan dan mirip alien, kucing Sphnx memiliki harga yang tergolong mahal. Di Indonesia kucing Impor unik ini dapat mencapai 25 juta rupiah.

Kucing Sphynx sumber : www.Google.com

2.    Semi Longhair dan longhair

·          Anggora

Anggora merupakan salah ras kucing tertua di dunia. Ras ini diperkirakan berasal dari Ankara, Turki. Anggora  mudah dikenali dari bentuk bulunya yang panjang dan lembut. Kucing jenis ini termasuk kucing yang aktif dan senang bermain. Anggora biasanya senang mencari tempat yang tinggi dirumah untuk dinaiki seperti rak buku dan lemari.

Kucing Angora sumber : www.Google.com

·          Birman

Kucing Birman merupakan kucing yang berasal dari Myanmar (Birma). Konon kabarnya kucing ini berasal dari sebuah kuil bernama Lao-Tsun yang terdapat di Birma. Kucing ini mendapat pengakuan pada tahun 1966 di Inggris dan tahun 1967 di Amerika Serikat.

Kucing Birma merupakan kucing yang cerdas dan setia kepada majikannya. Kucing ini termasuk kucing berukuran sedang dengan berat badan sekitar 4-6 kg. Salah satu ciri khasnya yaitu bola mata yang berwarna biru. Memiliki warna gelap pada wajah, telinga dan ekor sedangkan cakar berwarna putih. Bulu leher dan ekor sangat tebal dan halus.

Kucing Birman sumber : www.Google.com

                      Baca Juga 12 Jenis Anjing Terbaik Di Dunia

·          Norwegian Forest Cat

Kucing ini berasal dari Norwegia dan nenek moyang kucing ini diperkirakan berasal dari hutan-hutan didaerah Norwegia dan Skandinavia.  Kucing jenis ini memiliki bulu yang panjang dan tebal membuat tampilannya semakin menarik. Ras kucing ini memiliki cakar yang kuat sehingga mudah untuk memanjat.

Kucing Norwegian sumber : www.Google.com dan www.pixabay.com

Kucing ini diakui oleh European Federation Internationale Feline pada tahun 1970 dan tahun 1993 diakui oleh Cat Fanciers Association. Kucing hutan Norwegia ini dipasarkan dengan harga $ 500 - $ 800 di Amerika Serikat.

·          Ragdoll

Kucing Ragdoll merupakan salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guineess World Records. Ragdoll dihasilkan oleh seorang peternak kucing Persia bernama Ann Baker dari Amerika Serikat.

Ragdoll memiliki ukuran badan yang besar, berat badan jantan sekitar 5,4-9 kg sedangkan betinanya memiliki berat sekitar 5,4-6,8 kg. Ragdoll memilik tekstur bulu seperti bulu kelinci. Ada yang berpendapat bahwa Ragdoll memiliki gen yang berasal dari kucing Persia dan Ras Birman.

Kucing Ragdoll sumber : www.Google.com

·          Kucing Turkish Van

Salah satu kucing yang berasal dari Turki yang memiliki kemampuan berenang diair sehingga dijuluki “kucing perenang”. Ras kucing ini diberi nama Van karena memiliki warna putih dibagian badan, dan warna lain dibagian kepala dan ekor. Kucing ini berkembang biak dengan baik di Inggris berkat jasa dua orang wanita berkebangsaan Inggris bernama Laura Lushington dan Sonia Halliday yang membawa kucing tersebut dari Turki ke Inggris pada tahun 1955. Kucing ini mendapat pengakuan Cat Fanciers Association (CFA) mengakui ras van Turki sebagai “Championship Class”.

Kucing Turkish Van jantan memiliki berat sekitar 7 kg sedangkan betina Turkish memiliki berat sekitar 5-6 kg. Kucing ini mencapai umur dewasa setelah 3-5 tahun. Ciri khas Turkish van senang bermain air, sehingga Turkish van memiliki bulu yang cepat kering jika terkena air.

 Baca Juga14 jenis guinea pig lucu

Kucing Turkish sumber : www.Google.com

·          Persian

Kucing Persia berasal dari Mesopotamia yang kemudian dikenal sebagai Persia (Iran). Kucing ini memiliki bulu yang panjang hasil dari mutasi alami. Pietro Della Valle seorang bangsawan Italia pada abad ke 17 membawa kucing ini ke Eropa dan menjadikan kucing ini sebagai kucing berbulu panjang pertama di Eropa.

Kucing Persia memiliki bentuk tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Salah satu ciri khasnya yaitu hidung yang pesek. Tampilan kucing yang gemuk dan lucu ini dipakai dalam tokoh kartun Garfield. Kucing Persia merupakan salah satu kucing favorit di seluruh dunia dan paling banyak diperlombakan dalam kontes kucing.

Kucing Persia sumber : www.Google.com

3.    Kucing Ras Lain

·          Balinese

Kucing ini dikembangkan oleh dua orang perternak kucing bernama Marison Dorsey dari Rai-Mar Cattery di California dan Helen Smith dari MerreNews Cattery di New York. Ras kucing ini dinamai dengan nama “Bali” mengingat bentuk kucing ini memiliki tubuh yang ramping dan gemulai mirip penari Bali.

Image Kucing Balinese sumber : www.Google.com

Kucing Balinese jantan memiliki berat sekitar 6 kg sedangkan betina memiliki berat sekitar 5 kg, kucing ini memiliki mata berwarna biru dengan masa hidup 8-13 tahun. Kucing Balinese merupakan kucing yang pandai, lincah dan suka bermain.

·          Egyptian Mau

Kucing Egyptian Mau merupakan salah satu ras kucing tertua. Ciri khas kucing ini terdapat pada bulu dan kulit yang bercorak tutul dan pada dahi dikepala terdapat bentuk yang menyerupai huruf M.  Kucing ras ini dikenal sebagai jenis kucing yang dapat lari dengan cepat sekitar 36 mph (58 km/jam).

Image Kucing Egyptian Mau sumber : www.Google.com

Baca juga15 Jenis Kelinci Lucu dan Unik

Egyptian Mau dikenal sebagai Dewa masyarakat Mesir kuno, banyak mitos dan kutukan yang berhubungan dengan kucing ini. Pada salah satu film berjudul Cat Woman kucing ini diangkat kelayar kaca sebagai salah satu kucing ajaib yang mampu menghidupkan kembali tokoh utama dalam film tersebut.

·          Maine coon

Maine coon merupakan kucing bulu panjang yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Nenek moyang kucing ini dipercaya berasal dari ras anggora dan kucing hutan Norwegia. Bahkan ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa Maine coon merupakan hasil persilangan alami dari kucing liar dengan rakun.  Bahkan nama Maine coon diambil dari kata “Maine” yang merupakan negara bagian Amerika Serikat dan kata “coon” diambil dari kata “raccoon” yang berarti rakun. Sepintas memang bentuk dan warna ekor Maine coon yang mirip dengan rakun.

Image Maine Coon sumber : www.Google.com dan www.pixabay.com

Jika anda menyukai kucing bertubuh besar, kucing ini sangat cocok untuk dipelihara. Maine coon jantan memiliki berat sekitar 6-9 kg sedangkan betina memiliki berat sekitar 4-6 kg,  tubuhnya bahkan dapat mencapai tinggi 1 meter. Maine coon memiliki Bulu yang halus dan lembut serta tahan terhadap air. Bulu pada leher Maine coon mirip dengan surai pada singa.

·          Ocicat

Kucing ocicat merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis kucing sehingga melahirkan ras kucing baru. Salah satu ciri khas kucing Ocicat adalah pola bulu ocicat yang mirip macan tutul. Ras ini pertama kali mendapat pengakuan dari Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1987.

Image Kucing Ocicat sumber : www.Google.com

Kucing Ocicat merupakan jenis kucing yang aktif dan suka bermain. Jenis kucing ini bahkan bisa dilatih layaknya seekor anjing untuk bermain lempar tangkap, berjalan diatas tali, datang jika dipanggil dan hal-hal umum yang dilakukan pelatih anjing.

·          Scottish fold

Kucing yang berasal dari Skotlandia ini memiliki banyak nama panggilan. Kucing telinga lipat Skotlandia, dahulu dinamakan flops (Floppy ears), kucing berwajah burung hantu atau kucing coupari. Kucing Scottish fold memiliki ciri khas yang terdapat pada telinga yang melipat.

Image kucing Scootish Fold Sumber : www.Google.com

Kucing ini termasuk kucing kategori sedang dengan berat jantan sekitar 4-6 kg dan betina sekitar 2,7-4 kg. Kucing Scootish fold memiliki kepala yang bulat, mata yang besar dan bulat, hidung yang pesek serta leher dan kaki yang pendek. Kucing yang sekilas mirip kucing Persia ini tampil unik dengan model telinga yang berbeda dibandingkan ras kucing lainnya.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi para pencinta kucing dimanapun berada. Jenis-jenis ras kucing yang ada didunia akan memberikan gambaran yang lebih jauh tentang berbagai sifat, bentuk, warna, dan ukuran berbagai kucing di dunia sehingga dapat menjadi acuan dalam memilih kucing yang akan dijadikan hewan peliharaan dirumah.