Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Khasiat Batu Akik Berdasarkan Warnanya Yang dicari Para Kolektor

 

khasiat batu akik berdasarkan warnanya

Duniahobiku.com - Menurut kepercayaan, budaya dan orang-orang  yang memiliki hobi mengkoleksi batu akik memiliki suatu keyakinan kalau bebatuan tertentu berdasarkan warna dapat bermanfaat bagi para pemakainya. Untuk dapat memilih batu akik yang cocok kita harus dapat mengartikan makna, simbol atau tanda-tanda yang terdapat pada batu akik, salah satunya berdasarkan warna dari batu akik tersebut. Walaupun ‘kepercayaan”  ini sendiri bisa bersifat plasebo (obat kosong) seperti di dunia medis tetapi semuanya kembali kepada kepercayaan masing-masing.

Mengapa banyak orang yang suka memakai batu akik? Batu akik bukan hanya dicari berdasarkan bentuk, warna dan keunikannya yang bisa membuat para pemakainya semakin percaya diri tetapi juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi para pedagang batu akik karena harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah (tergantung dari jenis batu akik tersebut). Ada sebagian pemakainya percaya kalau batu akik tersebut bisa mendatangkan manfaat positif di dalam kehidupannya baik dalam hal kesehatan, kemakmuran dan hal-hal lain yang bersifat supranatural. Salah satu kriteria yang dicari oleh para kolektor adalah warna dari batu akik tersebut, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis batu akik berdasarkan warna dan khasiatnya:

1.      Warna Putih

Warna putih identik dengan bersih dan salah satu warna batu akik yang cukup banyak dicari. Beberapa jenis akik berwarna putih antara lain: Safir putih, biduri bulan, biduri laut dan moonstone. Batu akik ini bermanfaat memunculkan sumber energi yang ada pada bagian kepala dimana menurut ahli metafisika cakra tertinggi   (cakra mahkota) berada pada area ini dan juga diyakini mendatangkan getaran-getaran energi positif yang membuat harmonisasi, dalam suatu hubungan, kesembuhan dan menjaga kesehatan tubuh pemakainya.

batu akik warna putih
Gambar batu akik warna putih

2.      Warna Ungu

Batu akik berwana ungu ini dapat kita temukan pada batu jenis kecubung (ametis) dan turmalin ungu yang berguna membantu ketenangan, mengurangi emosi berlebihan serta banyak menghasilkan getaran yang baik dan bisa membantu dalam mengembangkan batin kita agar lebih kuat dan positif.

batu akik warna ungu
Gambar batu akik warna ungu

3.      Warna Biru, Biru Tua

Batu akik berwarna biru berasal dari jenis Batu safir, turmalin, lapis lazuli, batu-batu dengan warna mendekati biru tua ini berkaitan dengan cakra ke enam  (cakra yang terletak pada tengah kening kepala) yang dapat membantu menumbuhkan tingkat kebijaksanaan dan mengembangkan intuisi, memperkuat mata, telinga serta memperkuat daya ingat dan juga dapat membantu meningkatkan kepekaan terhadap dunia supranatural yakni indera keenam. Batu akik ini banyak dicari oleh kolektor bahkan para wanita karena warnanya yang menarik sering dijadikan perhiasan.

batu akik warna biru
Gambar batu akik warna biru

4.      Warna hijau kebiruan

Batu akik ini berasal dan di hasilkan dari jenis batu mulia pirus, akuamarin, topas biru, malasit biru, kwarsa biru dan  juga turmalin biru dan dikaitkan dengan getaran cakra ke lima yang terletak di daerah tenggorokan dengan demikian dapat membantu dalam kelancaran berbicara dan bernyanyi, menyehatkan bagian leher, tenggorokan, dan bagian bahu dan juga membantu pengguna menjadi lebih bijaksana.

batu akik warna hijau kebiruan
Gambar batu akik warna hijau kebiruan

5.      Warna Hijau

Batu akik ini bisa kita temukan pada batu giok, zamrud, malasit hijau, peridot, turmalin, kalsit yang hijau, mata kucing yang hijau hijau muda, dan batu bacan yang berkaitan dengan cakra ke empat yang terletak di daerah jantung atau dada yang dapat membantu memperkuat jantung, menumbuhkan kasih-sayang, menambah kesadaran materi dan dapat juga memperkuat otot otot serta syaraf yang bisa mengurangi emosi dan energi negatif.

Gambar batu akik warna hijau 

6.      Warna Kuning, Kuning Keemasan

Batu akik ini bisa kita dapatkan pada jenis batu topas kuning, safir kuning, citrin, dan mata kucing yang berwarna kekuning-kuningan. Warna dan getarannya berkaitan dengan cakra ke tiga terletak di dekat pusar yang diyakini getarannya untuk membantu menambah energi kejantanan serta memperkuat vitalitas pria dan secara umum memperkuat tubuh, warna kuning juga erat kaitannya simbol kemakmuran.

batu akik mata kucing
Gambar batu akik mata kucing

7.      Warna Merah Jingga, Orange

Batu akik ini berasal dari jenis akik citrin yang juga mengarah ke warna oranye dan carnelian yang erat kaitannya dengan cakra ke dua yang  terletak sedikit di bawah pusat yang dipercaya memiliki manfaat untuk  membantu daya kemampuan vitalitas, daya kreatif dan seksualitas.

batu akik warna orange
Gambar batu akik warna orange

8.      Warna Merah Jambu

Batu akik merah jambu bisa kita temukan pada batu jenis kwarsa ros, tourmalin, garnet dan koral, dan batu-batu yang berwarna merah jambu. Batu berwarna pink ini dipercaya dapat menambah dan menimbulkan rasa cinta, kehangatan yang damai dan positif seperti yang sering kita temukan pada perayaan hari valentine.

batu akik warna pink
Gambar batu akik warna pink

9.      Warna Merah

Batu akik dengan warna merah dapat kita temukan pada jenis batu mirah siam, ruby, jasper, garnet dan koral yang berkaitan dengan cakra pertama terletak di tunggir atau tempat tempat duduk yang memiliki pengaruh untuk menambah tenaga tubuh secara keseluruhan karena mempengaruhi peredaran darah sehingga lebih semangat bekerja dan membuat para pemakainya lebih giat untuk bekerja selain itu warna merah juga mengandung aspek keamanan.

batu akik warna merah
Gambar batu akik warna merah

10.      Warna Coklat

Batu akik jenis ini bisa kita temukan pada  batu mulia seperti tiger eye, akik, topas coklat, dan jasper seperti jenis batu limau madu, limau manis dimana auranya bisa menambah ketenangan, memperkuat areal kaki terutama pada bagian paha.

batu akik warna coklat
Gambar batu akik warna coklat

11.          Warna Abu-Abu

Batu akik ini bisa kita jumpai pada jenis batu akik mata kucing yang berwarna keabu-abuan dan badar besi. Batu akik jenis ini berkaitan langsung dengan bagian betis kaki yang bisa memperkokoh kaki serta menambah ketabahan dalam menjalani kehidupan.

batu akik warna abu-abu
Gambar batu akik warna abu-abu

12.      Warna Hitam

Batui akik ini bisa kita temukan pada jenis batu onyx, akik, koral hitam, safir hitam, batu wulung yang kesemuanya berwarna hitam kelam dan bermakna sulit untuk diukur dan diterka. Memakai batu akik warna hitan dapat membantu anda lebih fokus, keteguhan dan ketabahan layaknya mutiara hitam saat dibentuk oleh alam menghasilkan sesuatu yang indah.

batu akik warna hitam
Gambar batu akik warna hitam

Semoga artikel 12 Khasiat Batu Akik Berdasarkan Warnanya Yang Dicari Para Kolektor, artikel ini hanya memuat tentang manfaat batu akik dari sudut pandang tertentu dan kiranya kita tidak tidak menyimpang dan menjurus kearah perilaku musyrik dengan memujanya sebab semuanya terjadi karena izin Sang Pencipta.