Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Batu Akik Cempaka, Mitos atau Fakta?

 Khasiat Batu Akik Cempaka, Mitos atau Fakta

Duniahobiku.com - Khasiat batu akik cempaka ini mitos atau fakta? Ternyata batu akik memang memiliki banyak ragam dan jenis yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya yaitu batu akik cempaka selain keindahan dan kecantikannya, batu cempaka ternyata memiliki manfaat dan khasiat bagi pemilik atau pemakaianya. Akan tetapi itu semua kembali pada kepercayaan anda masing-masing.

Tidak sedikit orang yang percaya dengan batu bertuah ataupun khasiat dan manfaat yang tersimpan didalamnya. Batu akik cempaka kononnya memiliki unsur magis atau aura yang dapat dipancarkan dari pemakainya. Batu cempaka ini merupakan salah satu batu yang banyak disukai atau digemari para pecinta batu akik. Karena warnanya yang indah dan menawan sehingga dapat memikat siapa saja yang melihatnya.

Batu akik memiliki ciri khas antara lain memiliki bentuk seperti setengah telor dengan bagian atas berbentuk kubah, memiliki ukuran panjang (sepuluh, enam mm dan lebar sepuluh, dua mm dengan tinggi lima mm), memiliki warna kuning merah dan tidak tembus terhadap cahaya. Batu ini memiliki kekerasan sekitas 6 sampai 7 skala mohs, serta mengandung senyawa silicon, besi dan alumunium. Pada batu akik cempaka jika di perhatikan akan terlihat urat-urat seperti serabut yang halus berwarna merah pinang yang masak didalamnya.

Mengenal sejarah batu akik cempaka dan khasiat batu akik

Pada awalnya batu ini berupa bahan material mentah berupa batu bongkahan yang sudah berumur selama ratusan ataupun jutaan tahun silam. Setelah itu dari bongkahan lalu dilakukan proses pemotongan yang disesuaikan dengan ukuran yang diperlukan. Untuk menambahkan unsur magis pada batu tersebut dilakukan penghalusan dengan menggunakan bambu yang dilakukan dengan berpuasa. Setelah itu, batu dibuang ke alam ghaib yang kemudian batu tersebut diambil kembali setelah batu tersebut mengandung kekuatan yang diinginkan.

Ada beberapa jenis batu akik yang cukup dikenal dimasyarakat diantaranya batu akik cempaka kuning, akik cempaka merah, akik cempaka madu, akik cempaka putih, dan batu akik cempaka sulaiman dan masing-masing dapat dikenali dari warna batu sesuai dengan namanya.

Jenis Batu Akik Cempaka
Jenis Batu Akik Cempaka

Khasiat Batu Akik Cempaka Berdasarkan Energi Alami dan Mitos Yang Beredar

Batu akik cempaka atau lebih dikenal permata batu akik cempaka baiduri dengan nama asing disebut citrine. Konon katanya batu ini   dianggap bertuah dan dapat menolong manusia untuk berhubungan dengan arwah atau spirit, menolong dari keracunan makanan, menolong manusia untuk melancarkan dalam berkomunikasi, mengembangkan ketenangan mental.

Selain itu juga konon menurut kepercayaan dulu batu cempaka baiduri dapat menyingkirkan angin ribut dan juga petir, memberi keberuntungan dalam urusan percintaan dan persahabatan, disegani serta di sukai atasan, dapat mempermudah dalam memperoleh kekayaan, menolak bahaya serangan hewan beracun, menangkal badai dilaut dan menyembuhkan penyakit panas.

Batu cempaka dapat mempertinggi hubungan dengan alam sekitar. Lumut hijau dapat menghilangkan racun didalam darah dan juga menyeimbangkan energi emosional. Lumut merah menolong membersihkan darah sekaligus menambah stamina fisik.

Menolong didalam melaksanakan pengendalian diri secara lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas serta menurunkan demam beserta kadar racun.

Dapat menolong untuk menarik kekuatan, menumbuhkan rasa berani didalam diri.

Dapat mengatasi depresi serta menimbulkan kegembiraan beserta relaksasi  dari ketegangan otot seperti kejang.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai batu akik cempaka, semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan tentang batu mulia. Tapi yang menjadi pertanyaan apakah ini mitos atau fakta? Entahlah! yang pasti segala sesuatu terjadi atas kehendak Tuhan dan bukan dikarenakan batu akik ini.