Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Agar Kucing Tidak Takut Hair Dryer Dan Vacuum Cleaner

cara agar kucing tidak takut hairdryer

Duniahobiku.com – Bagaimana cara agar kucing tidak takut hair dryer dan vacuum cleaner? Banyak kucing yang takut mendengar suara mesin seperti blower, vacuum cleaner, hairdryer bahkan mesin motor/mobil. Untuk membuat kucing jadi terbiasa dengan suara-suara mesin tersebut perlu waktu yang cukup lama. Kita tentunya harus melatih sejak dini agar kucing tidak takut terhadap bunyi-bunyian yang mungkin agak keras. Hal ini agar nantinya kita mudah melakukan perawatan terhadap kucing terutama setelah kucing dimandikan.

Setiap kucing memiliki mental yang berbeda. Ada kucing yang penakut tetapi ada juga yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Pada saat kucing masih kecil kita lebih mudah membuatnya beradaptasi dengan berbagai hal termasuk bunyi yang membuatnya takut. Mungkin saat pertama kali mengeringkan bulu kucing dengan hairdryer kita akan mendapatinya gemetaran dan meronta ingin melepaskan diri bahkan tanpa sadar akan mencakar tangan kita. Berikut beberapa cara membiasakan kucing agar tidak takut mendengar bunyi hairdryer dan vacuum cleaner :

1.      Nyalakan hairdryer secara bertahap

Pada saat selesai memandikan kucing umumnya para catlovers menggunakan hairdryer untuk mengeringkan bulu kucing. Pada saat menyalakan hairdryer pastikan kita menyetel angka paling rendah sehingga pada saat dinyalakan kucing tidak merasa kaget dengan suara dan hembusan angin yang kencang dari hairdryer. Jika kucing pertama kali kaget dan meronta maka tenangkan dulu kucing sebelum memulai kembali mengeringkan bulu dengan hairdryer. Setelah kucing merasa tenang maka anda dapat menaikkan secara perlahan hembusan angin pada tombol hairdryer. Lakukan ini secara bertahap dan berkala sehingga kucing bisa beradaptasi dan tidak takut lagi. Tingkat keberhasilan teknik ini tergantung dari karakter sang kucing ada yang cuma perlu sekali tetapi ada juga yang membutuhkan waktu hingga kucing benar-benar terbiasa.

2.      Biarkan kucing merasa kelaparan

Pada saat kucing merasa kelaparan maka mereka cenderung akan berkonsentrasi dengan makanan mereka. Berikan makanan yang paling disukai. Pada saat kucing sedang makan anda bisa menyalakan hairdryer untuk membiasakan kucing mendengar dan beradaptasi dengan bunyi dari hairdryer. Lakukan secara bertahap dengan menyetel kekuatan hembusan angin hairdryer mulai dari kecil hingga besar.

3.      Biasakan kucing merasakan panas hairdryer

Hawa panas yang keluar dari hairdryer bisa mengagetkan kucing karena merasakan panas pada kulitnya, apalagi jika diarahkan terlalu dekat ke kulit kucing. Anda bisa mencoba menghembuskan ketempat lain seperti tembok dan bagian kandang sehingga kucing bisa beradaptasi dengan hawa panas yang keluar dari hairdryer. Setelah beberapa saat baru anda mencoba mengarahkannya kebagian bulu kucing. Jika reaksi kucing aman-aman saja maka anda bisa melanjutkannya secara bertahap hingga kucing terbiasa.

4.      Jangan biarkan kucing ngumpet saat kamu lagi ngevakum rumah

Kalau kucing kamu di kandang dan si kucing ngumpet di kotak pasir saat kamu lagi memvakum, taruh kotak pasirnya diluar kandang.

Kalau kucing kamu dilepas, pastikan dia tidak bersembunyi dikolong. kalaupun dia ngumpet dikolong, kamu harus menggendong dia dan biarkan orang lain kamu yang menyalakan vakum sambil anda menenangkan kucing anda sehingga kucing terbiasa mendengar bunyinya.

5.      Berikan kucing catnip saat lagi ngevakum rumah

Catnip dipercaya dapat membantu menghilangkan stress kucing. hampir semua kucing suka dengan aroma catnip. Catnip sangat membantu mengurangi stress kucing kamu saat ada suara vacuum cleaner. Kesibukannya bermain dengan catnip akan membuatnya mengabaikan bunyi yang berasal dari vacuum cleaner atau sumber lain sehingga lama kelamaan akan membuatnya terbiasa dan menganggapnya hal yang biasa.

6.      Pastikan kucing kamu udah makan sebelum ngevakum rumah

Kucing yang terlalu stress karena suara mesin vakum, biasanya setelah itu jadi tidak mau makan. Kucing yang stress akan banyak kehilangan vitamin B dan dikhawatirkan jadi lemas.

Semoga artikel tentang 6 Cara Agar Kucing Tidak Takut Hair Dryer  dan Vacuum Cleaner dapat bermanfaat. Kucing yang sudah terbiasa mendengarkan bunyi-bunyian akan mudah beradaptasi dibandingkan kucing yang terlalu dimanjakan.