Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Jenis-Jenis Anthurium Daun Layak Di Koleksi

 

                Anthurium!!! Tanaman yang sempat wara-wiri diberbagai pameran di Indonesia ini sempat booming beberapa tahun lalu dan menjadi buruan para penggemar tanaman hias. Mewah dan ekslusif adalah kesan pertama yang tertangkap saat melihat sosok anthurium. Jenis-jenis tanaman anthurium sendiri ada ribuan tetapi umumnya terbagi menjadi dua bagian utama yaitu anthurium daun dan bunga. Pada artikel ini penulis akan mencoba memberikan gambaran tentang athurium daun. Apa sajakah jenis-jenis anthurium yang dapat menjadi koleksi anda dirumah? Temukan jawabannya pada artikel ini.

          Anthurium termasuk dalam keluarga Araceae. Anthurium sendiri masih berkerabat dengan tanaman hias berdaun indah lainnya yang juga banyak dicari oleh penggemar tanaman hias seperti aglaonema, philodendron, keladi dan alokasi. Dalam keluarga Araceae, anthurium merupakan genus dengan jumlah jenis terbanyak sekaligus paling kompleks.

          Diperkirakan anggota marga anthurium mencapai lebih dari 1000 jenis dan masih banyak yang belum dideskripsikan oleh para ilmuwan. Apalagi jenis-jenis hybrid baru terus bermunculan baik yang dilakukan oleh ilmuwan ataupun tanpa sengaja yang dilakukan oleh serangga. Hasil persilangan membuat tanaman anthurium tampil semakin menarik dan mempesona sebagai tanaman yang dahulu kala hanya dimiliki oleh bangsawan atau raja.

          Tanaman anthurium yang mempunyai ciri khas dimana daunnya selalu hijau ini dianggap sebagai simbol kemewahan karena dulu harganya selangit. Berikut jenis-jenis anthurium dan ciri-cirinya:

1.    Anthurium Jemani

Jenis yang paling melejit dan paling banyak diburu diera keemasaannya beberapa tahun silam lalu ini memiliki sosok yang gagah dengan daun yang tebal dan kuat. Bentuk daunnya mirip daun tembakau dengan tangkai yang pendek. Variasi Anthuriun jemani akibat mutasi secara sengaja maupun tidak sengaja menghasilkan jenis baru seperti anthurium Jemani kol, jaipong, kulit jeruk, sendok, centong, piring, mangkok, golok, tanduk, varigata dan kobra. Harga anthurium jemani king cobra termasuk salah satu jenis anthurium yang termahal. Harga perdaun waktu booming kalau dirata-rata dapat mencapai 5 juta/daun.

Anthurium Jemani

2.    Anthurium Hookeri

Anthurium yang berasal dari Guyana, Afrika selatan ini memiliki sosok tegap, anggun dan berwibawa. Anthurium Hookeri juga dikenal sebagai anthurium sarang burung (bird’s nest). Daunnya berbentuk lanset tumbuh tegak keatas, pinggiran daun agak bergelombang dengan urat daun yang menonjol. Stang (gagang) daun memilki ukuran yang tidak terlalu panjang, tangkai daun pendek, kaku, tebal dan berwarna agak gelap. Terdapat varian Hookeri yang memiliki tangkai daun berwarna merah dan Hookeri varigata pink.

Anthurium Hookeri

3.    Anthurium Corong

Anthurium corong termasuk jenis anthurium yang memiliki tangkai daun panjang. Tangkai daunnya bundar kecil memanjang. Bentuk daun anthurium corong mirip dengan bentuk jantung (heart shape) tapi tidak begitu tegas karena sedikit bergelombang. Ketika ujung daun tertekuk keatas nampak seperti bentuk corong sehingga dikenal sebagai anthurium corong. Terdapat beberapa varian anthurium jenis ini antara lain: anthurium garuda corong, anthurium corong hitam, anthurium corong varigata dan anthurium corong besar.

Anthurium Corong

4.    Anthurium plowmanii (Wave of Love)

Jika menyebut tanaman ini dengan sebutan anthurium plowmanii tentunya banyak penggemar anthurium menjadi pangling/bingung. Tapi jika kita menyebut tanaman ini dengan sebutan Gelombang Cinta maka pasti mereka akan berkata oww.. gelombang cinta.. kalau itu pasti saya tahu. Anthurium jenis ini merupakan anthurium paling tenar diantara jenis anthurium lainnya

Anthurium Gelombang Cinta

 Nama anthurium gelombang cinta diambil dari bentuk daunnya yang bergelombang. Sosok tanaman yang cantik dengan harga terjangkau membuat jenis tanaman ini menjadi incaran para penggemar tanaman hias. Harga gelombang cinta dulu dan sekarang sudah jauh berbeda, saat ini harganya sudah cukup terjangkau. Jenis gelombang cinta yang cukup digemari adalah gelombang cinta varigata dan gelombang cinta stang pendek.

5.    Anthurium Keris / Anthurium Crispimarginatum

Anthurium keris memiliki bentuk agak langsing memanjang dengan pinggiran daun berlekuk layaknya sebuah keris, senjata tradisional masyarakat jawa. Ciri khas daunnya merupakan asal penyebutan tanaman ini. Ukurannya daunnya bisa sangat tinggi bahkan melebihi 1 meter.

Anthurium Keris

Varian yang memiliki warna daun agak gelap diberi julukan anthurium keris hitam sedangkan jenis anthurium keris lainnya yang cukup mendapat perhatian adalah anthurium keris tanduk, anthurium keris varigata dan anthurium keris jumbo.

6.    Anthurium sirih / Anthurium Radicans

Anthurium sirih memiliki bentuk daun yang menyerupai daun sirih tetapi memilki ukuran agak besar dibandingkan tanaman sirih. Urat daunnya berpusat di pangkal daun (ujung tangkai), arahnya turun menuju ujung daun yang lancip. Memiliki penggemar tersendiri meskipun anthurium jenis ini jumlahnya tidak terlampau banyak dipasaran dibandingkan anthurium jenis gelombang cinta.

Anthurium Sirih

Anthurium sirih memiliki beberapa varian antara lain; anthurium sirih merah, anthurium sirih keratin, anthurium sirih varigata, anthurium sirih daun besar dan anthurium sirih hitam.

Baca Juga 10 Jenis Jeruk Untuk Tabulampot

7.    Anthurium Veitchii

Sekilas sosok daun anthurium veitchii mirip dengan anthurium sirih. Daunnya berbentuk jantung tapi agak memanjang. Urat daun veitchii juga sangat berbeda dari sirih, terlihat mengarah kesamping. Kemudian sambung menyambung mengarah ke ujung daun. Bentuknya yang memanjang membuat daun anthurium veichii cenderung menjuntai. Sebaiknya dalam menanam jenis ini kita membuat pilar penyangga agar daunnya tidak menyentuh tanah.

Anthurium Veitchii

Anthurium Veitchii memiliki beberapa varian antara lain: anthurium veitchii king, anthurium veitchii black, anthurium veitchii mini dan anthurium veitchiii original.

8.    Anthurium Kuping Gajah / Anthurium Crtstallinum

Jenis anthurium yang tumbuh dan berkembang di Indonesia yaitu anthurium kuping gajah yang pernah menjadi simbol kemewahan dimasa lampau. Nama ini berasal dari bentuk daunnya yang cukup lebar dan jatuh kebawah mirip dengan kuping gajah. Meskipun tanaman ini tumbuh tidak sebesar saudaranya yang lain, tanaman ini mudah kita temukan di Indonesia.

Anthurium Kuping Gajah

Tanaman yang berasal dari Peru ini dapat mencapai 80 cm dimana bentuk daunnya mirip jantung (heart shape). Berwarna hijau gelap dengan permukaan seperti beludru pada sekitar urat daun berwarna putih keperakan. Tulang daun berwarna kuning yang kontras dengan daunnya yang berwarna hijau.

Baca Juga 17 Tanaman Hias Populer

9.         Anthurium Twister

Jika umumnya daun anthurium tumbuh lurus tanaman ini malah tampil unik. Daun anthurium ini seperti terpelintir disapu angin tornado sehingga disebut twister. Tanaman ini terjadi karena mutasi alam yang membuatnya menjadi unik.

Anthurium Twister

10.   Anthurium Dasi / Anthurium Vitariifolium

Salah satu spesies anthurium yang bentuknya unik adalah anthurium dasi. Bentuk daun tanaman ini kecil, luwes dan memanjang dan menjuntai mirip sebuah dasi. Jenis anthurium ini sangat cocok jika ditanam dalam pot gantung sehingga menampilkan keunikannya disamping itu juga menghindari tanaman menjadi kotor karena terkena tanah.

Anthurium Dasi

11.   Anthurium Superbum

Anthurium supernum memiliki bentuk daun lonjong yang memanjang keatas dan terlihat sangat kokoh dengan daunnya yang tebal. Didekat pinggir daun ada tulang daun yang sambung menyambung membentuk seperti bonsai. Tekstur daunnya halus dan mengkilap. Varian yang terdapat pada anthurium superbum adalah anthurium neosuperbum dan anthurium superbum klasik.

Anthurium Superbum

12.   Anthurium Butterfly

Julukan anthurium butterfly disematkan pada jenis ini karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu (butterfly) jika dilihat dari atas. Bentuk dasar daunnya sebenarnya seperti jantung (heart shape). Ujung daunnya yang lancip tidak hanya terdapat pada satu daun tetapi sebelah kanan kirinya juga muncul bentuk lancip yang mengapit ujung daun. Dipasaran tanaman yang bentuknya mirip dengan jenis ini juga disebut dengan sebutan anthurium butterfly.

Anthurium Butterfly

13.   Anthurium Macrolobium

Tanaman ini dapat mencapai tinggi sekitar 1 meter. Bentuk tanaman ini sedikit berbeda dibandingkan anthurium jenis lainnya. Daunnya berbentuk menjari dengan tepi agak berlekuk. Tangkainya panjang dan sering digunakan sebagai bunga potong.

Anthurium Macrolobium

14.   Anthurium Podophylum

Anthurium ini memiliki tangkai bunga yang kecil dan panjang. Jika umumnya anthurium memiliki daun yang lebar jenis tanaman ini tidaklah demikian. Lembaran daunnya seperti menjari berjumlah banyak. Bentuk jarinya lancip dan berukuran kecil. Apabila kondisi dalam keadaan prima dengan jumlah tangkai daun banyak daunnya dapat merata di semua sisi sehingga menghasilkan tampilan tanaman kompak dan semakin menarik.

Anthurium Podophylum

15.   Anthurium Monenii

Anthurium moneii dikenal juga dengan sebutan anthurium tiga penjuru angin. Sebutan ini merujuk pada bentuk daun yang biasanya tumbuh sebanyak 3 buah dalam satu tangkai daun. Jenis anthurium ini termasuk jenis bertangkai panjang. Ketiga helai daun berbentuk elips yang memiliki ujung yang lancip dan berukuran relatif sama besar. Jenis tanaman ini termasuk anthurium ekslusif. 

Anthurium moneii

15 jenis-jenis anthurium diatas dapat menjadi pilihan untuk menambah koleksi tanaman kesayangan anda dirumah. Tampilan daun yang mewah dan bertahan sepanjang masa membuat anthurium daun memang layak dijadikan koleksi, tidak heran dimasa lalu tanaman ini menjadi penghias taman dari istana kerajaan-kerajaan di tanah Jawa.