Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daun Walang Sangit Dan Manfaatnya Buat Mancing Mania

 Daun Walang Sangit Dan Manfaatnya Buat Mancing Mania

          Akhir-akhir ini banyak para pemancing yang sedang heboh dengan satu jenis daun yang digunakan dalam campuran umpan. Daun walang sangit ini menurut para pemancing sangat manjur diterapkan untuk berbagai jenis ikan air tawar. Penasaran manfaat daun walang sangit? Temukan dalam artikel Daun Walang Sangit dan manfaatnya buat Mancing Mania agar tidak salah dalam memilih jenis daun.

     Daun walang sangit untuk mancing? apa tidak salah. Sebagian pembaca yang membacanya pasti mengira yang dimaksud adalah hewan walang sangit (Leptocorisa acuta) yaitu suatu jenis serangga yang menjadi hama dari beberapa jenis tanaman budidaya terutama pada tanaman padi. Bukan..bukan itu yang dimaksud. Yang dimaksud diatas adalah suatu jenis tanaman yang biasanya hidup bergerombol. Untuk lebih jelasnya kita langsung saja mencoba mencari tahu lebih banyak tentang tanaman daun walang sangit tersebut.

1.      Tanaman Daun Walang Sangit

Tanaman ini kadang dikenal dengan nama daun Walangan kadang masyarakat Wonogiri menyebutnya dengan Godhong Telekan. Daun walang sangit liar cenderung tumbuh dilokasi berhawa dingin seperti pegunungan. Tanaman ini dinamakan daun walang sangit karena memiliki bau yang menyengat layaknya hewan walang sangit. Tanaman ini tumbuh secara bergerombol. Tanaman daun walang sangit juga biasanya tumbuh di sekitar pematang sawah atau areal perkebunan yang dekat dengan sungai atau sumber air.

Daun Walang Sangit
Daun Walang Sangit

Tanaman walang sangit dapat tumbuh sekitar 1,5-2m dan memiliki akar rimpang yang memiliki bentuk yang ramping, panjang tangkai daun sekitar 1cm. Pinggir daun berbentuk gerigi dan pada pucuk daun terdapat bunga kecil. Ada beberapa tanaman yang mirip dengan daun walang sangit seperti daun kitolod dan tapak liman, jadi jangan salah pilih.

2.      Cara Memelihara Tanaman Daun Walang Sangit

Tanaman daun walang sangit termasuk tanaman yang mudah dikembangbiakkan dan tidak perlu melakukan perawatan khusus layaknya anggrek. Cari dahulu daun walang sangit setelah menemukannya ambil batang yang telah memiliki akar dan dipindahkan kedalam pot yang sebelumnya telah diisi tanah beserta kompos/pupuk kandang matang.

Tanaman daun walang sangit lebih menyukai udara yang dingin dalam pemeliharaan jadi sebaiknya tanaman ini tidak terkena sinar matahari langsung. Siram selalu media agar selalu basah dan lembap, jangan sampai tergenang agar akar tidak mengalami pembusukan. Tanaman yang telah tumbuh subur dapat dipanen daunnya jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai racikan umpan.

3.      Cara Pemakaian Daun Walang Sangit

Bagian tanaman yang digunakan untuk racikan umpan adalah pada bagian daun. Kita dapat mengambil beberapa helai daun walang sangit lalu meremasnya didalam umpan lumut yang telah kita siapkan. Selain itu kita juga bisa mengambil beberapa helai daun walang sangit kemudian menghaluskannya dengan cara ditumbuk atau di blender lalu dicampurkan ke umpan lumut atau bisa juga daun walang sangit dicampur pelet. Essen daun walang sangit sebaiknya langsung digunakan agar lebih efektif.

Sesuaikan daun walang sangit dengan banyaknya umpan yang dibuat, jika tidak terlalu banyak cukup menggunakan 3-7 lembar daun. Jangan terlalu berlebihan menggunakan daun walng sangit perlu sedikit riset pribadi untuk mencari takaran yang pas agar sesuai dengan jenis ikan yang akan diincar. Daun walang sangit dapat digunakan untuk jenis ikan nila, gabus, ikan mas, bandeng, dan beberapa ikan air tawar lainnya.

4.      Manfaat Daun Walang Sangit

Selain sebagai umpan mancing, daun walang sangit sebenarnya memiliki beberapa manfaat lain yang tidak kalah hebatnya. Berikut beberapa manfaat daun walang sangit :

·         Daun Walang sangit untuk Masak

Ternyata ada masakan tradisional Indonesia yang menggunakan daun walang sangit dalam proses pembuatannya. Nama masakan tersebut adalah Angeun Lada, masakan ini dapat kita temukan di daerah Banten. Makanan ini memiliki aroma yang kuat disebabkan berbagai campuran bumbu dan rempah-rempah dan termasuk daun walang sangit salah satu bahan campurannya.

Angeun Lada Khas Banten
Angeun Lada Khas Banten

·         Menghilangkan bau Badan

Siapa sangka bau menyengat dari daun walang sangit dapat mengatasi bau badan. Kandungan aldehida yang cukup tinggi dalam daun walang sangit menjadi penyebab daun ini mampu menghilangkan bau badan. Caranya rebus air sebanyak 6 gelas dengan 3-5 lembar daun walang sangit biarkan sampai mendidih dan menyusut hingga menjadi 2 gelas lalu minum 3 X sehari. Pasti bau badan menyingkir dari anda.

·         Melancarkan Sirkulasi Darah

Bagi yang sering kram atau kesemutan karena terlalu lama duduk memancing. Daun walang sangit dapat menjadi alternatif pengobatan anda. Kandungan zat besi dan fosfor dalam daun walang sangit dipercaya dapat memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah anda menjadi lebih baik. Jadi sambil menyelam minum air, daun daun walang sangit dapat dipakai sebagi racikan umpan juga dapat dipakai memperbaiki aliran darah yang kurang lancar.

·         Menambah Nafsu Makan

Bukan cuma ikan yang akan bertambah nafsu makannya setelah memakan racikan umpan anda, tapi daun walang sangit juga dapat menambah nafsu makan anda. Menurut penelitian dari Clinical of Food dan Nutrition di tahun 2011, daun walang sangit mengandung Asam momordicine dan Asam trichosanat yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anda. Jadi para pemancing yang ingin gemuk bisa mencoba daun walang sangit sebagai alternatif pengobatan.

·         Memperkuat Gigi dan Tulang

Kandungan kalsium, magnesium dan fosfor dalam daun walang sangit sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi anda Bahkan komsumsi makanan yang banyak mengandung fosfor dan kalsium dapat mencegah keropos pada tulang. Jika tulang dan gigi anda kuat pastinya anda dapat menjelajah mengejar spot-spot mancing dan menikmati hasil pancingan anda. Tidak lucu kan hasil pancingan anda malah disantap orang lain karena anda bermasalah dengan gigi. Sebagai bonus daun walang sangat juga kaya akan vitamin A yang dapat berguna menjaga kesehatan mata anda.

Setelah membaca artikel daun walang sangit dan manfaatnya buat para mancing mania tentunya anda telah mengetahui bentuk dan manfaaatnya buat anda. Jadi tunggu apalagi segera berburu daun walang sangit dan mencoba sendiri kesaktiaan daun walang sangit dalam membuat joran anda melengkung.