Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Batu Giok Dengan Batu Akik

 Perbedaan Batu Giok Dengan Batu Akik

Duniahobiku.com – Pada saat sekarang ini banyak orang yang memperbincangkan mengenai batu giok dan batu akik, baik dari kalangan orang tua sampai kepada kalangan remaja yang menyukai batu mulia. Bagi sebagian orang berpandangan jika batu giok atau batu akik tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tetapi juga batu mulia tersebut memiliki khasiat tertentu bagi siapa saja yang memakainya.

Apa perbedaan batu giok dan batu akik?

Hanya sekedar informasi, pada dasarnya jenis batu giok dan batu akik sama-sama terbentuk oleh alam. Tetapi kedua jenis batu alam ini memang memiliki unsur dan sifat yang berbeda, hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor.

Jenis batu giok merupakan salah satu jenis batu permata hijau atau batu mulia, batu ini terbentuk dari unsur mineral. Jenis batu ini telah ditemukan dan juga digunakan sebagai perhiasan sejak jaman dulu oleh para kaum bangsa timur, hingga saat ini batu giok masih menjadi primadona. Daerah yang banyak ditemukannya batu giok yaitu seperti Tibet, Birma dan Tiongkok. Jenis batu giok tidak hanya dapat dijadikan sebagai perhiasan, tetapi bagi sebagian orang mempercayai bahwa batu ini juga memiliki khasiat yang sangat besar seperti untuk pengobatan, ketenangan diri, keselamatan dan masih banyak lagi khasiat lainnya bagi yang memakainya.

Gambar Batu Giok
Gambar Batu Giok

Sedangkan jenis batu akik tidak termasuk kedalam golongan batu mulia. Batu akik ini termasuk kedalam golongan batu alam. Banyak masyarakat yang menjadikan batu akik ini sebagai perhiasan seperti cincin, kalung dan jenis perhiasan lainnya. Hal ini dikarenakan, batu akik memiliki keindahan yang luar biasa mulai dari warna, serat dan cahaya yang dipancarkannya. Sedangkan menurut mitos yang beredar, batu akik sering dikait-kaitkan dengan hal mistis atau hal goib yang dapat membantu melancarkan berbagai urusan seperti melancarkan usaha, menjaga diri dan hal-hal mistis lainnya.

Gambar Batu Akik
Gambar Batu Akik

Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya kita simak pemaparan dari pakarnya berikut ini.

Menurut dari pemaparan Dewan Juri Indonesia (IGS) yang bernama Daniel Krishna mengungkapkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat membedakan antara batu giok dengan batu akik ini. Namun kita tidak bisa mengira jika batu yang berwarna hijau itu batu giok, karena batu akik juga banyak yang berwarna hijau. Namun untuk membedakan kedua jenis batu ini dapat dilihat dari unsur kimia yang terkandung di dalamnya, serta dari tingkat kekerasan kedua batu tersebut juga sudah tentu berbeda. Untuk membedakan batu giok dan batu akik ini hanya dapat dilakukan dengan melakukan tes di laboratorium. Batu giok juga memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan batu akik.

Selain itu, Daniel juga mengungkapkan bahwa jenis batu giok memiliki kilauan yang sangat kinclong dibandingkan dengan batu akik. Tetapi batu akik juga memiliki kilau yang tidak kalah, namun batu akik lebih memiliki ciri khas pada bagian dalam batu yang menyerupai seperti gambar wajah orang, binatang ataupun suatu benda tertentu,” ungkap Daniel.

Gambar Batu Giok dan Batu Akik
Gambar Batu Giok dan Batu Akik

Selain itu, Daniel juga mengungkapkan bahwa pada umumnya jenis batu giok memiliki warna hijau namun ada beberapa jenis batu giok berwarna putih, abu-abu, bahkan berwarna kehitaman, berbeda halnya dengan jenis batu akik yang memiliki jenis dan warna beragam.

Nah, itulah sedikit penjelasan oleh pakarnya mengenai perbedaan batu giok dan batu akik, semoga jawaban diatas sedikit dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Lalu, jenis batu apa yang akan anda pilih?.