Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Badut : Ketahui Kelebihan dan Kekurangan sebelum Memelihara

 Ikan Badut : Ketahui Kelebihan dan Kekurangan sebelum Memelihara

Duniahobiku.com- Anda pasti tahu film animasi Disney yang sangat populer Finding Nemo?Film ini mengisahkan kehidupan seekor ikan clown fish atau ikan badut yang mencari anaknya. Tapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai Nemo dalam Finding Nemo, melainkan jenis spesies ikannya yakni clown fish atau ikan badut. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan ikan badut? Simak artikel untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebelum anda terlanjur membelinya

Ikan badut memang kian populer belakangan ini. Bentuknya yang imut nan menggemaskan dan warnanya yang mencolok menjadi daya tarik utama dari ikan penghuni laut yang satu ini. Ikan ini bahkan dijajakan para pedagang ikan hias di Lampu merah dalam kantung plastik dengan harga yang cukup terjangkau.

Ikan Badut / Ikan Nemo

Ikan badut (Clown fish) tentu akan sangat pas jika menjadi salah satu hewan peliharaan di akuarium rumah, dimana warna nya yang menarik ini pastinya akan membuat aquarium di rumah semakin meriah. Jika anda tertarik untuk memelihara clown fish, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan dan kekurangan Ikan Nemo

Kelebihan Ikan Badut - DiHabitat aslinya ,dilaut ikan badut memiliki hubungan mutualisme yang saling menguntungkan dengan anemon sebagai “rumah “ bagi ikan badut. Anemon melindungi ikan badut dari para predator dengan sengatannya sedangkan ikan badut membawakan parasit yang bisa dimakan anemon dan berguna untuk mempercepat pertumbuhan anemon. Menurut beberapa penelitian melihat berbagai ikan hias didalam akuarium seperti ikan badut dapat bermanfaat untuk mengurangi tingkat stress dan memperbaiki pola tidur.

Kekurangan Ikan Badut – Ikan badut umumnya diperoleh dari alam liar sehingga saat ingin dipelihara perlu diadaptasikan terlebih dahulu, jika mengalami strees ikan nemo bisa mengalami kematian. Kecantikan dan popularitasnya juga ikut mendongkrak pencarian ikan ini dilaut  yang dikhawatirkan dapat merusak ekosistem alam.

Habitat Asli Ikan Nemo

Untuk habitat aslinya, ikan badut suka tinggal di sekitar terumbu karang di air dangkal yang jernih. Ikan badut banyak ditemui di kawasan Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Thailand, Malaysia, dan banyak juga ditemui di berbagai daerah perairan laut di Indonesia yang tergolong Great Barrier Reef. Jika anda berminat memeliharanya didalam akuarium maka diperlukan beberapa hal berupa tambahan aksesoris akuarium untuk mendukung agar ikan nemo bisa hidup normal layaknya dilaut.

Makanan Ikan Nemo

Jika anda tertarik untuk memelihara ikan mungil satu ini, anda tentunya perlu mengetahui jenis makanan apa yang dimakan ikan badut. Saat ini juga telah tersedia pakan untuk ikan hias air laut yang dapat anda berikan buat ikan badut anda, harganya berkisar antara 35 – 50 ribu rupiah /  botol.

Ikan badut merupakan salah satu hewan yang tergolong omnivore atau ikan pemakan daging, dimana mereka biasanya suka memakan invertebrata kecil seperti parasite atau alga yang hidup pada anemon.

Harga Ikan Badut

Ikan badut biasanya dijual dengan harga bervariasi tergantung spesies dan ukurannya , biasanya ikan berukuran kecil dijual seharga 15 – 25 ribu rupiah / ekor sedangkan untuk spesies lain yang lebih langka dijual hingga ratusan ribu rupiah / ekor.

Selain mengetahui tentang makanan dan kelebihan dan kekurangan ikan badut, berikut ada tips yang harus diperhatikan saat memelihara ikan badut:

Simpan akuarium di tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup. Sebaiknya jangan simpan akuarium di tempat yang terlalu gelap, dimana hal ini tidak baik untuk kesehatan ikan badut.

Akuarium Ikan Badut
Akuarium Ikan Badut

Untuk mendapatkan ikan badut yang sehat dan berkualitas, pilihlah ikan badut dari bibit unggulan. Bibit unggulan ini bisa didapatkan langsung dari alam, atau bisa melalui tempat pemijahan.

Mencari pasangan ikan badut. Untuk membudidayakan ikan badut, anda tentu perlu mengetahui cara membedakan ikan badut betina dan jantan. Caranya cukup mudah, dimana ciri ini dapat dilihat dari ukuran besar biasanya betina, dan yang kecil biasanya jantan. Saat melakukan perjodohan ini, jangan lupa untuk selalu diawasi dan berikan sirkulasi air yang baik untuk menjaga sirkulasi air agar tetap nyaman.

Semoga artikel tentang ikan badut diatas dapat bermanfaat buat anda sebelum membelinya, Ikan berwarna cerah ini pastinya sangat menarik jika ditata dengan terumbu karang seperti layaknya di alam aslinya.