Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mencari Cacing Laut Di Pantai Untuk Umpan Mancing

Cara Mencari Cacing Laut Di Pantai

Duniahobiku.com - Lagi bingung cari umpan buat memancing? Gunakan saja cacing laut. Para pemancing umumnya menggunakan cacing tanah sebagai umpan memancing ikan di air tawar. Namun jika anda hendak memancing di pinggiran pantai tidak ada salahnya mencoba pumpun (cacing laut). Artikel kali ini akan mengajarkan bagaimana cara mencari cacing laut dipantai sebagai umpan. Tapi sebelumnya kita cari tahu terlebih dahulu apa itu hewan pumpun?

Apa Itu Hewan Pumpun?

Cacing laut dikenal juga dengan nama pumpun ini banyak dicari oleh pemancing. Cacing laut ini memiliki bau yang amis sehingga bisa menarik perhatian ikan. Cacing tanah tidak cocok digunakan untuk mancing laut karena mudah mati saat terkena air laut. Berbeda dengan cacing laut yang hidup didaerah yang memiliki kadar garam seperti pantai. Pumpun juga bisa ditemukan di sekitar tanaman nipah yang hidup dipesisir pantai. 

cacing laut
gambar cacing laut 

Cacing laut atau pumpun ini memiliki nama ilmiah Phylum Annelida. Annelida berasal dari bahasa latin Annelus yang artinya cincin kecil. Ada sekitar 15000 spesies modern yang masuk dalam filum ini termasuk cacing tanah, lintah dan pacet. Beberapa dari jenis cacing laut ini memiliki panjang hingga lebih dari 1 meter. Cacing laut tidak hanya digunakan untuk umpan mancing tetapi juga sumber pakan udang. Konon cacing laut ini bisa menjadi indikator jika terjadi pencemaran limbah industri.

Ada beberapa jenis cacing laut atau pumpun yang bisa kita jumpai.  Cacing laut ini biasanya dikenali dari tempat dia hidup. Cacing ini bisa kita temukan dalam lubang pasir, atau bawah batu batuan. Ada pula yang membuat sarang yang biasa di sebut pumpun sarang (jenis ini umumnya hidup di daerah berlumpur). Jika anda yang pertama kali melihatnya mungkin agak ragu memegangnya karena bentuknya yang hampir mirip dengan lipan.

Cara Mencari Cacing Laut Di pantai

Cacing laut atau pumpun ini biasanya digunakan untuk memancing ikan laut. Umpan ini sangat efektif untuk memancing ikan di pantai dan ikan pinggir karang seperti ikan sembilang. Lalu bagaimana cara mendapatkan umpan cacing laut ini? Di beberapa daerah di Indonesia umpan ini diperjualbelikan bahkan di toko online, kita juga bisa mencarinya. Masukkan saja kata kunci umpan pancing pumpun anda akan melihat penawaran dari toko online tersebut. Namun jika anda tertarik mencarinya sendiri berikut cara mencari cacing laut/pumpun di pantai :

1.  Menggunakan Ampas Kelapa

Ampas kelapa yang habis digunakan jangan dibuang. Ampas ini bisa digunakan untuk mencari cacing laut. Caranya sangat mudah yaitu hanya menaburkan ampas kelapa di pinggiran pantai. Tidak lama setelah ampas ditaburkan cacing laut akan keluar dari sarangnya. Anda tinggal menangkapnya saat keluar dari sarang lalu kumpulkan. Cara praktis ini banyak digunakan para pemancing.

ampas kelapa
gambar ampas kelapa

2.      Menggunakan Dedak Padi

Dedak padi merupakan hasil sampingan saat proses penggilingan padi. Dedak ini biasanya digunakan sebagai pakan ternak untuk ayam atau bebek. Dedak yang sama juga bisa digunakan mencari cacing laut. Caranya dengan mencampur dedak dengan sedikit air. Setelah tercampur, percikkan air berisi dedak kepasir pantai. Tunggu hingga cacing laut atau pumpun keluar memakannya. Tangkap dengan cepat lalu kumpulkan.

dedak padi
gambar dedak padi

3.       Menggunakan Daging Ikan Atau Udang

Daging ikan atau udang bisa digunakan untuk memancing cacing laut keluar dari sarangnya. Caranya dengan memasukkan cincangan daging ikan atau udang kedalam jaring/stocking. Setelah dirasa cukup lalu seret jaring/stocking di sepanjang pantai yang diperkirakan ada cacing laut.  Cacing laut/pumpun yang mencium aroma ikan/udang akan keluar dari sarangnya. Saat keluar dari pasir segera tangkap. Cacing ini biasanya hanya menampakkan kepalanya saja. Lakukan dengan cepat agar cacing tidak turun kembali kedalam sarangnya. Saat menyeret ikan/udang lakukan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

ikan di pantai
gambar ikan di pantai

4.       Menggunakan Beras, Kerupuk Atau Kacang

Cara ini sedikit berbeda dibandingkan cara diatas. Anda bisa memilih antara beras, kerupuk atau kacang sebagai pemancing cacing laut keluar. Caranya kunyah beras ke dalam mulut lalu semburkan ke ke pasir pantai atau tempat yang diperkirakan ada cacing lautnya. Setelah terlihat kepala cacing sudah menyembul maka segera tangkap cacing laut tersebut. Lakukan cara ini secara berulang hingga umpan yang diperoleh sudah cukup banyak.

beras
gambar beras

5. Menggunakan Sekop Atau Cangkul

Caranya hampir sama saat mencari cacing tanah. Lakukan cara ini saat air laut sedang surut. Saat menggunakan sekop lakukan dengan hati-hati.  Gali pasir pantai dimana terindikasi sebagai sarang cacing laut. Saat menggali perhatikan dengan seksama. Jika terlihat sesuatu menggeliat dan bergerak dipasir seperti cacing segera tangkap lalu kumpulkan. Lakukan dengan cara berpindah pindah hingga umpan yang di peroleh dirasa sudah cukup.

sekop untuk mencari cacing laut

Semoga artikel tentang cara mencari cacing laut dipantai dapat bermanfaat. Umpan cacing laut/pumpun bisa menjadi pilihan saat sedang mencari umpan tokcer dengan budget terbatas.