Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Jenis Anjing terbaik di Dunia sebagai Penjaga Rumah

 Teman Teman, Anjing, Hewan Peliharaan

Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara hampir diseluruh dunia adalah anjing. Penemuan fosil dan tes DNA membuktikan hubungan manusia dan anjing bahkan telah terjalin sejak 100.000 tahun yang lalu. Beberapa kalangan pecinta anjing bahkan telah menganggap anjing bukan lagi sebagai hewan peliharaan melainkan telah menjadi anggota keluarga mereka hingga diberi nama dan diperlakukan layaknya “seorang” keluarga. Ada berapa banyak jenis anjing didunia yang anda ketahui? Ras anjing apa saja yang dapat dipelihara dirumah? Artikel dibawah akan membawa kita mengenal jenis-jenis anjing terbaik didunia yang dapat anda pelihara dirumah. Selamat Membaca!!!

Anjing menjadi sangat terkenal karena perannya dalam berbagai Novel, serial televisi, film, dan berbagai cerita yang menggambarkan kesetiaan seekor anjing terhadap majikannya. Para pencinta anjing tentu tidak asing dengan cerita Hachicko, seekor anjing yang dengan setia menunggu majikannya yang telah meninggal dengan tetap  menunggunya selama 10 tahun di depan stasiun Shibuya, Tokyo. Pemerintah Jepang Bahkan membuatkan patung Hachicko sebagai bentuk penghargaan akan kesetiaan anjing tersebut terhadap majikannya, patung tersebut terletak di Stasiun Shibuya, Tokyo Jepang. Ada beberapa jenis anjing bahkan dipakai kepolisian untuk mengendus barang berbahaya, sebagian menjadikannya teman berburu, dan bagi kalangan pecinta anjing tentunya anjing menjadi teman setia dalam berbagai hal. Jenis – jenis anjing terbaik yang dapat menjadi hewan peliharaan kita dirumah antara lain :

1.       Siberian Husky

Siberian husky merupakan anjing yang berasal dari daerah Siberia, Siberia merupakan wilayah luas yang terletak di Rusia dan memiliki lingkungan yang sangat dingin dan bersalju. Awalnya anjing Siberian husky dipergunakan untuk menarik kereta luncur oleh orang-orang Chukchi yang mendiami Siberia.

Siberian husky termasuk dalam jenis anjing ras berukuran sedang dan berbulu tebal (double coat). Siberian husky memiliki penampilan layaknya seekor serigala, anjing ini bahkan dapat melolong seperti serigala. Sejak tahun 1925 -1938 Siberian husky mulai populer dan diakui sebagai anjing tangguh setelah memenangkan pertandingan melawan anjing jenis lainnya. Tahun 1925 Siberian husky menorehkan kisah kepahlwanannya setelah berhasil membawa serum untuk menyelamatkan hidup manusia di Kotta Nome, suatu daerah terpencil di Alaska dengan melintasi medan yang sangat jauh dan hanya dapat dilewati kereta luncur.

Siberian husky memiliki banyak varian warna mulai warna putih, coklat, abu-abu, dan berbagai variasi warna lain. Memiliki bulu ganda (double coat) yang lebih tebal dari kebanyakan ras anjing lainnya. Jantan Siberian  husky secara umum memiliki berat sekitar 20-27 kg dan tinggi 53-60 cm sedangkan betina Siberian husky  memiliki berat 16-23 kg dan tinggi 51-56 cm. Seekor betina Husky dapat menghasilkan sekitar 4-8 ekor anak anjing. Masa hidup Anjing Siberian Husky sekitar 12-14 tahun.

 Harga Siberian husky anakan stamboom 4 - 6 juta rupiah / ekor, non stamboom 1,5 – 3,5  juta / ekor. Siberian husky dewasa stamboom 5 - 10 juta rupiah / ekor,  dewasa non stamboom 3 – 5  juta rupiah / ekor.

Image Anjing Siberian husky sumber www.pixabay.com

2.       Golden Retriever

Golden Retriever merupakan anjing yang awalnya dikembangbiakkan sebagai anjing pemburu. Anjing ras ini dapat menemukan atau mengambil burung air atau unggas liar yang telah ditembak oleh pemburu. Sewaktu mengambil hasil buruan anjing ini tidak menggigit secara kasar sehingga hasil buruan diberikan kepada pemburu dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Golden retriever pertama kali dikembangkan di dekat Glen Affric di  Skotlandia pada suatu perkebunan dataran tinggi  milik Baron Tweedmouth ke -1.

Golden Retriever memiliki bulu berwarna keemasan (golden) yang makin nampak jika terkena sinar matahari sehingga anjing ini diberi nama Golden Retriever. Golden Retriever secara umum memiliki bulu berwarna keemasan atau coklat, memiliki berat sekitar 29-34 kg dan tinggi 56-61 cm sedangkan untuk betina golden memiliki berat 25-29 kg serta tinggi 51-56 cm. Golden Retriever dapat hidup sekitar 10-12 tahun.

Golden Retriever dikenal memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga dapat menjadi anjing multiguna. Instansi kepolisian memakai jenis anjing ini untuk melacak benda terlarang, anjing penyelamat, anjing pemburu dan anjing penuntun untuk kalangan tunanetra. Sifatnya yang bersahabat dan menyenangkan hati majikannya menjadikan Golden Retriever sebagai salah satu jenis anjing keluarga yang paling populer di Dunia.

Harga anjing Golden Retriever anakan non stamboom 1,5-2 juta rupiah, Dewasa Stamboom 5 juta rupiah / ekor, Dewasa stamboom full vaksin 5,5 juta rupiah / ekor, Golden best Quality / import 9 juta rupiah / ekor.

Image Golden Retriever Sumber : www.Pixabay.com

3.       Rottweiler

Rottweiler merupakan anjing yang dulunya digunakan untuk menggembalakan ternak, menarik gerobak yang berisi potongan daging ke pasar, serta menjaga kantung uang para pemiliknya. Meski saat ini Rottweiler masih dipergunakan oleh sebagian peternak untuk menggembalakan ternak tetapi jumlahnya terbatas. Rootweiler sekarang lebih sering dipergunakan sebagai anjing penyelamat dan anjing penjaga oleh pihak kepolisian. Tentunya anjing ini juga menjadi hewan peliharaan rumah yang populer. Di Amerika Serikat Rottweiler bahkan termasuk anjing ras terpopuler urutan kedelapan. Nama Rottweiler sendiri diambil dari suatu wilayah di Jerman, yang bernama Rottweil.

Image Rottweiler 

Rottweiler merupakan anjing dengan tipe sedang-besar. Jantan Rottweiler memiliki berat 50-60 kg dan tinggi 61-69 cm, sedangkan betina memiliki berat 35-48 kg dengan tinggi 56-63 cm. Betina Rootweiler dapat menghasilkan 8-12 ekor anak anjing. Masa hidup Rootweiler sekitar 8-10 tahun.

Rootweiler merupakan anjing aktif dan berani, anjing ini akan menjaga majikannya jika diperlukan. Rootweiler tidak gampang menerima orang yang baru dikenal, namum pada dasarnya anjing ini bisa dipercaya dan baik hati jika dilatih dengan baik sehingga dapat bermain dengan anak-anak.

Harga anjing Rootweiler anakan non stamboom 2 juta rupiah / ekor, dewasa Rottweiler stamboom 6 juta rupiah / ekor, Rottweiler dewasa stamboom full vaksin 7 juta rupiah / ekor, Rootweiler stamboom breed quality / import 10 juta rupiah / ekor. Untuk anjing Rootweiller kualitas super bisa berharga sekitar 26 – 100 juta rupiah / ekor.

4.       Doberman

Doberman merupakan jenis anjing yang dihasilkan pada tahun 1880 oleh seorang pemungut pajak bernama Karl Friederich Louis Dobermann. Karl menyilangkan beberapa jenis anjing untuk menciptakan ras yang menurutnya ideal untuk melindunginya. Anjing silangannya tersebut menunjukkan stamina, kekuatan, dan kecerdasan yang membuatnya terkesan. Setelah kematian Karl friederich Louis Dobermann pada tahun 1894, orang memberi nama anjing ras ciptaannya dengan nama Doberman untuk menghormatinya.

Image Doberman 

Doberman secara umum memiliki warna dominan hitam dan coklat. Jantan Doberman memiliki berat 40-45 kg dengan tinggi 68-72 cm, sedangkan betina Doberman memilki berat 32-35 dengan tinggi 63-68 cm. anjing jenis Doberman memiliki masa hidup sekitar 9-12 tahun. Menurut American Kennel Club tahun 2017 Doberman termasuk ras anjing terpopuler ke 16. Doberman dikenal sebagai anjing penjaga yang cerdas, waspada, dan sangat setia. Doberman memiliki sifat keras kepala, keras, dan energik tetapi jika dilatih dengan baik anjing ini akan dengan cepat belajar.

Harga anakan Doberman dengan dokumen lengkap sekitar 5-9 juta rupiah / ekor, Impor Doberman dari Eropa sekitar $ 1500, negara Eropa lebih diminati dibanding Amerika. Anjing yang berasal dari Eropa lebih berotot, besar, dan tampil lebih baik dan menarik. Untuk tujuan pembibitan peternak anjing di negara lain termasuk Indonesia lebih menyukai anjing dengan silsilah keturunan yang jelas dan terdokumentasi dengan baik.

5.       Great Dane

Great dane merupakan ras anjing penjaga yang berasal dari Jerman. Great Dane muncul pertama kali di Jerman sekitar 400 tahun yang lalu. Sebagian ahli sejarah meyakini bahwa great dane merupakan keturunan dari anjing Molossian, Bentuk postur tubuhnya menyerupai patung-patung Molossus di Roma dan Yunani.  Royal Museum di Munich menyimpan koleksi koin kuno Yunani dari tahun 5 SM yang terdapat gambar anjing yang menyerupai Great Dane.

Great Dane memiliki nama lain  Deutsche Dogge, German Mastiff,  dan Boarhound. Nama lain yang sering disematkan pada Great Dane adalah Apollo of Dogs, Gentle Giant (raksasa baik hati). Secara Umum seekor jantan Great Dane memiliki berat sekitar 50-82 kg dan tinggi sekitar 76-79 cm sedangkan betina memiliki berat 50-82 kg dan tinggi sekitar 71-76 cm. Masa hidup Great dane sekitar 8-10 tahun.

Image Great Dane 

        Rekor tertinggi pada tahun 2012 dipegang oleh seekor Great Dane berwarna hitam bernama Zeus dengan tinggi 111,8 cm dan masuk dalam Guinness World Record, Zeus meninggal pada September 2014. Saat ini Rekor tertinggi Great Dane yang tercatat dalam Guinness World Records dipegang oleh seekor anjing bernama Freddy milik Claire Stoneman asal Essex, Inggris dengan tinggi 2,2 meter, freddy saat itu baru berumur 18 bulan. Konon kabarnya setiap minggu Freddy menghabiskan dana $ 120 setiap minggunya untuk makan.

        Walaupun bertubuh besar Great Dane sering diilustrasikan sebagai “Raksasa yang lembut”. Great Dane secara umum memiliki tingkah laku yang baik terhadap anjing lain ataupun hewan peliharaan lain seperti kucing dsb. Pada umumnya anjing bertubuh besar sebaiknya dibawa berjalan-jalan untuk menjaga kesehatannya disamping melatih tingkah laku anjing tersebut terhadap lingkungannya. Harga anjing Great Dane dijual mulai dari 8 – 20 juta rupiah / ekor.

6.       Chow-Chow

Chow-chow merupakan jenis anjing yang berasal dari China sekitar 2000 tahun yang lalu. Chow-Chow mempunyai bulu yang lebat seperti singa membuatnya dijuluki anjing singa oleh masyarakat di negeri China. Konon kabarnya seorang penguasa Tiongkok memiliki 5000 anjing chow-chow. Salah satu ciri khas dari jenis anjing ini selain bulunya yang lebat adalah warna lidahnya berwarna biru-hitam / ungu.

Image Chow-chow 

Chow-Chow secara umum termasuk dalam tipe anjing sedang-besar, seekor jantan memiliki berat sekitar 18-41 kg dengan tinggi sekitar 43-56 cm sedangkan berat betina sekitar 16-39 kg . Warna bulu dominan yaitu merah tua, merah coklat, cokelat muda, hitam, biru, seekor betina chow-chow dapat menghasilkan sekitar 4-7 ekor anak anjing. Masa hidup anjing chow-chow sekitar 11-13 tahun.

Jenis anjing chow-chow tidak terlalu aktif, pendiam, dan berperilaku baik, tetapi kita perlu melatihnya agar dapat berinteraksi dengan lingkungan dengan membawanya jalan-jalan dan sekaligus olahraga buat anjing jenis tersebut. Anjing jenis ini sangat protektif terhadap pemiliknya jadi untuk menghindari sifat protektifnya yang berlebihan kita harus melatihnya sejak dini agar dapat mengendalikan anjing tersebut.

Harga Anjing Chow-Chow di Indonesia sekitar 3,5-8,5 juta rupiah / ekor. Anjing chow-chow dari negeri China berkisar 10-15 juta rupiah / ekor. Anjing chow-chow termahal dibanderol dengan harga sekitar 120 juta rupiah.

7.       Samoyed

Samoyed merupakan salah satu dari 14 anjing ras termurni didunia. Samoyed berasal dari Rusia dan Siberia. Nama Samoyed diambil dari salah satu suku Samoyedik di Siberia. Anjing Samoyed bertugas untuk menggembalakan rusa dan menarik kereta salju. Samoyed juga dijadikan kasur hidup yang hangat didalam kemah suku yang nomaden tersebut. Samoyed dijuluki anjing tersenyum, jika kita perhatikan mata dan mulutnya yang dibingkai oleh garis hitam seolah-olah sedang tersenyum. 

Image Samoyed 

        Samoyed memiliki bulu tebal berwarna putih dengan sedikit warna krem di sekitar telinga atau wajah. Memiliki bulu yang terdiri atas dua lapisan, bulu halus didalam berfungsi sebagai penghangat di waktu musim dingin dan bulu bagian luar memiliki lapisan anti air sekaligus pelindung. Bentuk telinga segitiga dan selalu berdiri, mata berwarna gelap, ekor melengkung kebelakang punggung terutama saat waspada. Secara umum jantan Samoyed memiliki berat sekitar 20-30 kg dan tinggi 53-60 cm sedangkan betina memiliki berat 16-20 kg dan tinggi 48-53 cm. Masa hidup Samoyed berkisar antara 12-14 tahun.

        Anjing Samoyed adalah jenis anjing yang ramah dan senang bermain sehingga anjing ini lebih cocok menjadi anjing keluarga dibanding anjing penjaga, anjing ini cocok menemani anak-anak bermain serta menjaga mereka. Hal ini telah dilakukan anjing Samoyed pada suku Samoyedik untuk menjaga anak-anak mereka pada masa lampau. Walaupun anjing Samoyed berasal dari daerah dingin bukan berarti Samoyed tidak cocok hidup di Indonesia, beberapa kennel di daerah Bandung dan Bogor yang memiliki hawa sejuk memelihara jenis anjing Samoyed.  Harga anjing Samoyed di Indonesia sekitar 4-7 juta rupiah / ekor, harga Samoyed impor berkisar 13-20 juta rupiah / ekor. Bahkan kualitas terbaik bisa berharga sekitar 50 – 145 juta rupiah / ekor. Harga tergantung dari kualitas dan silsilah keturunan anjing tersebut.

8.           Dalmatian

Dalmatian merupakan jenis anjing berukuran medium dan mempunyai ciri khas dengan warna bulunya yang unik. Warna bulu dasar berwarna putih dan dihiasi dengan bintik-bintik hitam. Dalmatian mempunyai banyak nama panggilan Carriage Dog, spotted Coach Dog, Leopard Carriage Dog, Firehouse Dog, Plum Pudding Dog. Anjing Dalmatian berasal dari suatu daerah bernama Dalmatia yang terletak di negara Kroasia. Menurut perkiraan para ahli jenis anjing Dalmatian berasal dari jenis anjing Pointer dan Great Dane berbintik.

Anjing Dalmatian menjadi makin populer setelah diterbitkan sebuah Novel berjudul The Hundreed and One Dalmatians yang ditulis oleh penulis berkebangsaan Inggris bernama Dodie Smith dan kemudian berdasarkan buku tersebut Walt Disney membuat film animasi tentang Dalmatian pada tahun 1961, pada tahun 1996 film berjudul 101 Dalmatian menjadi sangat laris di seluruh dunia. Kesuksesan film tersebut semakin mengangkat popularitas anjing Dalmatian.

Image Dalmatian 

Secara umum jantan Dalmatian memiliki tinggi 58-61 cm sedangkan betina sekitar 56-58 cm. Seekor betina Dalmatian mampu melahirkan  sebanyak 6-19 anak anjing. Masa hidup anjing Dalmatian sekitar 10-18 tahun, namun rata-rata sekitar 12-14 tahun.  Dalmatian memiliki bulu yang pendek sehingga akan memudahkan perawatan bulu, untuk yang gemar berolahraga jogging anjing ini sangat cocok sebab anjing ini sangat suka berlari. Dalmatian sering dijadikan mascot pemadam kebakaran karena perannya dalam membantu dinas pemadam kebakaran. Harga anjing Dalmatian mulai dari 2 - 12 juta rupiah / ekor.

9.       Saint Bernard

Saint Bernard merupakan jenis anjing pekerja yang memiliki ukuran sangat besar dan berasal dari pegunungan Alpen barat di Italian dan Swiss. Saint Bernard memiliki beberapa nama antara lain St. Bernhardog, Bernhardinner, Alpine Mastiff (archaic). Anjing ini awalnya dikembangkan di Rumah Sakit Great St. Bernard Pass di perbatasan Italian dan Swiss. Anjing ini pertama kali dipelihara sekitar tahun 1660 dan 1670 oleh Biarawan Italia bernama Bernard. Jika kita pernah nonton film komedi keluarga berjudul Beethoven (1992) kita dapat melihat aksi Saint Bernard di film tersebut.

Image Saint Bernard 

Secara umum seekor jantan Saint Bernard memiliki berat sekitar 64-82 kg dengan tinggi 71-76 cm, betina memiliki berat 54-64 kg dengan tinggi 66-71 cm. Seekor betina mampu melahirkan 10 ekor anak anjing. Masa hidup anjing Saint Bernard sekitar 8-10 tahun. Anjing Saint Bernard pernah tercatat dalam Guinness Book of World Records edisi 1981 dengan bobot 153 kg dengan nama Benediktin V Schwarzwald yang dimiliki Pierson, Michigan, Amerika Serikat.

Walaupun Saint Bernard merupakan anjing dengan postur tubuh besar anjing ini memiliki sikap yang tenang, sabar dan ramah terhadap anak-anak namun tetap harus diawasi oleh orang tua mengingat anjing ini bisa tanpa sengaja membahayakan anak-anak dengan postur tubuhnya yang besar saat bermain. Postur tubuhnya yang besar harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang baik, dan jelas porsi makannya lebih besar dan disesuaikan dengan umur, ukuran tubuh, serta system metabolisme anjing tersebut. Harga anjing St,Bernard sekitar 300 - 1600 Euro atau 800 - 3500 Dollar AS tergantung jenis, silsilah dan penampilan anjing tersebut.

10.       German Shepherd

Anjing ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Herder. Anjing ini memang memiliki banyak nama. Nama lain German Shepard antara lain : Alsatian wolf dog, Berger allemande, Deutscher Schaferhund, Schaferhund. Anjing ini berasal dari Jerman dan merupakan salah satu anjing ras murni yang populer,  dahulu kala German Shepherd digunakan untuk menggembalakan domba di jerman.

German Shepherd merupakan ras yang paling banyak didaftarkan oleh American Kennel Club dan menduduki peringkat kedua di Amerika sedangkan di Inggris anjing tersebut menduduki peringkat ketujuh anjing yang didaftarkan oleh The Kennel Club Inggris. Secara umum jantan German shepherd memiliki berat sekitar 30-40 kg dengan tinggi 60-65 cm sedangkan betina memiliki berat sekitar 22-33 kg dengan tinggi 55-60 cm. seekor betina German Shepherd mampu menghasilkan sekitar 4-9 ekor anak anjing. Masa hidup anjing ini sekitar 9-13 tahun.

Image German Shepherd 

German Shepherd merupakan anjing yang sangat cerdas dan patuh serta melindungi majikannya dengan sangat baik. Anjing ini merupakan salah satu ras anjing yang disukai oleh pihak keamanan seperti polisi dan militer dan sering digunakan dalam pencarian benda berbahaya, penyelamatan, dan pengamanan. Harga anjing German Shepherd bervariasi sesuai dengan umur, silsilah, dan kualitas anjing tersebut. Harga anjing dengan tipe standar sekitar 2-5 juta / ekor. German shepherd dengan kualitas baik minimal 18 – 40 juta rupiah / ekor.

11. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff dalam bahasa Tibet dikenal sebagai : Anjing Khyi merujuk pada fungsi anjing Mastiff sebagai penjaga kawanan, Tenda, desa, biara dan istana. Dalam bahasa Nepal dikenal dengan nama Bhote Kukur ,Bhote artinya seseorang dari Tibet dan Kukur berarti anjing. Di Mongolia anjing ini disebut bankhar. Tibetan Mastiff bukanlah Mastif sejati. Istilah “Mastiff” digunakan oleh orang eropa yang pertama kali datang ke Tibet. Nama yang lebih tepat untuk anjing ini adalah anjing gunung Tibet. Namun penggunaan Tibetan Mastiff lebih melekat sampai sekarang karena nama ini lebih sering digunakan di dunia internasional.

Image Tibetan Mastiff 

Secara umum seekor jantan Tibetan Mastiff memiliki tinggi 66 cm dan berat sekitar 90 – 150 kg sedangkan betina memiliki tinggi 61 cm dan berat sekitar 70 – 120 kg. Anjing Tibetan Mastiff memiliki bulu ganda panjang bergantung pada iklim , warna bulu terdapat beberapa variasi  seperti hitam pekat, cokelat,dan merah tua.

Anjing Tibetan Mastiff sering tidur di siang hari dan pada malam hari mereka lebih aktif dan waspada. Anjing ini mempunyai sifat keras kepala dan berkemauan keras,  jadi anjing ini perlu dilatih sejak dini agar patuh. Mengingat postur dan naluri anjing Tibetan Mastiff  yang agresif sebaiknya untuk pemula tidak direkomendasikan untuk memelihara jenis anjing ini. Harga anjing ini sekitar 30 – 100 juta rupiah / ekor, bahkan anjing termahal dari jenis Tibetan Mastiff dijual seharga kurang lebih 23 milliar rupiah.

12.      Kintamani

Kita boleh berbangga hati karena Indonesia juga memiliki salah satu ras anjing yang diakui oleh dunia sebagai anjing ras asli Indonesia. Kintamani atau anjing kintamani Bali merupakan ras anjing asli Indonesia yang berkembang di sekitar Desa Sukawana , Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali dan telah diakui oleh perkumpulan anjing dunia pada tahun 2019. Anjing Kintamani memilki banyak nama panggilan seperti Balinese Kintamani, Balinese Mountain Dog, Balinese Dog, Kintamani Bali Dog Anjing Kintamani Bali, Chien de Bali, Kintamani Bali-Hund, Perro Kintamani Bali.

Anjing Kintamani tidak kalah menarik dibanding ras anjing dari luar, Penampilan kintamani seperti gabungan antara Samoyed ,Malamute, dan chow-chow. Mereka memilik rambut panjang, wajah lebar, dahi datar, dan pipi datar seperti anjing chow-chow. Secara umum jantan Kintamani memiliki berat sekitar 15 -18 kg dan tinggi 49 – 57 cm sedangkan betina memiliki berat 13 – 16 kg dan tinggi 44 – 52 cm.memiliki bulu berwarna putih, hitam, coklat muda/tua. Masa Hidup anjing Kintamani sekitar 14 tahun.

Image Kintamani 

Anjing yang dikenal oleh masyarakat bali dengan nama gembrong (bahasa Bali) merupakan anjing yang lembut dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar . Jika anjing lain tidak terlalu suka memanjat hal ini berbeda dengan Kintamani. Anjing ini suka memanjat dan dapat menghabiskan sebagian waktunya dengan tidur diatas tembok taman. Harga anjing kintamani berkisar antara 1 – 5 juta / ekor tergantung kualitas anjing dan umur.

Setelah mengetahui berbagai jenis anjing diatas tentunya para penggemar anjing akan dapat menentukan jenis anjing yang cocok untuk dipelihara dirumah pada saat akan mengoleksi atau menambah hewan peliharaan di rumah. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat para pembaca.