Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan Lumut Agar Tetap Awet

 Cara Menyimpan Lumut Agar Tetap Awet

Duniahobiku.com – Lumut merupakan salah satu umpan yang digunakan para pemancing baik dilaut maupun di waduk. Namun terkadang lumut yang akan digunakan berbau kurang sedap dan sulit untuk disimpan lama. Nah sebenarnya bagaimana cara menyimpan lumut agar tetap awet? Berikut ini kami paparkan resep bagimana para pemancing senior dalam mengawetkan lumut agar tetap baik saat digunakan.

Para pemancing yang biasanya menggunakan lumut untuk memancing ikan baronang, jenis ikan rabbit fish, nila, dan gurame tentu tidak asing dengan lumut dalam penggunaan umpan mancing, karena ini salah satu umpan kesukaan baronang dan ikan air tawar. Cuma kendalanya kadang lumut tidak tahan lama dan cepat busuk bila di simpan, sedangkan untuk mencarinya saja sudah cukup sulit.

Ada dua jenis lumut yang umum digunakan oleh para pemancing. Berikut langkah-langkah yang digunakan untuk membuat lumut dapat bertahan lama:

Lumut untuk Mancing di Laut

Ambillah lumut sebanyak dibutuhkan. Cuci atau bilaslah lumut dengan air laut jika menggunakan lumut untuk mancing laut. Gunakan kain berlubang halus seperti kain kasa atau strimin penyaring agar lumut tidak terbuang melalui lubang kain saat di bilas, proses ini dimaksudkan agar pasir serta kotoran kotoran kecil bisa terbawa keluar melewati lubang kain saat di cuci. Jangan menggunakan air tawar atau air hujan untuk membilas lumut karena ini akan menyebabkan lumut lebih cepat busuk.

Peraslah air cucian lumut sekering mungkin, apabila di perlukan dan jumlahnya cukup banyak anda bisa memanfaatkan mesin pengering pada mesin cuci dirumah, metode pengeringan menggunakan mesin lebih efektif karena tingkat kekeringannya cukup tinggi dan lumutpun tidak rusak dalam proses pemerasan.

Setelah proses pemisahan air dari lumut, angin anginkan lumut di udara terbuka sekitar 2-3jam agar kadar airnya semakin sedikit, di sarankan agar tidak terkena matahari langsung dan terhindar dari air hujan.

Bungkus lumut dengan kertas koran lalu di simpan. Setelah melalui proses, lumut yang di simpan secara biasa (tanpa pendingin) bisa bertahan selama dua minggu, apabila ingin lebih lama lagi maka anda boleh menyimpanya di dalam kulkas dengan catatan setelah di bungkus koran bungkuslah dengan plastik bening dan tutup rapat agar tidak tembus air embun dari freezer dan ini bisa bertahan sampai 2 bulan meski bentuknya tidak lagi sama seperti saat pertama di ambil di spot.

Lumut untuk Mancing di Laut

Lumut untuk Mancing di sungai, waduk maupun empang

Lakukan langkah-langkah yang sama diatas untuk lumut yang akan digunakan untuk mancing di air tawar. Umumnya lumut yang digunakan untuk mancing di air tawar bertekstur lebih halus dibandingkan lumut yang digunakan untuk mancing dilaut.

Lumut untuk Mancing di sungai, waduk maupun empang

 Semoga artikel Cara Menyimpan Lumut Agar Tetap Awet bisa bermanfaat buat anda para mancing mania sehingga anda tetap memiliki stock lumut bahkan di masa paceklik lumut sekalipun, selamat mencoba!