Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tahapan Daur Hidup Tanaman Semangka, Mulai Dari Biji Sampai Menjadi Buah

 daur hidup tanaman semangka

Duniahobiku.com - Semangka merupakan jenis buah yang banyak disukai. Buah ini paling nikmat disantap saat cuaca sedang terik. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat dahaga langsung hilang seketika. Ada berbagai jenis semangka yang bisa menjadi pilihan. daging buah berwarna merah dan kuning merupakan jenis yang paling sering kita jumpai. Bahkan bentuk semangka pun bermacam-macam, ada yang lonjong, kotak, bahkan berbentuk hati. Tanaman buah ini sangat unik karena dari biji yang begitu kecil bisa menghasilkan buah yang besar. Tahukah anda bagaimana daur hidup tanaman semangka? Silahkan baca artikel dibawah untuk mengetahui bagaimana perkembangan tanaman semangka.

Tanaman semangka bisa disantap langsung ataupun diolah menjadi jus buah. Bijinya bisa diolah menjadi kuaci yang sering disantap saat sedang santai. Tanaman ini berasal dari Afrika bagian selatan.  Mengkomsumsi buah semangka sangat baik untuk kesehatan dan membantu tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 159-160

Tahapan daur hidup tanaman semangka juga dipelajari anak SD kelas 3 pada buku Tematik 1 halaman 155-160. Agar siswa lebih mandiri dalam soal berbunyi "tuliskan daur hidup tanaman semangka menggunakan bahasamu sendiri". Mempelajari proses daur hidup tanaman semangka akan menambah pengetahuan kita. Bukan cuma ilmu yang kita dapat, kita juga akan semakin menghargai jerih payah pak tani. Bayangkan dari biji yang sangat kecil bisa menghasilkan buah sebesar itu. Tentunya perjuangan itu tidak mudah karena memerlukan perawatan dan ketekunan yang luar biasa.

Tahapan daur Hidup Tanaman Semangka

Setiap tanaman memiliki siklus hidup yang berbeda. Begitu juga dengan tanaman semangka. Untuk tumbuh secara optimal maka diperlukan kondisi tanah yang subur. Tanaman semangka memiliki masa tanam cukup singkat. Dari biji hingga berbuah diperlukan waktu sekitar 2-3 bulan. Agar lebih jelas berikut 5 tahapan daur hidup tanaman semangka :

1. Biji Semangka

Biji semangka berkembang biak dengan cara generatif. Hasil penyerbukan akan menghasilkan biji semangka. Bentuk biji pipih memanjang. Ada yang berwarna kuning, hitam, atau coklat. Perkembangan teknlogi membuat buah semangka ada yang tanpa biji. Biji inilah yang digunakan sebagai bibit dalam proses daur hidup tanaman semangka.

biji semangka
gambar biji semangka

2. Kecambah Tanaman semangka

Biji semangka yang disemai akan berkecambah menjadi bibit tanaman muda. Saat proses perkecambahan diperlukan kondisi lingkungan yang baik. Proses pertumbuhan akan dimulai saat akar mulai keluar dari biji. Akar ini disebut radikula. Radikula akan berfungsi untuk menyerap unsur-unsur hara yang ada disekitar media tanam.

kecambah tanaman semangka
gambar kecambah tanaman semangka

3. Tanaman Semangka Muda

Jika proses perkecambahan berjalan dengan baik. Maka batang dan akar tanaman akan semakin besar dan mulai mengeluarkan daun. Tanaman semangka adalah jenis tanaman merambat. Batang yang merambat panjangnya bisa mencapai 3-5 meter dari akar. batang semangka lunak sehingga mudah patah. Bentuk daun semangka menjari dengan bagian ujung runcing. Daunnya berwarna hijau. Bibit tanaman semangka yang telah tumbuh baik bisa dipindahkan ke kebun agar pertumbuhannya lebih optimal.

bibit tanaman semangka
gambar bibit tanaman semangka

4. Bunga Semangka

Tanaman semangka akan mulai mengeluarkan bunga setelah berumur 45-60 hari. Munculnya bunga sebagai salah satu tanda tanaman mulai dewasa. Bunga semangka berwarna kuning berbentuk seperti bintang. bunga semangka berwarna kuning dan memiliki ukuran yang kecil (diamter hanya 3 cm). Bunga inilah yang akan membentuk bakal buah.

bunga semangka
gambar bunga semangka

5. Buah Semangka

Tanaman semangka berkembangbiak dengan cara generatif. Penyerbukan berhasil saat serbuk sari pada bunga jantan berhasil membuahi kepala putik. Penyerbukan bisa terjadi secara alami dengan bantuan serangga, angin, air maupun lewat hewan. Namun penyerbukan secara buatan oleh manusia juga kerap dilakukan seperti pada tanaman vanili. Bakal buah (ovarium) pada semangka akan tumbuh dan membesar seiring waktu. Selama proses itu diperlukan perawatan dan pemupukan agar buah semangka bisa optimal. Buah semangka bisa tumbuh dengan panjang 20 hingga 40 cm. Beratnya bisa mencapai 5-20 kg dengan diameter 15-25 cm. Biji pada buah semangka bisa digunakan kembali sebagai bibit. Siklus daur hidup tanaman semangka akan terus berulang seperti pada tahan 1-5 seperti diatas.

buah semangka

gambar buah semangka

Setelah membaca artikel diatas kita tentunya akan mengetahui bagaimana daur hidup tanaman semangka. Pengetahuan ini dapat kita gunakan saat mencoba menanam tanaman semangka dirumah. Selain bisa menyalurkan hobi juga sebagai media pembelajaran.