Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Tanaman Semangka Merah Yang Baik

 Cara Budidaya Tanaman Semangka

Duniahobiku.com – Anda tentunya tidak asing dengan buah semangka bukan? Karena buah satu ini memang sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia. Buah semangka ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena nilai ekonomi dari buah semangka ini sendiri cukup tinggi, sehingga banyak yang mencoba untuk membudidayakannya.

Jika anda memang ingin terjun di  bisnis budidaya buah semangka anda mesti mempelajari ilmu mengenai teknik budidaya semangka. Budidaya semangka ini memiliki peluang besar. dan sebenarnya tidak memerlukan luas lahan yang besar, karena ada juga budidaya semangka dengan teknik hidroponik.

5 Tips Dalam Budidaya Buah Semangka Merah

1. Penentuan Lahan

Teknik budidaya semangka yang pertama adalah menentukan lahan tempat budidaya semangka. Karena lahan ini mempunyai peranan penting dalam teknik budidaya buah semangka. Jika anda salah memilih lahan yang tepat untuk budidaya, maka nantinya pertumbuhan buah semangka tentunya akan terganggu dan dikhawatirkan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk lahan yang baik untuk budidaya semangka ini adalah lahan dengan pH antara 5 sampai 7. Tanah yang memiliki pH netral, jangan sampai terlalu asam maupun terlalu basa. karena unsur haranya tentunya akan berbeda. Lalu usahakan pilihlah lahan yang diantara ketinggian 0 meter sampai dengan 1000 meter diatas permukaan laut.

Setelah anda mendapatkan lahan yang cocok, buatlah lahan tersebut menjadi lahan yang siap untuk ditanami. Dengan melakukan penggemburan tanah pada lahan, caranya dengan mencangkul tanah hingga gembur dan jangan lupa untuk membuat bedengan serta lubang tanam agar dapat memudahkan dalam menanam bibit tanaman semangka.

2. Pembibitan Semangka

Untuk mendapatkan bibit semangka merah yang baik, anda bisa mencoba untuk menyemai sendiri. Tetapi sebelum itu, belilah benih buah semangka merah yang berkualitas bagus. Setelah mendapatkan benihnya, kamu bisa menanam benih tersebut kedalam polybag, lalu siramlah tiap pagi dan sore hari. hingga benih buah semangka ini memiliki 2 sampai 3 daun. Biasanya benih yang sudah siap untuk ditanam memiliki masa umur sekitar 4 minggu dari awal tanam.

3. Cara Menanam Semangka

Untuk cara menanam buah semangka ini tinggal memindahkan saja benih pohon semangka kecil yang sudah berumur 4 minggu kedalam lahan. Masukkan benih beserta tanahnya kedalam lubang tanam yang sudah di beri pupuk dan dibiarkan selama 2 minggu. Kenapa lubang tanam harus diberi pupuk dan dibiarkan selama itu? Hal itu untuk membuat pupuknya terserap baik oleh tanah, dan bisa membuat tanaman menjadi lebih mudah dalam beradaptasi.

Lalu siramlah lubang tanam tersebut dengan air hingga meresap kedalam tanah, karena untuk permulaan hal ini sangatlah penting.

4. Cara Pemeliharaan Tanaman Semangka

Untuk pemeliharaan tanaman buah merah ini bisa meliputi penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan susulan. Untuk penyiraman sendiri jika sudah memasuki musim kemarau maka sebaiknya di siram setiap pagi dan sore hari. Tetapi, jika sudah musim penghujan tidak perlu repot repot untuk menyiram kembali karena memang sudah disiram oleh alam sendiri.

Lalu untuk proses penyiangan ini, tentunya di sarankan untuk selalu melakukan proses penyiangan tiap minggu sekali, tentunya agar tanaman buah semangka ini bisa terbebas dari tanaman gulma atau penyakit. Karena tanaman gulma ini akan menghambat pertumbuhan dari buah semangka. Lalu jangan lupa untuk melakukan pemupukan susulan juga, karena dengan pemupukan susulan ini bisa meningkatkan hasil dari tumbuhan semangka.

5. Panen

Untuk pemanenan pun ada caranya tersendiri. lakukan pemanenan jika buah semangka sudah memiliki ciri ciri daunnya yang sudah mulai layu, lalu berat buah semangka yang dikira sudah cukup dan jika ditepuk nantinya akan terasa kalau buah semangka ini siap dan matang. Untuk cara memanennya potong tangkainya dan sisakan kira kira 5 cm dari pangkal tangkai. Jangan sampai langsung di semangkanya.

Semoga artikel Cara Budidaya Tanaman Semangka Merah Yang Baik dapat bermanfaat buat anda semua yang berminat terjun ke bisnis budidaya tanaman semangka.