Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Penderita Maag

 Manfaat Buah Semangka

Duniahobiku.com – Buah semangka tentunya pernah kita komsumsi baik dimakan segar maupun dibuat jus atau mungkin dalam bentuk kuaci. Semangka umumnya memiliki daging buah berwarna merah namun kita juga menjumpai semangka yang memiliki daging buah berwarna kuning bahkan bentuknya bukan hanya bulat lonjong tetapi ada yang berbentuk kotak dan bentuk unik lainnya. Tapi pernahkan anda menyadari bahwa dibalik itu semua ternyata semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan penderita sakit maag. Penasaran, ingin tahu apa saja manfaat buah semangka? Simak terus artikel ini dan temukan fakta menarik dibalik buah asal Afrika ini.

Asam lambung memang terbukti sangat mengganggu kesehatan dan aktifitas sehari hari. Penyakit asam lambung atau maag terbukti mengakibatkan rasa sakit yang sangat menyiksa hal ini disebabkan  karena adanya peningkatan asam lambung yang menyebabkan iritasi dan luka pada lambung. Agar tidak tersiksa dan terganggu dengan penyakit ini, lakukan langkah mudah ini dalam mencegah penyakit maag diantaranya :

Hindari Soda Dan Kafein

Untuk mempercepat penyembuhan penyakit maag anda sebaiknya hindari minuman dan makanan yang mengandung soda dan kafein karena itu akan menyebabkan naiknya asam lambung dan penyakit maag menjadi lebih parah

Air Hangat

Menkonsumsi air hangat terbukti sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi air hangat setiap hari setelah bangun tidur terbukti banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Jangan Menunda Makan

Pola makan yang tidak teratur seperti halnya menunda nunda makan menjadi salah satu penyebab adanya penyakit maag. Selalu perhatikan pola makan anda agar tetap teratur untuk menjaga kesehatan lambung.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak sekali di gunakan sebagai obat untuk menghangatkan badan saat kedinginan. Namun hal ini juga terbukti sangat bagus utuk mencegah adanya penyakit maag.

Kandungan dan Manfaat Buah Semangka

Mengkonsumsi buah yang sehat mampu mengobati dan mencegah penyakit maag agar tidak semakin parah. Salah satu buah yang sudah terbukti bagus untuk mengobati penyakit maag, yaitu buah semangka.

Semangka merupakan jenis tanaman merambat yang berasal dari Afrika. Namun, tidak hanya di Afrika saja, anda juga bisa mendapatkan buah ini di Indonesia. Semangka masih masuk kedalam keluarga timun timunan yang banyak memiliki kandungan alami.

Semangka memiliki kandungan alami karbohidrat, lemak, air, protein, serat, kalsium, zink, besi, fosfor dan magnesium yang terbukti bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan air yang dimiliki semangka di percaya mampu mencegah dehidrasi yang terjadi dalam tubuh dan mampu melindungi tubuh dari serangan berabagai jenis virus dan bakteri penyebab penyakit.

Menurut penelitian Dr. Bhimu Patel menerangkan jika kandungan sitrulin dalam semangka yang masuk kedalam tubuh beperan sebagai antioksidan, mampu melancarkan aliran darah sekaligus mampu menyehatkan tubuh serta mampu meningkatkan kemampuan ereksi pada pria. Selain itu, kandungan sitrulin juga bekerja sebagai amonia untuk menciptakan dan menjaga tingkat keasaman pada lambung sehingga asam lambung dapat dicegah.

Kandungan vitamin C yang ada dalam semangka terbukti berperan sebagai antioksidan sedangkan kandungan vitamin B kompleks yang di perlukan untuk produksi energi. Semangka mengandung tinggi kadar likopen yang salah satunya merupakan komponen karotenoid sama halnya dengan betakaroten. Likopen di percaya mampu mengatasi kanker lambung yang disebabkan karena adanya infksi bakteri. Lycopene ini sangat berguna untuk menghambat perkembangbiakan bakteri tersebut.

Semangka mengandung serat dan air yang cukup banyak yang mampu melindungi lapisan lambung dari kerusakan dan infeksi serta luka pada lambung. Mengkonsumsi buah semangka dan jus semangka akan membantu melancarkan pencernaan serta mampu melancarkan pembuangan kotoran pada ginjal karena kandungan air yang sangat tinggi didalamnya.

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Semangka kaya akan antioksidan yang mampu membantu mencegah dan mengobati penyakit kanker

Semangka menurut beberapa penelitian mampu mengobati dan mencegah penyakit jantung dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif agar mampu terhindar dari serangan segala jenis penyakit yang menyerang tubuh

Semangka mampu melancarkan aliran darah keseluruh tubuh dan mampu meningkatkan libido pria dan wanita

Semangka juga cocok untuk mereka yang ingin melakukan diet karena didalam semangka terdapat kandungan serat yang tinggi yang mampu membuat perut terasa kenyang.

Semangka mampu mendetoksifikasi racun racun yang ada didalam tubuh yang akan di keluarkan melalui urine dan keringat

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah semangka selama kehamilan akan membantu mencegah hipertensi yang berbahaya pada ibu hamil.

Semoga artikel Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Dan Penderita Maag dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang sejumlah manfaat semangka yang mungkin selama ini tidak anda ketahui.