Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Buah Semangka Bisa Berbentuk Kotak?

 Buah semangka kotak

Duniahobiku.com - Bagaimana Buah Semangka Bisa Berbentuk Kotak? Mungkin itu pertanyaan anda saat meilhat buah yang unik ini. Jika umumnya semangka yang kita jumpai ditanah air berbentuk bulat lonjong maka semangka yang pertama kali populer dinegeri sakura malah berbentuk kotak . Penasaran ingin tahu cara membuatnya menjadi kotak? Baca terus artikel ini untuk menghilangkan rasa penasaran anda. 

Buah semangka kotak kapan pertama kali muncul?

Menurut British Broadcasting Corporation atau akrab disingkat dengan sebutan BBC semangka kotak atau persegi pertama kali ditemukan oleh petani Jepang pada tahun 1980 yang bermukim di Shikoku, Zentsuji, Kagawa. Bentuknya yang unik seringkali dijadikan hiasan atau hadiah kepada keluarga, rekan kerja ataupun kerabat dekat. Penemuan semangka berbentuk kotak mendorong bentuk-bentuk lain dari semangka seperti piramida, hati, dan bentuk unik lainnya.

Buah semangka kotak merupakan buah semangka yang tumbuh berbentuk kubus. Umumnya ini ditujukan untuk efisiensi ruangan yang ada di dalam lemari es. Semangka kotak ini awalnya tumbuh populer di Jepang, namun sekarang ini banyak negara yang tertarik dengan buah ini juga, bahkan orang Indonesia yang sudah membudidayakannya juga.

Buah semangka kotak kapan pertama kali muncul

Cara Membuat Semangka Kotak

Tak perduli bagaimanapun bentuk dari semangka, yang penting adalah rasanya. Semangka ini pada dasarnya sama dengan semangka pada umumnya. Bagaimana sih sebenarnya semangka kotak ini terbentuk? Proses pembuatan semangka ini sebanarnya tidak rumit loh, prosesnya hanya ditunjang oleh sebuah kotak khusus yang digunakan untuk mengubah bentuk asli semangka yang tadinya bulat menjadi kotak. Kotak itulah yang “memaksa” semangka tumbuh dengan bentuk bulat menyesuaikan panjang dan lebar wadah yang ada. Dengan begitu  maka semangka akan tumbuh mengikuti wadahnya. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk menghasilkan semangka dengan bentuk unik ini karena harus memasukkan setiap buah kedalam cetakan semangka kotak atau cetakan bentuk lainnya.

Cara Membuat Semangka Kotak

Harga Semangka Kotak

Jika di Indonesia kita dapat memperoleh semangka mulai dari 15 - 50 ribu Rupiah /buah tergantung lokasi dimana anda berada maka diJepang anda akan terkejut mendengar harganya. Harga semangka normal di Jepang dijual di kisaran harga 2000 – 4000 Yen (sekitar 260 -520 ribu Rupiah) tergantung kualitas semangka dan ukurannya. Bandingkan jika bentuknya menjadi persegi atau kotak, maka harganya akan berlipat menjadi 5 kali lipat bahkan lebih dari harga normal atau sekitar 10.000 Yen (sekitar 1,3 juta Rupiah) / buah. Bahkan untuk bentuk lain yang lebih unik seperti bentuk segitiga harga malah lebih tinggi sekitar 30.000 – 100.000 Yen (sekitar 4,2 juta – 13 juta juta) sedangkan semangka berbentuk hati dibanderol sedikit lebih murah sekitar 15000 Yen, hampir mendekati 2 juta Rupiah. Jadi beruntunglah anda menjadi warga negara Indonesia karena dengan harga segitu anda bisa makan berpuluh-puluh semangka. Di Indonesia sendiri semangka berbentuk kotak sudah bisa dibudidayakan dan harganya jauh lebih murah dari negeri sakura, untuk lebih jelasnya bisa lihat di toko online.

Semoga artikel Bagaimana Buah Semangka Bisa Berbentuk Kotak? bisa bermanfaat buat anda dan mungkin saja anda tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah? Selamat mencoba!