Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Barang Antik Kuno Langka Incaran Para Kolektor

 9 Barang Antik Kuno Langka Incaran Para Kolektor

Apa sih yang membuat barang antik kuno langka menjadi incaran para kolektor? Barang antik ini bahkan membuat beberapa orang geleng-geleng kepala saat mendengar salah satu barang antik tersebut dijual dengan harga sangat fantastis dan diluar nalar. Penasaran ingin tahu apa saja yang termasuk kategori barang antik, siapa tahu ternyata anda selama ini menyimpannya dirumah namun tidak anda sadari.

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenal berbagai jenis barang antik ada baiknya kita  mengerti dulu apa yang dimaksud dengan barang antik agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jangan sampai artefak pun anda sangka barang antik.

Barang antik berasal dari bahasa latin “antiquus” yang dapat diartikan “tua” tapi bukan semua yang tua berarti barang antik. Jangan sampai setiap orang tua anda sebut barang antik (maaf ya :D ). Orang tua kita tidak ternilai bahkan jika ditukar dengan seluruh barang antik didunia.  Benda-benda yang bisa masuk dalam kategori antik bisa berupa keramik, elektronik jaman dulu, lukisan, buku kuno,  dll.

Barang-barang antik ini biasanya bernilai sangat tinggi dan biasanya dilakukan lelang untuk mencari pemiliki barunya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi suatu nilai dari barang antik seperti sejarah, kelangkaan barang, gengsi, kecintaan akan benda-benda antik dan berbagai hal lainnya. Berikut beberapa barang antik kuno langka yang telah dirangkum www.duniahobiku.com untuk anda:

Lukisan Antik

Lukisan merupakan salah satu barang antik dari jaman dulu yang banyak dicari para kolektor bahkan beberapa lukisan antik tersebut terjual hingga ratusan milliard bahkan ada yang mencapai 1,3 trilliun. Anda pasti tidak habis pikir ada yang rela menghabiskan begitu banyaknya uang untuk memperoleh lukisan tersebut.

Lukisan Antik
Salvator Mundi

Pada umumnya lukisan berharga mahal tersebut dilukis oleh pelukis terkenal di dunia yang sudah meninggal. Hal tersebut menjadi salah satu sebab mengapa lukisan tersebut berharga fantastis karena tidak mungkin ada duanya dari orang yang sama kecuali dalam bentuk replika. Lukisan karya-karya Leonardo Da Vinci menjadi contoh lukisan antik berharga luar biasa dan di Indonesia sendiri kita memiliki pelukis terkenal Basoeki Abdullah yang cukup diburu oleh para kolektor dan beliau juga telah lama tiada.

Ingin Tahu Lukisan termahal di dunia baca disini 

Guci Antik

Indonesia merupakan salah satu pusat perdagangan dimasa lampau terutama hubungan dagang antara Indonesia dan China. Salah satu barang yang kerap ditemukan di Indonesia yaitu guci antik  yang berasal dari China. 

Guci Antik

Barang antik dinasti Qing yang sangat terkenal yaitu sebuah guci peninggalan kaisar Qianlong setinggi 40 cm yang ditemukan di London berharga lebih dari 600 milliar yang terjual dalam sebuah lelang.

Perangko kuno

Benda kecil ini dulunya wajib ditempelkan pada surat yang akan dikirim melalui kantor pos, perkembangan teknologi membuat benda ini hampir tidak pernah digunakan lagi. Namun siapa sangka dibalik ukurannya yang kecil ternyata  bernilai luar biasa bahkan beberapa perangko kuno dapat berharga puluhan hingga ratusan milliar. Anda pun mungkin saja memilikinya. Jika suatu saat anda membersihkan rumah atau lemari dan menemukan surat lama jangan langsung dibuang atau dibakar. Siapa tahu disurat itu tertempel perangko kuno yang dapat membuat anda kaya raya.

Perangko kuno

Gramofon

Bagi anda penggemar musik yang kini sudah berumur 60-80 tahun tentu pernah melihat benda yang bernama Gramofon. Kalau generasi sekarang mah paling bisa melihatnya lewat foto atau di museum. Gramofon merupakan sebuah alat untuk memutar musik pada era 80-an yang menggunakan piringan hitam sebagai alat untuk menyimpan berbagai lagu.

Gramofon

Benda ini banyak dicari para kolektor selain untuk nostalgia juga memiliki bentuk artistik yang dapat menambah estetika rumah anda apalagi café-café yang mengusung tema jaman doeloe tentunya memakai gramofon sebagai salah satu daya tarik café miliknya. Gramofon yang masih dalam kondisi baik dan dapat berfungsi layaknya gramofon baru memiliki harga hingga puluhan juta rupiah.

Uang Kuno

Uang kuno biasanya terdiri atas dua jenis yaitu uang berbentuk koin dan berbentuk kertas. Setiap negara memiliki bentuk uang koin dan kertas yang berbeda-beda baik desain, ukuran, bahan dan warnanya. Jika pemerintah mengeluarkan uang keluaran baru umumnya uang-uang lama sudah tidak dapat digunakan, bahkan diantaranya sudah tidak memiliki nilai yang setara dengan uang zaman sekarang. Contohnya uang 100 koin anda sudah tidak bisa anda belanjakan dizaman sekarang dan nilainya sudah sangat tergerus dibandingkan pada masanya.

Uang Kuno

Tapi meskipun sudah tidak bisa anda belanjakan beberapa jenis uang kuno bahkan memiliki nilai yang bisa berlipat ribuan kali dibandingkan nilai yang tertera pada uang tersebut. Contohnya uang kertas nominal 5000 tahun 1958 kini dijual secara online dengan harga 2 juta rupiah bahkan uang kertas Soekarno yang bisa menggulung sendiri bisa dihargai puluhan juta rupiah. Bukan cuma uang dari negara kita yang dihargai tinggi uang kertas zaman Belanda dan negara-negara lain juga banyak dicari kolektor.

Mobil Antik

Jika dilihat dari segi kecanggihan dan fasilitas jelas mobil-mobil yang yang ada zaman sekarang memiliki keunggulan dibandingkan mobil  jadul. Tapi soal harga tunggu dulu…banyak mobil antik memiliki nilai jual bahkan melebihi harga mobil keluaran terbaru. Ada banyak kalangan yang menyukai memakai  mobil antik dibandingkan mobil zaman modern.

Mobil Antik
Ferrari 250 GTO

Model yang klasik membuatnya tampil begitu menarik apalagi mobil antik tidak akan mengenal ketinggalan zaman karena semakin berumur maka nilainya akan semakin berharga apalagi mobil antik anda dirawat dengan telaten dan masih orisinil seperti aslinya. Dijamin para kolektor akan mengejar anda untuk menukarnya dengan limit yang menggoda.

Senjata Tradisional

Negeri Indonesia merupakan negeri para pejuang yang menyimpan banyak sejarah melawan peperangan oleh penjajah. Senjata-senjata tradisional yang sering kita lihat terselip dipinggang para penjuang kemerdekaan merupakan senjata khas yang dimiliki oleh suku-suku di Indonesia. Kita dapat menemukan berbagai senjata khas legendaris seperti keris, mandau, badik, parang , kujang, dan masih banyak senjata unik lainnya.

Senjata Tradisional

Ada banyak kolektor yang menyukai senjata tajam terutama yang memiliki nilai sejarah dan memiliki “bobot” khusus pada senjata tersebut. Keunikan dari senjata tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga terkadang para pemiliknya enggan melepaskannya walaupun ditawar dengan harga tinggi (dimaharkan) kecuali dalam kondisi tertentu.

Buku dan Komik Jadul

Jika anda memiliki buku dan komik jaman dulu jangan buru-buru ditimbang atau dibuang. Siapa tahu diantaranya ada edisi terbatas yang bernilai tinggi. Salah satu buku termahal karya Leonardo Da Vinci bernama Codex Leceister dibeli salah satu orang terkaya dunia pemilik microsft, Bill Gates seharga 442 milliar ditahun 1992. Beberapa seri komik jadul keluaran Marvell, DC, Adventure of Tintin kini banyak dicari para kolektor dan mungkin saja anda masih memilikinya dilemari anda.

Buku dan Komik Jadul

Sepeda Antik

Kegiatan bersepeda saat ini banyak digandrungi berbagai kalangan masyarakat, ada banyak desain dan warna unik yang bisa anda dapatkan ditoko sepeda. Namun meskipun sepeda baru terus bermunculan tetapi sepeda antik dari zaman dahulu tetap memiliki penggemar tersendiri. Salah satu sepeda yang dicari adalah sepeda onthel . Komunitas sepeda onthel bahkan tumbuh diberbagai kota berbaur dengan komunitas sepeda modern. Harga sepeda onthel dengan tahun tertentu bisa berharga jutaan hingga puluhan juta tergantung kualitas sepeda.

Sepeda Antik

Semoga artikel “9 Barang Antik Kuno Langka Incaran Para Kolektor” membuat anda mengenali berbagai jenis barang antik yang memiliki nilai tinggi. Jika umumnya barang modern memiliki nilai yang makin turun jika usianya bertambah hal sebaliknya terjadi pada barang antik semakin tua umurnya maka nilainya semakin berharga.