Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Lukisan Termahal Di Dunia Berharga Fantastis

 9 lukisan termahal di dunia berharga fantastis

          Melukis merupakan salah satu hobi yang penuh dengan imajinasi. Seni lukis sendiri telah ada sejak ribuan tahun lalu, kita dapat menemukan lukisan-lukisan purba yang terdapat didinding-dinding goa dan berbagai artefak yang terdapat di berbagai belahan bumi. Medium yang digunakan untuk melukis berbeda dibanding zaman dahulu, jika dulunya tinta dan sarana melukis terbatas tetapi saat ini semuanya telah tersedia dengan bentuk yang beraneka ragam. Kira-kira menurut anda berapa nilai sebuah lukisan yang dikategorikan “termahal” didunia? Temukan jawabannya didalam artikel ini dan pasti anda akan tercengang dengan harganya yang sangat fantastis.

      Ada banyak jenis-jenis lukisan dan aliran seni lukis di seluruh dunia, baik yang berbentuk sederhana, pemandangan alam, hewan, dan macam-macam bentuk lainnya. Hasil karya lukis hanya dapat dinikmati oleh orang-orang yang memiliki nilai dan rasa dalam hal seni. Untuk sebagian kalangan melukis tidak berbeda dengan hasil sebuah foto atau gambar, tapi bagi pencinta karya seni ada nilai yang sukar diungkapkan lewat kata-kata dan hanya bisa dirasakan oleh mata dan hati. Bahkan nilai tersebut tidak dapat diukur dengan sesuatu bernama uang. Para kolektor seni bahkan berani membayar dengan harga yang sangat fantastis untuk sebuah lukisan. Berikut beberapa jenis Lukisan Termahal Di Dunia berharga Fantastis :

1.    Salvator Mundi

Leonardo Da Vinci  adalah salah satu pelukis fenomenal yang lahir 15 April 1452, Italia dan menghasilkan beberapa lukisan yang sangat terkenal salah satunya adalah Salvator Mundi selain lukisan Monalisa yang legendaris. Salvator Mundi artinya Juru Selamat Dunia. Lukisan ini memang menggambarkan Yesus Kristus sedang memegang bola kristal ditangan kirinya. Pesan gambar Salvator Mundi yang terdapat pada bola kristal sampai sekarang masih menjadi misteri.

Gambar salvator mundi
Gambar Salvator Mundi

Salvator Mundi merupakan lukisan termahal didunia saat ini, pada saat di lelang lukisan ini terjual dengan harga US$ 450,3 juta atau sekitar 6,3 trilliun. Harga lukisan ini setara dengan 23 unit mobil termahal didunia milik Bugatti La Voituree Noire yang dibanderol sekitar 270 milliar/unit. Bahkan lukisan ini lebih mahal dari pesawat pribadi Boeing 757 milik Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Trump Force One) seharga 4,7 trilliun. Lukisan ini berada di Museum Louvre dan dimiliki oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

2.    Interchange

Lukisan ini merupakan hasil lukisan Willem De Kooning, pelukis yang berasal dari Belanda. Lukisan yang dibuat pada tahun 1955 ini terjual pada lelang di Art Institute of Chicago sehargaUS$ 300 juta  atau sekitar 4,2 trilliun. Salah satu ciri khas dari lukisan karya Willem De Kooning adalah bentuknya yang abstrak.

Gambar interchange wille de konning
Gambar Interchange willem De Konning

Lukisan ini termasuk lukisan termahal di dunia tapi masih dibawah Salvator Mundi. Interchange saat ini dimiliki seorang milliarder bernama Kenneth C.Griffin dan menjadi koleksi pribadi, Tapi syukurlah beliau berbaik hati meminjamkan koleksi pribadinya sehingga dapat kita saksikan di Intitut Seni Chicago.

3.    The Card Players

Ukuran lukisan The Card Players tidak seberapa hanya sekitar 58 cm x 48 cm tapi harganya luar biasa sekitar 3,8 trilliun rupiah atau US$ 274 juta. Lukisan ini merupakan hasil karya seorang pelukis Perancis bernama Paul Cezanne yang dibuat sekitar tahun 1890.

gambar the card palyers
Gambar The Card Players

          Keluarga kerajaan Qatar merupakan pemilik dari lukisan The Card Players setelah membelinya pada tahun 2011 yang lalu. Lukisan ini sangat sederhana hanya menampilkan 2 orang yang tengah bermain kartu. Walaupun sederhana harga lukisan ini membuat banyak orang geleng-geleng kepala mendengar nilai lukisan tersebut. Genre lukisan The Card Players adalah lukisan sejarah yang dibuat dengan media cat minyak.

4.    Nafea Faa Ipoipo

Nafea Faa Ipoipo berasal dari bahasa Tahiti yang artinya Kapan kamu  menikah? Lukisan ini juga dikenal dengan when will you marry?. Makna lukisan when will you marry? Menceritakan dua wanita Tahiti yang bertanya kepada temannya kapan kamu menikah? Nafea Faa Ipoipo dilukis oleh seorang seniman bernama Paul Gauguin pada tahun 1892. 

gambar Nafea faa ipoipo
Gambar Nafea faa ipoipo

          Lukisan Gauguin ini dibeli pada tahun 2015 oleh Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani dengan harga spektakuler US$ 210 juta atau sekitar 2,9 trilliun rupiah. Lukisan ini awalnya berada di Kunstmuseum di Basel, Swiss dan dimiliki oleh Rudolf Staecheelin.

5.    Paul Jackson Pollock – Number 17A

Number 17 A merupakan salah satu lukisan abstrak Jackson Pollock yang terjual dengan harga fantastis .Lukisan karya Jackson Pollock ini terjual dengan harga US$ 200 juta  atau sekitar 2,8 Trilliun rupiah. Paul Jackson Pollock merupakan pelukis yang berasal dari Amerika serikat yang memiliki gaya abstrak dalam melukis.

gambar 17 A jackson pollock
Gambar Number 17 A jackson Pollock

          Walaupun awalnya lukisan abstrak karya Jackson Pollock kurang diterima baik oleh banyak kalangan tapi seiring waktu karya-karyanya mulai mendapat perhatian dikalangan kolektor dunia. Sayangnya Jackson Pollock meninggal dunia pada tanggal 11 Agustus 1956 diusia 44 tahun akibat kecelakaan mobil. Jackson Pollock diduga mabuk berat saat kecelakaan tersebut dan mengemudi seorang diri.

6.    Mark Rothko – No.6 (Violet, Green, and Red)

Jika ada pelukis yang mencampur beberapa warna lalu menuangkannya dalam kanvas dan berubah menjadi uang trilliunan, Mark Rotkho adalah salah satu pelukis tersebut. Coba anda bayangkan hanya dengan 3 warna dalam kanvasnya lukisan tersebut terjual dengan harga $ 186 juta atau sekitar 2,6 trilliun rupiah. Woow..sungguh harga fantastis. Lukisan tersebut diberi nama No.6 ( Violet, Green, and Red).

gambar No 6 (violet, green, and red)
Gambar No 6 Mark Rothko

Mark Rothko merupakan pelukis keturunan Yahudi Rusia yang bermukim di Amerika. Lukisan No.6 dibuat pada tahun 1951 dan terdiri dari 3 warna yang tidak merata dan kabur. Lukisannya banyak dibeli para kolektor kelas dunia seperti Duncan Philips dan keluarga Rockfeller (salah satu keluarga paling kaya didunia). Namun sangat disayangkan akhir hidupnya berakhir tragis dengan membunuh dirinya sendiri, tidak semanis hasil karya lukisannya. Masalah pernikahan dan kesehatan diduga menjadi penyebab Mark Rothko mengakhiri hidupnya. Namun karya-karyanya masih dapat kita lihat hingga kini.

7.     Rembrant Van Rijn -Pendant Portraits of Maerteen Soolmans and Oopjen Coppit

Lukisan karya seniman bernama Rembrant Van Rijn ini merupakan lukisan pernikahan Maeeteen Solmans dan Oopjen Coppit yang dibuat pada tahun 1634. Siapa sangka lukisan ini bisa terjual seharga $ 180 juta atau sekitar 2,52 trilliun rupiah. Lukisan ini awalnya dimiliki keluarga Rothschild namum dibeli oleh Louvre Museum dan the Rijksmuseum. Lukisan ini memiliki dimensi 209,5 cm x 135,5 cm . 

gambar Rembrant
Gambar Rembrant Van Rijn

8.    Pablo Picasso - Les Femmes d’Alger (“O’ Version)

Lukisan Les Femmes d’Alger dibuat oleh seorang seniman asal Spanyol bernama Pablo Picasso  pada tahun 1955. Lukisan ini dilelang oleh Balai Lelang Christie’s yang berlokasi di New York dengan harga yang cukup fantastis US$ 179,3 juta atau sekitar 2,5 tilliun rupiah.

gambar les femmes de alger
Gambar Les Femmes d"Alger

          Lukisan karya Pablo Picasso ini dilelang oleh Balai Lelang Christie’s New York  hanya lewat online dan berlangsung cuma sekitar 11 menit dan menghasilkan kesepakatan di angka US$ 179,3 juta.

9.    Leonardo Da Vinci - Monalisa

Lukisan karya Leonardo Da Vinci ini merupakan salah satu lukisan paling terkenal dan paling fenomenal sepanjang sejarah. Misteri tentang lukisan Monalisa masih terus diperbincangkan oleh para ahli hingga kini. Lukisan Monalisa saat ini berada di Musee’ du Louvre Paris. Lukisan diperkirakan dibuat pada tahun 1503-1517.

gambar monalisa
Gambar Monalisa

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat beberapa pihak mengusulkan kepada pemerintah Perancis untuk melelang lukisan Monalisa untuk membantu mengatasi perekonomian negara. Jika hal ini terjadi maka lukisan Monalisa pastilah memegang predikat lukisan termahal di dunia sebab rumor yang beredar lukisan ini ditaksir bernilai sekitar 725-808 trilliun rupiah. Sepertinya jika lukisan ini terjual maka akan sulit ditemukan harga yang melebihi lukisan Monalisa. Tertarik membelinya jika dilelang ?

9 lukisan termahal di dunia berharga fantastis akan membuka perspektif kita bagaimana hasil karya bernama lukisan dapat memiliki harga yang akan membuat orang awam berpikir ribuan kali untuk memilikinya bahkan untuk membayangkannya terasa sulit. So… buat para pemilik bakat melukis jangan pernah menyerah dan menyia-nyiakan bakat anda sebab kita tidak dapat menebak apa yang akan terjadi dikemudian hari.