Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Pulau Samalona Makassar Yang Menawan

 pulau samalona

Duniahobiku.com -  Pulau Samalona Makassar atau Samalona Island merupakan sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari Kota Makassar.  Pulau ini hanya berjarak sekitar setengah jam dari Benteng Rotterdam.  Meskipun luasnya tidak seberapa tetapi pulau ini menawarkan keindahan laut yang tidak kalah menarik. Pasir pantai yang halus  dan pemandangan bawah laut yang jernih membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun Mancanegara.  Indahnya pulau samalona bahkan tertuang dalam lagu dengan musik reggae yang dinyanyikan oleh Alm. Imanez.

Kota Makassar yang dijuluki kota Daeng menawarkan banyak wisata pantai yang letaknya tidak jauh dari kota. Sebut saja Pantai Akkarena, wisata pantai Barombong, Pulau Lae-lae, pulau Khayangan, Pulau Kodingareng keke, Pulau samalona dan masih banyak pulau lain yang memiliki daya tarik tersendiri. Saat berkunjung ke Samalona kita juga dapat menemukan berbagai kapal karam milik jepang yang kini dijadikan rumah bagi biota laut serta menikmati keindahan lautnya.

keindahan laut pulau samalona
keindahan laut pulau samalona

Pulau Samalona termasuk dalam gugusan kepulauan Spermonde (Spermonde Shief) yang terletak pada wilayah selatan Selat Makasar. konon pulau samalona dulunya kerap dijadikan sebagi lokasi berlibur esklusif bagi para pejabat Belanda. Namun saat ini pulau tersebut hanya dihuni oleh setidaknya sekitar 16 Kepala Keluarga dengan total jumlah penduduk sekitar 79 orang.  total luas awal pulau samalona  sekitar 6.7 hektare, namun karena abrasi luas pulau ini semakin menyusut dan hanya tersisa sekitar 2,3 hektare. bahkan menurut beberapa pakar kelautan pulau ini pada 2020 diprediksi dapat hilang tenggelam dikarenakan abrasi pantai yang terjadi dikawasan ini. Untunglah kejadian tersebut belum terjadi sehingga kita masih bisa menikmati keindahan pulau ini.

Daya tarik utama pulau samalona adalah  hamparan pasir pantai putih nan halus serta keindahan alam bawah lautnya. Bagi para penggemar diving atau snorkeling sungguh sangat disayangkan jika anda tidak berkunjung ke pulau ini.  

pasir putih pulau samalona
pasir putih pulau samalona

Lokasi Pulau Samalona terletak di sebelah barat Kecamatan Wajo.  bagi anda yang ingin berkunjung ke pulau samalona dapat mengikuri rute dibawah ini.  Bagi kamu yang berdomisili diluar Makassar atau Pulau Sulawesi dapat terbang menuju Bandara Sultan Hasanuddin, Ujung Pandang, Makassar kemudian mengitu rute jalan sebagai berikut,

*Dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju pusat Kota Makassar

Setibanya kamu di Bandara Sultan Hasanuddin, kamu dapat langsung menuju kota Makassar dengan menggunakan beberapa mode transportasi umum seperti mobil carter/travel, taxi, Shuttle Bus Bandara (Gratis hingga gerbang utama bandara) lalu kemudian dapat menggunakan ojek motor atau bisa juga dengan Bus Damri Bandara yang mengantarkan hingga Kota Makassar dengan biaya sekitar Rp. 15.000/orang.

Dari Kota Makassar menuju Benteng Fort Rotterdam

Setibanya kamu di Kota Makassar, kamu dapat menuju lokasi Benteng Rotterdam dengan menggunakan mode transportasi umum (pete-pete) ,  menyewa kendaraan, atau menggunakan jasa kendaraan online seperti grab, maxim,dll.

Bila kamu menggunakan opsi kedua, kamu dapat mengarahkan kendaraan ke arah Benteng Rotterdam. Gunakan panduan MAP untuk mempermudah mencapai lokasi.

Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam

Setibanya kamu di lokasi benteng, kamu dapat memilih dua opsi penyeberangan ke Pulau Samalona seperti via Dermaga Popsa yang tepat terletak di depan Benteng Rotterdam atau via Dermaga Kayu Bangkoa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun bila kamu memilih menyebrang via Dermaga Pospa biasanya harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal yakni berkisar anatar Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000/kapal (tergantung tawar menawar) untuk kapasitas hingga 10 orang. Kemudian jika kamu memilih Dermaga Kayu Bangkoa untuk harga relatif lebih murah yakni sekitar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000/kapal (tergantung tawar menawar) untuk kapasitas hingga 10 orang.

Jika kamu lebih memilih opsi penyeberangan kedua, kamu dapat melanjutkan perjalanan melewati Benteng Rotterdam serta Polres Pelabuhan Makassar.  Dermaga Kayu Bangkoa terletak disebalah kanan.Dermaga ini bukanlah sebuah dermaga modern khusus wisata melainkan dermaga yang  digunakan untuk aktivitas nelayan. Setelah tawar menawar sewa kapal terjadi kesepakatan, maka mulailah kamu menyebrang lautan menuju Samalona dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.Sepanjang perjalanan kamu akan melewati beberapa pulau  terkenal lainnya yakni seperti Pulau Lae-Lae, Pulau Khayangan kemudian Pulau Samalona dan yang paling jauh adalah Pulau Kodingareng Keke. Biasanya para pemilik kapal sering menawarkan untuk wisata hopping island dengan berkunjung ketiga pulau tersebut dalam satu hari, tapi tentu saja harga yang ditawarkan pun berbeda.

dermaga kayu bangkoa
dermaga kayu bangkoa

Setelah kurang lebih 30 menit maka kita akan sampai di dermaga Pulau Samalona,Kecantikan pulau ini bahkan mulai terlihat  dari kejauhan. Uniknya pada bagian depan dermaga jika diperhatikan terdapat sebuah papan kecil tergantung diatas dermaga bertuliskan nama-nama pemilik pulau berjumlah 7 orang. Konon nama-nama tersebutlah orang-orang pertama yang tinggal menetap di Pulau Samalona yang kemudian diteruskan pada generasi selanjutnya seperti saat ini.

Dermaga Pulau Samalona

Dermaga Pulau Samalona nama pemilik pulau

pulau samalona dikenal sebagai salah satu spot snorkeling atau diving terkenal di kota Makassar. kamu dapat menyewa alat snorkeling dengan biaya sekitar Rp. 50.000/orang. Kemudian bagi anda yang ingin menyelam lebih dalam, anda bisa menyewa kapal. Disekitar perairan pulau  kamu dapat menemukan aneka karang serta terumbu serta mengunjungi lokasi bangkai kapal perang dunia ke-2 yang karam disekitar perairan ini. Jika belum puas, biasanya  para warga akan menawarkan kamu paket snorkeling dengan berkunjung ke sekitar Pulau samalona dan Pulau Kondingareng.

laut sekitar pulau samalona
laut sekitar pulau samalona

Bagi yang ingin bermalam di Pulau Samalona, Para penduduk menyiapkan beberapa penginapan yang dapat disewakan. harga yang ditawarkan biasanya sekitar Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000/malam tergantung fasilitasnya. Sebagai opsi lainnya, kamu pun dapat menyewa rumah warga yang harganya akan lebih murah. bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor, kamu pun dapat mencoba merasakan bermalam dengan camping disekitar area camping ground yang telah disediakan.   fasilitas pendukung yang tersedia di pulau ini meskipun masih terbatas tetapi cukup memadai. Berikut fasilitas yang ada di pulau samalona:

•        Minimarket

•        Rumah Makan

•        Toilet

•        Bale atau saung-saung

•        Kursi serta payung wisata

•        air bersih

fasilitas di pulau samalona
fasilitas di pulau samalona

Keindahan pulau ini bukan hanya pada siang hari saja. menjelang senja kamu pun dapat berkumpul disekitar Pantai Samalona untuk menikmati moment sunset dimana pulau ini adalah salah satu lokasi sunset terbaik di Makassar. Setelah hari mulai berganti malam, terlihat pula dari kejauhan kelap kelip kota Makassar terlihat begitu cantik. Keunikan lainnya ditempat ini kamu dapat mencoba sebbuah kuliner unik yakni berupa sajian pisang goreng namun dihidangkan dengan sebuah sambal.

kota makassar malam hari
kota makassar malam hari dari pulau

*Tips Sebelum berangkat ke pulau Samalona

Sebaiknya berangkat secara rombongan agar biaya sewa kapal dan penginapan lebih murah

Waspada pada tindak percaloan kapal disekitar Benteng Fort Roterrdam.

Secara umum harga apapun di pulau ini harganya lebih mahal, sehingga perlu dibutuhkan kemampuan kamu dalam hal tawar menawar harga.         waktu berkunjung terbaik dipulau ini adalah  dimusim panas. sebab kamu dapat menikmati sunset terbaik dan ombak yang tidak terlalu besar

Bawalah lotion anti nyamuk.

Bawalah kamera underwater.

Semoga artikel tentang Keindahan Pulau Samalona Makassar Yang Menawan dapat bermanfaat. Keindahan pulau kecil ini dapat menambah daftar wisata pantai yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke kota Makassar.