Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Kucing Menggigit

 Kucing Menggigit

Duniahobiku.com - Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan anak kucing menggigit? Tentunya yang membaca artikel ini pernah digigit anak kucing sehingga ingin mengetahui penyebab dan cara menghilangkan kebiasaan ini. Ada beberapa alasan kenapa anak kucing suka menggigit kita, baik itu tangan maupun kaki kita. Untuk lebih jelasnya simak artikel dibawah ini.

Ada banyak jenis kucing populer didunia yang memiliki tampilan menggemaskan dan menjadi “anggota keluarga” dirumah. Memiliki anak kucing tentunya akan membuat senang sang pemilik kucing dan itu artinya kucing kita akan bertambah banyak. Namun ada sesuatu yang sering dilakukan anak kucing yang sering dianggap “mengganggu” yaitu jika tiba tiba menggigit saudaranya yang lain dan bukan cuma itu, kita sebagai pemilik juga tidak luput dari gigitannya bahkan meninggalkan bekas luka. Jangan langsung menvonis dan membuang kucing anda sebab ada alasan mengapa anak kucing melakukannya.

Alasan Kenapa Anak Kucing Menggigit kita

Beberapa catlover tentunya pernah memiliki anak kucing atau kitten. Anak kucing yang berumur sekitar 2 - 5 bulan adalah waktu dimana kucing senang bermain dan sangat aktif. Biasanya, anak kucing bermain dengan saudaranya jika anda memiliki lebih dari satu anak kucing. Tetapi jika anda hanya memiliki satu ekor anak kucing, kucing itu akan mengajak pemiliknya untuk bermain. Karena pada dasarnya kucing adalah hewan yang ramah terhadap manusia, dan selalu ingin bermain. Terlebih diumur menginjak 2 - 5 bulan.

Tapi, pada saaat bermain pasti banyak catlover yang pernah digigit saat bermain dengan anak kucing. Ternyata kebiasaan menggigit adalah kebiasaan bawaan dari anak kucing. Mereka biasanya bermain dengan gigi mereka karena rasa keingintahuan yang tinggi dari anak kucing pada lingkungan sekitarnya. Pada saat mereka bermain dengan saudaranya, mereka pun menggunakan gigi mereka untuk bermain, seperti berpura pura berburu. Karena pada dasarnya kucing adalah hewan predator yang kelak akan menjadi pemangsa, mirip seperti halnya harimau. Namun terkadang anak kucing menggigit karena ingin menunjukkan perasaannya dan menganggap majikannya sebagai sahabat dan teman terbaik untuk bermain. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui karakter dari hewan yang kita pelihara. Namun tenang saja ada kok caranya menghilangkan kebiasaan tersebut.

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan Anak Kucing Untuk Tidak menggigit :

1.      Bermain dengan baik

Perlakukan anak kucing dengan sangat lembut, agar anak kucing tahu bahwa manusia yang ada disekitarnya bukanlah sebuah ancaman bagi dirinya. Dan tempatkan diri Anda sebagai sahabat untuk anak kucing. Saat bermain perlakukan anak kucing dengan lembut. Kucing yang hidup seorang diri akan berbeda dengan kucing yang memiliki saudara yang bisa diajak bermain. Itulah salah satu alasan mengapa anak kucing kadang menggigit anggota bagian tubuh sang pemilik seperti tangan dan kaki, mungkin itu salah satu respon untuk mengajak kita bermain.

2.      Gunakan Mainan Kucing

Penggunaan mainan kucing sangatlah penting. Gunakan mainan yang lembut dan tidak tajam untuk bermain dengan anak kucing. Anak kucing yang sedang mengalami pertumbuhan gigi cenderung ingin menjajal kekuatan giginya dengan menggigit apapaun yang disodorkan atau yang berada disekitar lingkungannya. Jika seandainya anda pernah digigit saat bermain dengan anak kucing, anda dapat menggunakan mainan sebagai alat pengalihan dari nalurinya. Memang pada dasarnya sifat menggigit dari kucing tidak bisa hilang sepenuhnya. Tapi, dengan menggunakan mainan, saat naluri kucing muncul untuk menggigit, maka anak kucing akan mengigit mainanya.

3.      Katakan “TIDAK”

Pada saat anda bermain dengan anak kucing, anda dapat merubah kebiasaannya menggigit secara perlahan dengan perilaku anda kepada mereka. Walaupun gigitan anak kucing saat bermain tidaklah sesakit jika digigit kucing yang marah.  Katakan “tidak boleh” dan pasanglah muka sedikit marah saat anak kucing mulai mengigit tangan anda. Anak kucing akan mengetahui bahwa pemiliknya tidak suka jika dia menggigitnya, ini akan menekan naluri memburunya. Walaupun membutuhkan waktu yang tidak singkat, dengan cara melatih mental anak kucing, maka nantinya akan terbentuk mental yang baik terhadap pemilik dan lingkungan sekitarnya.

Semua karakter kucing akan bergantung terhadap peranan pemilik kucing. Jika pemilik kucing memperlakukan dengan sangat baik, maka kucing pun akan baik terhadap lingkungannya. Kucing memiliki rahasia yang mungkin belum banyak diketahui orang

Semoga 3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Anak Kucing Menggigit dapat berguna buat anda. Setiap kucing memiliki karkaternya masing masing maka semakin kita mengenalinya maka kita akan semakin sayang dan kita akan terhindar dari kebiasaan anak kucing yang suka menggigit. Selamat Mencoba!