Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Unik Tentang Kucing Yang Jarang Diketahui

 10 Fakta Unik Tentang Kucing Yang Jarang Diketahui

10 Fakta Unik Tentang Kucing Yang Jarang Diketahui – Kucing merupakan salah satu hewan paling populer bersama dengan anjing yang dipelihara manusia diseluruh dunia.  Bukan cuma kucing rumah dan kucing hias yang disebut kucing, singa dan harimau pun disebut kucing besar. Tetapi artikel ini merujuk kepada kucing kecil yang sering keluar masuk dirumah anda. Sikapnya yang lucu dan bersahabat membuat banyak kalangan yang naksir berat terhadap hewan yang sering diibaratkan dalam perseteruan hingga muncul peribahasa “seperti kucing dan tikus”.

Manusia dan kucing sejatinya telah bersahabat sejak ribuan tahun lalu, menurut para peneliti persahabatan ini telah berlangsung sekitar 5000-6000 tahun yang lalu yang dimulai di Timur Tengah. Kepiawaiannya menangkap burung, ikan dan juga tikus membuatnya menarik minat orang-orang untuk didomestikasi (dijinakkan). Lain dulu lain sekarang, kucing telah naik derajat bukan cuma untuk berburu melainkan menjadi bagian dari keluarga para cat lovers karena bentuknya yang cantik, lucu, imut dan menggemaskan. Namun ternyata ada banyak fakta kucing yang jarang diketahui bahkan oleh para cat lovers sekalipun. Berikut  fakta unik kucing yang jarang diketahui oleh banyak orang :

1. Pola di hidung kucing unik.

Mungkin sebagian menganggap bahwa hidung kucing hanya sebagai alat untuk mengendus makanan. Tetapi ternyata kucing juga memiliki karakter sama seperti 'finger-print' atau sidik jari pada manusia, pola benjolan di hidung kucing Anda berbeda dengan yang dari kucing lain. Mungkin 'nose-print' dapat digunakan sebagai bentuk identifikasi kucing di masa depan.

2. Kucing tidur Lebih Panjang.

Ini berarti bahwa pada saat kucing Anda berusia sembilan tahun, ia telah tertidur selama enam tahun selama hidupnya! Kucing membutuhkan lebih banyak tidur untuk mengisi ulang baterai mereka untuk berburu,  anak kucing dan kucing tua perlu tidur tambahan. Lama tidur kucing bisa mencapai 12-14 jam sehari bahkan ada yang mencapai 20 jam dalam satu hari.

3. Kucing mungkin telah menurunkan suara mereka untuk berbicara dengan manusia.

Beberapa peneliti percaya bahwa kucing telah berevolusi, mereka telah menurunkan nada suara mereka untuk berkomunikasi dengan manusia, karena jangkauan vokal alami kucing akan terlalu tinggi bagi manusia untuk mendengar.

4. Kucing Buta Warna

Walaupun kucing memiliki mata yang tajam dan mampu melihat dalam kegelapan ternyata fakta menunjukkan bahwa sebenarnya kucing buta warna. Kucing hanya mampu melihat warna merah dan hijau, jadi mirip dengan ketidakmampuan manusia dalam mengenali warna dengan baik.

5. jangkauan pendengaran kucing Anda jauh lebih baik dari Anda.

Kucing dapat mendengar suara setinggi 64 kHz, sedangkan kita hanya bisa mendengar setinggi 20 kHz. Legenda mengatakan bahwa di kedutaan besar Belanda di Rusia, kucing pernah membantu staf untuk menggungkap mikrofon tersembunyi di dinding oleh mata-mata Rusia. Kucing bisa mendengar mikrofon ketika mereka dihidupkan, dan mulai mencakar dan mengeong di dinding!

6. kucing betina biasanya mengais-ngais dengan kaki kanan, dan kucing jantan mengais-ngais dengan kaki kiri.

Terkadang kita melihat kucing sedang mengais-ngais pasir pada saat sedang “pup“ ternyata cakar kaki yang mereka gunakan ditentukan oleh jenis kelamin mereka mereka, meskipun para ilmuwan belum menemukan jawaban yang pasti mengapa hal itu terjadi. Ilmuwan saja bingung apalagi kita yang awam?   .

7. kucing Anda dapat minum air laut.

Mungkin kita pernah melihat film dimana sekelompok orang terdampar ditengah laut, dan mengalami dehidrasi karena kekurangan air. Mungkin bagi sebagian yang belum paham berpikir mengapa tidak minum air laut disekeliling yang jumlahnya cukup diminum seisi dunia apalagi cuma untuk segelintir orang. Meminum air laut bagi manusia yang sedang kehausan bukannya menolong bahkan bisa membuat tubuh akan semakin dehidrasi dan membahayakan jiwa. Tetapi hal itu berbeda dengan kucing . Ginjal kucing ternyata mampu menyaring garam dari air laut, Tetapi anda tidak perlu melakukan eksperimen kepada kucing anda selama air bersih masih ada,.

8. Kucing menemukan jalan pulang dengan 'psi-travelling'.

Kedengarannya seperti kekuatan super, psi-travelling adalah sebutan untuk cara kucing menavigasi perjalanan pulang melintasi jarak yang jauh. Beberapa ahli berpikir kucing menggunakan sudut sinar matahari untuk menemukan jalan mereka kembali, sementara yang lain berpikir bahwa mereka memiliki sel magnetis di otak mereka yang bekerja sebagai kompas. Hebat bukan?

9. Kucing bisa membuat seperti parasut untuk mendarat dengan aman dari ketinggian yang jauh.

Ketika kucing jatuh dari tempat tinggi, mereka menempatkan tubuh mereka ke posisi parasut untuk memperlambat kejatuhan mereka. Rasa peka mereka terhadap keseimbangan membantu mereka untuk tetap tegak. Mungkin hal ini yang menyebabkan sebagian kalangan berpendapat bahwa kucing memiliki 9 nyawa.

10. Kucing tidak bisa merasakan gula.

Tidak seperti anjing, kucing tidak dapat merasakan manisnya gula. Sayang sekali, kucing Anda tidak akan pernah merasakan rasa manis. Malah sebaliknya menurut para peneliti ternyata kucing lebih sensitif terhadap rasa pahit dibandingkan rasa manis. Mungkin sebagian cat lovers permah memberikan kue atau donat yang bertaburan gula kepada kucing tercinta tanpa mengetahui ternyata kucing tidak bisa menikmati rasa manis tersebut.

Itulah 10 fakta unik kucing yang jarang diketahui, semoga menambah pengetahuan buat anda para cat lovers tentang kucing kesayangan anda dirumah.