Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Jamur Pada Anak Kucing Sebelum Tambah Parah

Mencegah Jamur Pada Anak Kucing Sebelum Tambah Parah

Duniahobiku.com - Biasanya bayi kucing yang sedang menyusui kerap terdapat jamur di sekitar lingkaran mulut, lingkaran mata, ekor atau tubuhnya. Penyebabnya umumnya yaitu air susu dari induk yang berlebihan keluar, sehingga tubuh bayi kucing terutama sekitar wajah lembab karena terkena air susu. Selain itu, biasanya pemilik kucing tidak memperhatikan alas bayi kucing yang sedang menyusui.

Untuk bayi kucing yang masih berusia 3 minggu atau 4 minggu-an yang sudah terkena jamur, tidak akan bisa diberikan obat karena usianya yang masih dini. Biasanya kucing dapat diberikan obat obatan, disaat umur kucing dan berat tubuh kucing sudah cukup.

Untuk mencegah jamur anak kucing sebetulnya mudah, usahakan pemilik kucing rajin dan cermat terhadap tempat tinggal bayi kucing yang sedang menyusui.

Berikut adalah beberapa tips mencegah jamur pada anak kucing sejak dini :

Tempatkan induk dan bayi kucing, pada ruangan yang tidak lembab

Berikan alas pada induk dan anak kucing yang mudah kering seperti koran, dan gantilah alas sehari 2 kali atau langsung ganti bila sudah terlihat kotor dan basah.

Sering seringlah memeriksa tubuh kucing, bila terasa basah hendaklah langsung di lap.

Menjemur bayi kucing di pagi hari, sinar matahari yang baik untuk menjemur yaitu sekitar dari jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Namun, jangan menjemur bayi kucing dalam waktu lama cukup 5 menit karena bayi kucing bisa kepanasan. Terkecuali, menjemur induk kucing sedikitnya 30 menit. Menjemur kucing harus dengan pengawasan pemilik kucing.

Terkadang, karena begitu bahagianya memiliki bayi kucing, pemilik kucing memberikan hal hal yang terbaik untuk induk dan bayi kucing, seperti memberikan alas menyusui berupa kain yang tebal atau kasur untuk kucing. Tetapi, ketika induk kucing mengeluarkan air susu yang berlebihan dan ketika induk kucing selesai buang air kecil, air seni yang belum kering, akan menempel pada kain atau kasur yang menjadi alas untuk menyusui dan menjadikan alas itu lembab.

Alas untuk kucing yang sedang menyusui bisa memicu terjadinya  jamur pada kucing bila alas itu tidak diganti dalam waktu yang lama, bila catlover memilih memakai kain sebaiknya lebih sering diganti dengan bersih lagi, tetapi untuk yang tidak ingin kerepotan catlover bisa menggunakan koran yang langsung dibuang ketika sudah waktunya untuk mengganti alas.

Semoga artikel Mencegah Jamur pada Anak Kucing Sebelum Tambah Parah dapat bermanfaat buat anda para catlover dimanapun anda berada. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati! Sebab jika telah terjangkit jamur maka kesehatan dan tampilan kucing akan semakin menurun.