Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Aneka Tanaman Buah dalam Pot Rajin Berbuah

 12 aneka tanaman buah dalam pot

          Tanaman buah!!! Mana bisa ditanam didalam pot? Tanaman buah seharusnya ditanam langsung ditanah. Tanaman buah butuh lahan yang besar. Ada banyak pendapat dan mitos didalam masyarakat yang tidak sepenuhnya benar. Kendala lahan di perkotaan memang telah menjadi masalah klasik dalam bercocok tanam. Tapi sejak teknologi dalam budidaya pertanian semakin berkembang menanam buah dalam pot bukanlah hal yang mustahil. Kuncinya pemilihan jenis tanaman yang akan ditanam dalam pot. Jadi tanaman buah apa saja yang dapat ditanam dalam pot? Simak terus artikel duniahobiku untuk menemukan solusinya.

     Jika membandingkan hasil panen menanam buah dalam pot dengan menanam dikebun secara langsung pasti berbeda.Jika ditanam dalam pot maka media sebagai sumber hara terbatas jadi harus secara teratur diberi pupuk . Tapi setidaknya hasilnya tidak mengecewakan dan cukup untuk dikomsumsi buat sekeluarga. Kualitas buah dalam pot juga sangat baik karena lebih mudah dikontrol. Pemupukan dan perawatan secara berkala menjadi kunci utama setelah memilih jenis tanaman buah yang tepat. Berikut beberapa jenis tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot:

1.    Jeruk

Buah jeruk dengan warna orange yang menggoda memang menarik hati terlebih jika dapat dipanen dirumah sendiri, tentunya memiliki kepuasan tersendiri. Buah jeruk bukan hanya memiliki tampilan yang menggoda tapi manfaat jeruk yang telah terbukti dalam bidang kesehatan telah diakui di seluruh dunia. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat mengatasi sariawan, mempercepat proses penyembuhan, menghaluskan kulit, dan sejuta manfaat lainnya.

jeruk dalam pot
Gambar Jeruk Dalam Pot

Ada banyak jenis jeruk yang dapat anda tanam didalam pot, seperti jeruk nipis, jeruk mandarin, jeruk dekopon, jeruk bali, dll. Tanaman jeruk yang berasal dari hasil okulasi atau cangkok akan lebih cepat berbuah dibandingkan menanam dari biji. Perawatan dan pemangkasan secara teratur akan membuat jeruk yang anda tanam di pot berbuah lebat dan memiliki tampilan yang sangat cantik.

Baca Juga : 10 Jenis Jeruk dan Manfaatnya bagi kesehatan

2.    Jambu air

Jambu air merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah menghasilkan buah dan tidak tergantung musim. Pohon jambu air merupakan tanaman yang berasal dari asia tenggara yang dapat tumbuh sekitar 3-10 meter. Tetapi jika ditanam didalam pot tingginya hanya sekitar 1-3 meter. Tanaman yang tidak terlalu tinggi akan memudahkan proses panen dan pemangkasan saat membentuk tampilan pohon agar kompak.

jambu air dalam pot
Gambar Jambu air dalam Pot

Ada banyak jenis jambu air yang bisa ditanam dalam pot seperti jambu air citra, jambu air dalhari, jambu air king rose, jambu madu super. Saat ini telah tersedia beragam varietas jambu air dengan ukuran jumbo, yang tentunya pasti amat sedap sebagai bahan baku rujak.

3.    Tomat

Tomat merupakan tanaman buah yang kerap dianggap sebagai jenis sayuran. Tomat juga kerap ditanam didalam pot karena termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan berbuah. Tomat mengandung vitamin A, C, Folat dan Kalium yang sangat baik dikomsumsi secara teratur. Manfaat jus tomat pun sangat baik untuk mencegah kanker prostat pada pria.

tomat dalam pot
Gambar Tomat Dalam Pot

Tomat yang ditanam dalam pot sebaiknya diberi penyangga yang dapat terbuat dari kayu atau besi yang berguna untuk menahan buah tomat dan batang agar tidak rebah. Ada banyak jenis tomat yang bisa anda pilih, tomat granola, tomat ceri, dan tomat sayur. Anda bisa menanam dari biji yang berasal dari buah yang sudah matang ataupun bibit yang tersedia ditoko pertanian.

4.    Anggur

Anggur merupakan tanaman merambat yang memilki harga buah cukup tinggi di pasaran. Cara menanam anggur dihalaman rumah dengan di pot tidak berbeda jauh. Media tanam anggur dapat berupa tanah dan pupuk organik yang dicampur. Bibit anggur sendiri telah banyak diperjual belikan di media online dan toko bibit buah. Jika ingin menanamnya dari biji kita mesti bersabar karena harus menunggu dan merawat tanaman dari kecil jadi sebaiknya kita membeli tanaman anggur dari hasil stek.

Anggur dalam pot
Gambar Anggur Dalam Pot

Pupuk yang baik untuk tanaman anggur adalah perpaduan antara pupuk anorganik dan pupuk organik. Salah satu kunci membuahkan anggur adalah pemangkasan secara berkala. Cara memangkas pohon anggur yang baik dapat kita pelajari dari berbagai media. Baik melalui media cetak atau media online seperti blog dan Youtube.

5.    Strawberry

Buah strawberry umumnya kita jumpai didaerah puncak dan tempat-tempat wisata yang berhawa sejuk. Manfaat dan kandungan vitamin pada buah strawberry membuatnya banyak digemari masyarakat. Tanaman ini juga dikenal sebagai buah cinta dan sering menghiasi kue-kue dan menjadi sirup yang memiliki rasa dan aroma yang khas.

strawberry dalam pot
Gambar Strawberry Dalam Pot

Tanaman strawberry tidak memiliki batang yang tinggi layaknya pohon buah pada umumnya seperti jeruk, mangga, dll. Kita dapat menanamnya dipot tunggal atau secara koloni dipot panjang. Penanaman di pot bertingkat juga akan menghemat lahan dan dapat meningkatkan hasil buah dilahan yang terbatas.

6.    Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mudah kita jumpai dipasar dan toko buah. Bentuknya pun memiliki ukuran yang berbeda, ada pepaya yang memiliki bentuk lonjong dan panjang tapi ada pula yang berukuran lebih kecil contohnya pepaya California.  Manfaat pepaya sangat banyak selain daging buahnya yang memilki banyak serat, daunnya pun kerap dijadikan obat herbal untuk menambah nafsu makan dan sebagai pengempuk daging.

pepaya dalam pot
Gambar Pepaya Dalam Pot

Pepaya umumnya ditanam dari biji meskipun tanaman ini dapat dicangkok. Teknik membuahkan pepaya dalam pot semakin berkembang, kita dapat mempelajari dari media cetak dan media online seperti Youtube.  Pepaya yang dihasilkan dari teras rumah anda pasti memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan jika anda membelinya dipasar.

7.    Kiwi

Buah kiwi memiliki ukuran buah kira-kira sebesar telur ayam dengan warna hijau kecoklatan dan memiliki daging buah berwarna hijau terang.  Nama buah ini diambil dari burung kiwi yang terdapat di Selandia Baru tetapi sejatinya tanaman ini berasal dari Shaanxi, negeri tirai bambu-Tiongkok. Tanaman ini jika ditanam dalam pot dengan perawatan yang baik dapat berbuah setelah berumur sekitar 3-4 tahun.

kiwi dalam pot
Gambar Kiwi Dalam Pot

Buah kiwi banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Manfaat buah kiwi telah teruji secara klinis dapat menurunkan hipertensi. Antiperadangan, anti kanker, dan beberapa penyakit lainnya. Khasiat buah kiwi terdapat dalam daging buah yang mengandung antioksidan tinggi.

8.    Nanas

Ukuran pohon nanas yang tidak terlalu besar memungkinkan tanaman ini dapat tumbuh secara maksimal walaupun ditanam dalam pot. Untuk mendapatkan bibit nanas cukup mudah yaitu dengan cara memotong mahkota dari buah nanas yang akan kita komsumsi. Kemudian mahkota nanas yang telah dipotong lalu ditanam dalam pot lalu siram secara teratur. Tanaman yang baru dipindahkan ke pot sebaiknya ditaruh ditempat teduh.

nanas dalam pot
Gambar Nanas Dalam Pot

Kandungan buah nanas yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Mengkomsumsi nanas secara teratur dapat meningkatkan imun tubuh , menurunkan kolestrol, dan sebagai sumber kolagen. Menanam nanas dipot tentunya akan menambah ekstetika halaman anda dan anda akan mendapat bonus setelah tanaman ini berbuah.

9.    Markisa

Jika pernah mencicipi rasa buah markisa yang manis dengan sedikit rasa asam yang nikmat pasti tidak asing dengan gambar buah ini pada kemasannya. Tanaman ini cukup mudah ditumbuhkan kita dapat menyemai biji dari buah markisa atau melakukan stek pada tanaman markisa yang telah tumbuh. Ada dua jenis markisa yang umum ditemui yaitu markisa ungu dan markisa berwarna kuning.

markisa dalam pot
Gambar Markisa Dalam Pot

Tanaman markisa merupakan tanaman yang merambat dan memiliki karakteristik mirip dengan tanaman anggur. Untuk menanam kita perlu tiang rambatan agar batang tanaman tidak rebah serta mengatur arah rambatan terlihat rapi. Buah markisa yang berwarna ungu atau kuning akan terlihat sangat cantik jika berbuah dalam pot. Jika buahnya telah banyak kita dapat belajar cara mengolah buah markisa menjadi sari buah markisa.

10.   Delima

Tanaman yang diperkirakan berasal dari Iran ini memiliki tinggi sekitar 2-5 meter. Pohon delima yang memiliki bentuk daun kecil ini juga dapat dijadikan tanaman bonsai selain menjadi tanaman buah. Menanam delima dalam pot tidaklah sulit, tanaman ini dapat diperbanyak dengan berbagai cara biji, setek, tunas akar atau cangkok.

delima dalam pot
Gambar Delima Dalam Pot

Kita dapat memilih beberapa jenis buah delima untuk dijadikan bibit. Umumnya delima memiliki tiga macam jenis buah yaitu delima merah, delima putih, dan delima kuning. Tapi saat ini kita juga dapat menjumpai beberapa varietas baru berwarna ungu dan hitam. Kandungan antioksidan dalam buah delima menurut penelitian 3 X lebih banyak dibandingkan teh hijau.

11.   Melon

Budidaya melon telah banyak dilakukan oleh para petani, sehingga kita dapat dengan mudah  menemukannya diberbagai pasar dan toko buah. Harga melon yang terjangkau membuatnya banyak dijadikan campuran  es buah dan buah meja. Saat ini teknologi dibidang budidaya pertanian semakin berkembang. Masyarakat awam pun sudah dapat menanamnya didalam pot dengan mempelajari metode budidayanya.

melon dalam pot
Gambar Melon Dalam Pot

Budidaya melon sangat cocok ditanam dalam pot dengan menggunakan teknik hidroponik, salah satu teknik hidroponik yang banyak diterapkan untuk tanaman melon adalah dutch bucket.  Kita dapat menanam jenis melon sesuai keinginan kita. Bibit dapat diperoleh di toko pertanian atau dari biji buah yang kita kering anginkan.

12.   Mentimun

Mentimun termasuk tanaman buah semusim, artinya tanaman ini akan mati setelah menghasilkan buah. Tanaman yang ditanam akan mulai berbunga setelah berumur sekitar 4-5 minggu dan dapat menghasilkan sekitar 20 buah dalam satu pohon, tetapi umumnya dilakukan penyortiran bakal buah agar menghasilkan buah yang sempurna. Mentimun dapat ditanam dalam pot dengan perlakuan sama seperti menanam melon dan tanaman merambat lainnya.

mentimun dalam pot
Gambar Mentimun Dalam Pot

Manfaat mentimun dalam bidang kesehatan sangat banyak, selain dapat menjadi sayuran juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengencangkan kulit, mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan berbagai manfaat lainnya. Mentimun sendiri memiliki kandungan air yang tinggi serta vitamin A, B, dan C serta mineral, magnesium dan kalium yang sangat bermanfaat buat kesehatan anda.

12 aneka tanaman buah dalam pot akan memberikan inspirasi kepada para pembaca tentang jenis-jenis tanaman yang dapat ditanam dalam pot. Pemilihan jenis tanaman, pemupukan dan pemangkasan secara teratur akan membuat tanaman anda akan rajin memamerkan buahnya. Terakhir jangan lupa untuk menempatkan tanaman anda terkena sinar matahari langsung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat para pembaca www.Duniahobiku.com.