Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ikan hias air tawar paling mudah dipelihara di akuarium

 10 ikan hias air tawar paling mudah dipelihara di akuarium

          Hobi setiap orang berbeda-beda, ada yang senang memelihara ayam adapula yang menyukai kucing. Ada banyak jenis hewan peliharaan yang dapat anda koleksi dirumah. Ikan hias air tawar merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari. Kendala yang sering dihadapi para pemula yaitu seringnya didapati ikan yang baru dibeli beberapa hari yang awalnya terlihat sehat akhirnya mengambang diatas air, MATI !!!. Ingin memelihara ikan kembali tapi trauma. Ikan hias apa saja yang mudah dipelihara? Pertanyaan itu akhirnya dilontarkan buat sebagian pemula yang baru akan memelihara ikan hias air tawar. Simak dan temukan jawabannya didalam artikel ini.

          Salah satu kunci dari pemeliharaan ikan hias adalah kualitas air. Air merupakan komponen penting karena merupakan habitat dimana ikan akan hidup dan bertumbuh. Perawatan secara berkala dan pemberian pakan yang tepat akan membuat ikan yang anda pelihara menjadi sehat. Pemilihan jenis ikan yang tepat akan membuat ikan yang anda pelihara dapat hidup panjang. Berikut beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara menurut Duniahobiku.com :

1.     Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu rekomendasi paling tepat untuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Ikan yang memiliki labirin ini mampu mengambil oksigen langsung di udara. Kemampuan hidupnya telah terbukti sangat baik bahkan jika hanya dipelihara dibotol berukuran kecil, ikan ini tetap dapat hidup dan bertumbuh dengan baik. Beberapa peternak ikan cupang bahkan hanya menggunakan bekas botol air mineral.

ikan cupang
Gambar Ikan Cupang

Harga ikan cupang tergantung dari jenis dan warnanya, salah satu jenis ikan cupang termahal bahkan berharga sekitar 20 juta rupiah / ekor. Ada banyak jenis ikan cupang yang dapat anda koleksi dirumah dengan berbagai corak dan warna tubuh yang cantik. Sebut saja cupang Hallmoon, Serit, Plakat, dan ikan cupang avatar yang memiliki kombinasi warna yang menawan. Cara merawat ikan cupang terbilang mudah cukup memberinya jentik nyamuk, cacing rambut dan pakan pabrik ukuran mini yang telah banyak tersedia di toko hobi. Ingat! ikan cupang termasuk ikan yang agresif jadi sebaiknya ikan ini dipelihara secara individual (sendiri-sendiri).

2.         Ikan Molly

Ikan yang bentuknya bulat berwarna-warni ini sangat lucu seperti balon kecil yang akan meletus. Bentuknya yang seperti balon membuat juga disebut ikan balon/molly balon. Harga ikan molly sangat terjangkau dengan duit Rp.5000/ekor kita sudah dapat memilikinya. Cara mengawinkan ikan molly sangat mudah, cukup menyatukan jantan dan betina dalam satu wadah. Ikan molly jantan dan betina yang disatukan dalam wadah pemeliharaan akan dengan cepat berkembang biak.

ikan molly
Gambar Ikan Molly

Ikan molly balon dapat disatukan dengan beberapa jenis ikan lainnya seperti ikan mas koki karena sifatnya yang cinta damai, beberapa jenis ikan molly balon yang dapat anda koleksi dirumah antara lain : ikan molly slayer, dan ikan molly marble. Ikan ini dapat dikombinasikan dengan aquascape.

3.         Ikan Guppy (Poecilia reticulata)/Girradinus guppii

Ikan ini dikenal juga dengan nama ikan seribu karena ikan ini amat mudah berkembang biak. Ikan yang dulunya hanya mengisi parit dan selokan kini menjelma menjadi ikan yang sangat cantik setelah melalui berbagai perkawinan silang yang cukup panjang. Ikan guppy dialam liar masih dapat kita temukan, cuma bentuknya jauh berbeda dengan ikan guppy hias yang diperdagangkan.

ikan Guppy
Gambar Ikan Guppy

Ikan guppy mudah dipelihara walaupun tanpa bantuan oksigen didalam wadah pemeliharaan. Ikan ini masih dapat hidup dengan baik dan berkembang biak walau tanpa perawatan intensif jadi ikan yang masuk ke Indonesia pada tahun 1920an ini sangat cocok bagi yang mencari ikan hias yang mudah dipelihara. Ada banyak jenis ikan guppy yang dapat anda koleksi mulai jenis ikan guppy cendolan sampai dengan ikan guppy yang memiliki harga cukup mahal.

4.         Ikan Platy

Ikan Platy sekilas mirip dengan ikan pedang tetapi memiliki ekor yang berbeda. Ikan ini dapat dicampur dengan jenis ikan lain seperti ikan molly balon, ikan pedang, dan ikan mas koki karena karakternya yang tidak agresif. Daya tahan ikan ini juga cukup baik dan termasuk dalam kategori ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Harga ikan platy juga sangat terjangkau Rp.2500-5000/ekor kita sudah dapat memilikinya.

ikan platy
Gambar Ikan Platy

Ikan platy memiliki kombinasi warna pada tubuhnya yang cantik bahkan mirip dengan ikan koi sehingga beberapa jenis ini dinamakan mirip dengan ikan koi. Beberapa jenis ikan platy yang dapat anda koleksi antara lain ikan platy kohaku, ikan platy cendrawasih, ikan platy caroline, dan ikan platy hitam.

5.         Ikan pedang

Ikan ini memiliki nama yang keren yaitu ikan pedang atau dalam bahasa inggris disebut Sword Tail. Ikan yang dahulu umumnya berwarna merah dengan ekor mirip pedang yang bergaris hitam ini sekarang tampil dengan berbagai aneka warna yang menarik. Harga ikan pedang bervariasi mulai dari harga yang murah sampai ratusan ribu / ekor.

ikan pedang
Gambar Ikan Pedang

Ikan yang memiliki masa hidup cukup lama sekitar 3-5 tahun ini termasuk ikan yang mudah dipelihara. Makanan ikan pedang tidak berbeda dengan ikan hias pada umumnya. Kita bisa memberinya pakan hidup seperti jentik nyamuk atau cacing darah tapi jika ingin lebih praktis kita dapat memberinya pakan pabrik. Jenis ikan pedang bervariasi tetapi umumnya nama yang diberikan berdasarkan pada corak warna pada tubuhnya contohnya ikan pedang red velvet dan ikan pedang kohaku yang memilki warna dominan merah dan kohaku berwarna merah putih.

6.         Ikan Manfish

Ikan manfish atau angelfish sering dikira ikan laut karena bentuknya yang pipih dengan sirip yang memanjang layaknya beberapa ikan laut yang sering bermain diterumbu karang. Ikan manfish sendiri termasuk ikan yang memiliki gerakan cepat tetapi cinta damai jadi bisa dipadukan dengan beberapa jenis ikan hias. Bahkan ikan manfish sangat cocok jika dipadukan dengan ikan mas koki karena dapat membantu mengatasi kutu jarum yang kerap menempel di tubuh ikan mas koki.

ikan manfish
Gambar Ikan Manfish

Ikan manfish memiliki berbagai corak dan warna yang memikat. Untuk kalangan awam masih sulit membedakan antara ikan manfish jantan dan betina. Untuk makanan ikan manfish juga tidak terlalu terlalu sulit. Kita dapat memberinya makanan yang sama dengan ikan hias air tawar lainnya, tapi jika ingin memberinya dengan cacing darah atau jentik nyamuk ikan ini bisa lebih lahap menyantapnya.

7.         Ikan Mas koki

Ikan mas koki telah lama digemari oleh banyak pecinta ikan, ikan ini bahkan sempat menjadi fenomenal diwaktu lampau dengan bentuknya yang unik. Sampai sekarang pun masih banyak yang memajang ikan ini diruang tamu ataupun direstoran-restoran sebagai hiburan. Ikan ini juga dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

ikan mas koki
Gambar Ikan Maskoki

Banyak juga yang sering mengeluhkan kenapa ikan mas koki mudah mati? Sebenarnya ikan ini mudah dipelihara selama kualitas air dan oksigen tercukupi dan jangan memberinya makanan yang berlebihan. Jenis –jenis ikan mas koki sangat banyak, jadi membuat pilihan kita semakin beragam. Untuk harga ikan mas koki kita dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan apakah mau yang standar atau berkualitas premium. Sebaiknya pada saat memlihara ikan mas koki jangan memasukkan tanaman air bisa dipastikan tanaman tersebut bisa habis disantap ikan mas koki.

8.         Ikan Komet

Ikan komet memiliki tampilan tubuh mirip dengan jenis ikan mas koki tetapi bentuk tubuhnya lebih ramping dan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan ikan mas koki. Dibandingkan ikan mas koki, ikan komet memiliki daya tahan yang lebih baik. Ikan komet juga memiliki gerakan yang lebih lincah dengan ekor yang anggun seperti menari-nari didalam air.

ikan komet
Gambar Ikan Komet

Harga ikan komet sangat terjangkau dan cocok bagi pemula yang ingin mengoleksi ikan hias yang mudah dipelihara. Ada beberapa jenis ikan komet yang dapat penulis rekomendasikan antara lain : ikan komet slayer dengan ekor rumbainya, ikan komet kumpay, ikan komet harimau dan ikan komet pancawarna. Ikan-ikan komet tersebut sangat baik jika dipelihara secara berkelompok.

9.         Ikan Sumatera

Ikan Sumatera atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Sumatera barb atau tiger barb.  Ikan ini termasuk ikan komersial yang memiliki peminat cukup besar. Ikan Sumatera masuk dalam peringkat ke-10 ikan yang di impor menurut Amerika serikat pada tahun 1992.  Ikan ini memiliki corak belang-belang yang sangat cantik mirip dengan harimau.

ikan sumatera
Gambar Ikan Sumatera

Ikan Sumatera sebaiknya dipelihara lebih dari 5 ekor karena pada dasarnya ikan jenis ini senang hidup berkelompok. Ikan Sumatera galak jika dipelihara dibawah 5 ekor. Ikan ini memiliki rentang hidup yang cukup lama sekitar 6 tahun. Ikan ini juga sangat cocok jika dikombinasikan dengan aquascape apalagi ditambah jenis ikan lain bergerombol seperti neon tetra akan nampak lebih dinamis.

10.   Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra termasuk ikan berukuran kecil dan sangat senang berkelompok. Ikan ini berasal dari sungai Amazon. Ikan neon tetra sangat cocok jika dikombinasikan dengan aquascape dan tata cahaya lampu yang sesuai didalam akuarium. Ikan ini memiliki warna yang cerah dan jika disorot lampu aquarium akan sangat bercahaya sehingga membuat tampilannya semakin memikat.

ikan neon tetra
Gambar Ikan Neon Tetra

Harga ikan tetra sangat terjangkau dengan dana Rp. 10 ribu kita sudah mendapatkan beberapa ekor neon tetra. Untuk makanan ikan tetra tidak rumit karena ikan ini termasuk omnivora atau pemakan segala. Ada banyak jenis ikan tetra yang dapat menghiasi akuarium anda dirumah antara lain : ikan black tetra, Ikan neon cardinal, black neon tetra, diamond tetra dan jenis-jenis lainnya yang memiliki warna yang tidak kalah menarik.

10 ikan hias air tawar paling mudah dipelihara semoga dapat membantu anda dalam menentukan jenis pilihan anda dalam membeli ikan hias air tawar untuk koleksi akuarium anda dirumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat para pembaca.