Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Ikan Cupang Spesies Alam dan Hasil Silangan

 

          Keindahan sosok ikan kecil yang tergolong mini ini mulai kembali naik daun akhir akhir ini. Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang popularitas, tidak kalah dibandingkan jenis ikan hias lainnya. Keanekaragaman warna, bentuk, dan tipe siripnya serta didukung dengan pemeliharaan yang mudah membuat ikan ini disukai oleh banyak kalangan. Tak mengherankan bila kini penggemar cupang hias ada disemua lapisan masyarakat baik tua dan muda. Popularitas ikan cupang bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga merambah ke mancanegara dari Asia Tenggara hingga Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

          Cupang termasuk ikan yang mudah dipelihara bahkan bagi seorang pemula sekalipun, cupang termasuk kedalam ordo Labyrinthici dari Famili Anabantiadae. Jadi ikan ini masih satu keluarga dekat dengan ikan gurame, sepat, dan ikan betik. Ciri khas dari ikan Labyrin adalah kemampuannya bernapas dengan jalan mengambil oksigen langsung dari udara. Itulah sebabnya mengapa ikan cupang mampu hidup dengan baik walaupun tanpa bantuan gelembung udara dan terkadang hanya ditempatkan dalam wadah berukuran kecil seperti aquarium mini, bekas botol aqua, kotak plastik, dll selama kualitas air dapat dijaga.

Selama ini para penghobi ikan cupang umumnya hanya mengenal dua jenis ikan cupang, yaitu ikan cupang hias dan cupang aduan. Tetapi sebenarnya ikan ini memiliki banyak jenis yang tidak kalah uniknya bahkan beberapa jenis ikan cupang tersebut menjadi koleksi dan incaran para penghobi ikan cupang. Spesies cupang alam merupakan cikal bakal ikan cupang yang ada sekarang. Kita tidak akan menikmati warna-warna atraktif dari ikan cupang sekarang tanpa adanya spesies ikan cupang alam. Untuk mengenal lebih jauh tentang ikan cupang spesies alam silahkan baca terus artikel dibawah ini.       

1.    Klasifikasi Ikan Cupang

Cupang merupakan salah satu ikan dari keluarga Anabantidae bermarga betta yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Menurut beberapa litaratur, nama cupang dimiliki oleh marga Trichopis seperti Trichopis Vittatus (cupang merah), Trichoppis pumillus (cupang biru) dan Trichopis scalleri (cupang hijau). Ikan jenis ini diawal tahun 60 tidak memiliki warna secantik ikan cupang seperti sekarang dan masih kalah pamor dibanding ikan cupang laga/adu. Untuk lebih jelasnya berikut klasifikasi ikan cupang :

Filum         : Chordata

Subfilum   : Craeniata

Kelas         : Osteichthyes

Subkelas   : Actinopterygii

Superordo : Teleostei

Ordo          : Percomorphoidei

Famili        : Anabantidae

Genus        : Betta

Spesies       : Betta sp

2.    Sejarah Cupang Hias dan Cupang Adu

Keindahan warna ikan cupang hias hias dan keganasan cupang adu tidak terlepas dari peran cupang alam (wild Betta) atau cupang spesies sebagai nenek moyang/cikal bakal ikan cupang yang ada sekarang. Cupang yang ada saat ini merupakan hasil persilangan (splended) antar spesies cupang alam yang telah dilakukan sejak tahun 1960. Itulah sebabnya cupang hasil persilangan ini disebut Betta splendens.

Beberapa spesies cupang alam yang merupakan cikal bakal cupang adu antara lain : Betta imbillis, Betta smaragdina, Betta concina, dan Betta bellica. Cupang alam yang memiliki warna dan bentuk tubuh yang indah adalah Betta fasciata. Spesies cupang tersebut berkembang biak dengan cara membuat sarang busa (Bubble nest breed).

Selain cupang alam spesies terdapat juga cupang yang tidak kalah menarik yang memiliki warna cemerlang yaitu Betta macrostoma, Macropodus opercullaris, Macropodus concolor, dan Belontia hasselti. Cara berkembang biak cupang tersebut adalah egg layer atau mouth brooder (perawat telur). Cupang lain yang merupakan tipe cupang adu yang berkembang biak dengan cara egg layer adalah Betta unimacullata, Betta foerschi, Betta pugnax, dan Betta anabanthoides.

Cupang alam hidup didaerah tropis wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Air berkadar pH 6,5-7, Kesadahan 8-10 0 HD, dan suhu sekitar 23-30 0 C.

3.    Jenis Cupang Hias

·      Betta macrostoma

Betta macrostoma atau cupang Brunei berasal dari Kalimantan tetapi dikembangkan dan dibudidayakan di Brunei. Ikan jenis ini dilindungi oleh Sultan Brunei dan apabila ada yang hendak membawanya keluar dari Brunei akan dikenakan hukuman. Ekspor ikan ini dilakukan secara ilegal. Komposisi warna tubuhnya sangat indah yaitu kombinasi merah, hijau, dan hitam. Siripnya tidak panjang, tetapi memiliki gradiasi warna dengan dasar hijau tua atau biru tua berhiaskan guratan serta totol merah dan hijau muda. Panjang tubuh dapat mencapai 12 cm. Cupang jenis ini perkembangbiakannya adalah perawat telur atau egg layer. Telurnya sangat sulit menetas sehingga populasinya sangat sedikit. Populasi yang terbatas membuat harga cupang ini berharga sangat mahal.

Image Cupang Macrostoma sumber : www.Google.com

·     Macropodus opercullaris

Habitat asli ikan jenis cupang paradise (Macropodus opercullaris) adalah daerah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Memiliki warna biru muda cemerlang pada tubuhnya. Dari pangkal leher sampai pangkal ekor terdapat garis vertikal berwarna biru tua. Sirip ekornya panjang berbentuk cagak berwarna biru muda atau hijau serat kelabu. Panjang tubuhnya dapat mencapai 8 cm. Berkembang biak dengan cara egg layer.

Image Cupang opercullaris sumber : www.Google.com

·     Belontia hasselti

Cupang Bangka (Belontia hasselti) berasal dari Sumatera dan termasuk jenis ikan cupang yang sulit dikembangbiakkan. Tubuhnya berbentuk compressed, berwarna kuning kecoklatan, dan berhias bercak-bercak kehijauan. Siripnya panjang dan lebar berwarna kuning transparan serta berserat hijau tua. Panjang tubuhnya dapat mencapai 12 cm. Berkembang biak dengan cara egg layer.

Image Cupang Belontia hasselti sumber : www.Google.com

·     Macropodus concolor

Sepintas, cupang nirwana atau cupang surga ini mirip dengan cupang Bangka. Cupang ini berasal dari Penang, Malaysia. Macropodus concolor ini memiliki ekor bercabang dan sangat lebar. Tubuhnya bewarna kuning keemasan dan ring sisiknya bewarna kehijauan. Sirip anal pendek berbentuk duri dan berwarna merah cerah sementara sirip-sirip lainnya transparan bewarna kekuningan berserat hijau muda. Panjang tubuh ikan jantan dewasa dapat mencapai 10 cm. Cupang ini berkembang biak dengan cara egg layer.

Image Macropodus concolor sumber : www.Google.com

4.    Jenis Cupang Adu

·     Betta fasciata

Betta fasciata berasal dari Sumatera sehingga lebih dikenal sebagai cupang Sumatera. Bentuk cupang Sumatra ini merupakan compressed dengan warna kelabu kehitaman, hijau, dan biru tua. Seluruh siripnya bewarna kehijauan transparan yang bagian tepinya bercorak kebiruan. Siripnya berbentuk bulat (rounded) dan lebar. Panjang tubuh ikan dewasa dapat mencapai 10 cm. Perkembangbiakannya dengan cara mengumpulkan busa atau buble nest breed.

Image Betta fasciata sumber : www.Google.com

·     Betta unimaculata

Cupang adu yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan ini juga dikenal dengan nama cupang emas (golden slender’s betta). Tubuhnya berbentuk semisilinder dan bewarna kuning kehijauan. Pada pangkal ekor terdapat totol hitam. Sirip anal pendek dan kaku. Bentuk kepala besar dengan ring bibir tebal. Panjang tubuh jantan dewasa dapat mencapai 12 cm.

Image Betta Unimaculata sumber : www.Google.com

·     Betta foerschi

Betta foerschi yang dikenal dengan purple sapphire betta ini berasal dari Kalimantan. Tubuhnya berbentuk silinder warna biru tua kehitaman dengan kepala merah tembaga dan ring bibir tebal. Siripnya pendek dan kaku berwarna biru tua berhiaskan totol-totol hitam. Sirip anal pendek berwarna kelabu kehitaman. Dilihatkan dari postur  tubuhnya, gaya bertarung cupang adu ini sangat gesit dan bergigi tajam. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 9,5 cm.

Image Betta Foerschii sumber : www.Google.com

·     Betta pugnax

Betta puxnax ini berasal dari Malaysia sehingga dikenal juga dengan nama penang fighting fish. Bentuk tubuhnya compressed dengan warna kelabu kehijauan. Sirip-siripnya bewarna hijau transparan, kuning kombinasi merah, dan kuning transparan. Sirip anal pendek dan kaku dengan warna kuning kemerahan. Ukuran tubuh dewasa hanya mencapai 10 cm.

Image Betta pugnax sumber : www.Google.com

·     Betta anabanthoides

Sepintas, cupang yang juga bernama pearly beauty ini mirip dengan cupang golden slender’s betta (Betta unimaculata). Betta anabanthoides ini berasal dari Sumatera dan Kalimantan. Bentuk tubuhnya silinder dengan warna kuning kehijauan. Siripnya buntal pendek (rounded) warna hijau berserat kuning kemerahan. Sirip anal panjang bewarna hijau kekuningan. Ukuran tubuh dewasa dapat mencapai 12 cm.

 

Image Betta Anabatoides sumber : www.Google.com

·     Betta imbellis

Betta imbellis berasal dari Malaysia. Tubuh Betta imbellis (slugger betta) ini berbentuk silinder dan bewarna hitam kombinasi hijau atau biru. Kepala bulat panjang dengan ring bibir tebal berwarna hitam. Sirip-siripnya panjang dan kaku berwarna hijau dan biru kombinasi merah. Cupang ini dibudidayakan khusus sebagai cupang adu. Panjang tubuh dewasa hanya mencapai 5 cm.

Image Betta Imbellis sumber : www.Google.com

·     Betta smaragdina

Cupang ini berasal dari Kamboja. Tubuh emerald betta (Betta smaragdina) ini berbentuk compressed dan bewarna hijau tua kehitaman. Kepala berukuran besar bewarna hitam legam. Seluruh siripnya hijau tua bertotol hitam. Pada sirip punggung, terdapat bercak-bercak hitam. Sirip anal bewarna hitam dengan ujung putih. Panjang tubuh dewasa hanya 6 cm. Cupang ini dikenal sebagai ikan adu tahan pukul dan bermental kuat.

Image Betta Smaradigna sumber : www.Google.com

·     Betta coccina

Ikan ini berasal dari Kalimantan. Warna tubuh Betta coccina (claret’s betta) merah tua dengan kepala merah kecoklatan. Sementara bentuk tubuhnya silinder dan kepala besar bulat bessar. Sirip punggung merah transparan dengan bercak merah tua. Sirip anal merah kehitaman. Ukuran tubuh dewasa hanya 7 cm. Gaya bertarungnya gesit dan lincah dengan gigi tajam sehingga pantas disebut cupang adu andal.

Image Betta Coccina sumber : www.Google.com

·     Betta bellica

Cupang yang disebut standart’s betta ini bertubuh silinder. Dominasi warna tubuhnya hitam kombinasi kekuningan atau biru tua kombinasi kuning. Kepala Betta bellica ini bulat panjang dengan ring bibir tebal bewarna kelabu kekuningan. Sirip anal panjang kekningan, sementara sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor pendek lebar (rounded) bewarna kuning kehijauan atau kebiruan. Panjang ikan dewasa mencapai 9 cm. Gaya bertarunggnya asdalah pure slugger dengan gigi tajam.

Image Betta bellica sumber : www.Google.com

5.    Cupang Hias Hasil Kawin Silang

Cupang generasi baru merupakan hasil persilangan dinatara beberapa jenis ikan cupang sehingga menghasilkan varian baru ikan cupang yang memiliki bentuk tubuh, warna, dan ukuran yang berbeda dibanding spesies aslinya. Varian baru ini memiliki tampilan yang sangat menarik dibanding generasi sebelumnya. Varian baru tersebut dikenal dengan berbagai  nama dagang seperti Halfmoon, Maskot, Serit, Highfin, cagak, Nemo,Giant, Avatar, Nemo, Fancy dll.

Cupang generasi baru memiliki tampilan warna yang beragam pada corak tubuhnya, terkadang hanya memiliki satu warna dasar yang berupa merah, kuning, biru, hitam, dll. Warna dasar ini dikatakan sempurna jika tidak warna lain dalam corak tubuh ikan cupang, benar-benar hanya satu warna pada seluruh tubuh dan sirip-siripnya, memiliki warna yang cemerlang dan gradasi warnanya merata.

Image Cupang warna dasar sumber : www.Google.com 

Selain warna dasar cupang juga memiliki warna kombinasi dimana terdapat beberapa warna pada corak tubuhnya atau lebih dari dari satu warna. Cupang jenis ini paling banyak dan mudah ditemukan di berbagai sentra penjualan ikan hias. Cupang hias yang memiliki warna kombinasi tergolong bagus jika memiliki komposisi warna yang harmonis pada tubuh dan sirip-siripnya.

Image Cupang Warna Kombinasi sumber : www.Google.com 

Ikan cupang juga dapat dibedakan dari bentuk dan tipe sirip. Berdasarkan tipe siripnya  saat ini dikenal ikan cupang dengan serit tunggal dan serit ganda. Serit adalah tulang-tulang sirip yang nampak seperti duri dan terdapat dibagian ujung sirip, baik sirip punggung, perut, maupun ekor. Serit tunggal jika terdapat hanya satu serit untuk setiap ruas sirip. Serit ganda artinya terdapat lebih dari satu sirip untuk setiap ruas sirip dapat berupa dua sirip, tiga, empat, bahkan lebih dari empat.

Image Cupang Serit sumber : www.Google.com

            Cupang memang memiliki berbagai kelebihan baik dari perawatan yang mudah, bentuk warna yang beragam, bahkan ikan ini memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan. Salah satu ikan cupang dilelang secara online di Thailand dengan harga sekitar 20 Juta (Kachen Warachai). Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan anda tentang Ikan cupang dengan segala pesonanya.