Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKAN MAS KOKI RATU IKAN HIAS

ikan mas koki

Para pengemar ikan hias tentu tidak asing dengan ikan yang satu ini, ikan yang paling banyak diperdagangkan sejak zaman dulu sampai sekarang. Hampir semua penghobi ikan pernah memelihara jenis ikan ini bahkan sering kita lihat direstoran, ikan ini dipertontonkan didalam suatu aquarium atau toples kaca bulat untuk menghibur para pelanggan dan pemiliknya dengan lenggak-lenggok tubuhnya  yang lucu. Pantas ikan ini sering dijuluki sebagai “Ratu” ikan hias mengingat reputasi yang dimiliki ikan ini baik dari bentuk, warna, sisik, kepala, mata,dan ekor yang memiliki keistimewaan tersendiri dari masing-masing jenis ikan mas koki. Ikan yang berasal dari daratan cina ini muncul pada zaman kekaisaran Dinasti Sung (960-1279) dan Dinasti Ming (1368-1644)  dan terus berkembang ke berbagai negara di dunia. Persilangan yang dilakukan terus menerus menghasilkan warna dan bentuk ikan mas koki yang tampil lebih memikat mata.  “Tak kenal maka tak sayang” peribahasa tersebut tentunya sangat mengena jika kita ingin mengenal  ikan mas koki lebih jauh lagi. Jenis-jenis ikan mas koki apa saja yang dapat dijadikan koleksi ? Mari kita coba telusuri lebih dalam lagi mengenai ikan ini.

Jenis Ikan  Mas Koki

1.  Wakin

Wakin merupakan sebutan orang Jepang untuk ikan mas koki yang bentuknya lebih menyerupai karper crusian (nenek moyang ikan maskoki), ikan ini sebaiknya tidak digabung dengan jenis ikan mas koki lain yang gerakannya lambat. Masyarakat Jepang menyukai Wakin karena warna merahnya yang dominan dan gerakannya lincah. Wakin lebih cocok jika dipelihara didalam kolam dibandingkan didalam aquarium. Panjang tubuh Wakin dapat mencapai 17,5-20 cm dan memiliki ekor yang lebar dan panjang.

ikan mas wakin

Gambar ikan mas wakin

2.  Lionhead / Mas Koki Kepala Singa

Kepala singa, nama ini lebih dikenal masyarakat Indonesia dibandingkan menyebutnya Ranchu. Mas koki Ranchu sendiri sudah ada sejak Tahun 1704 di Jepang. Ciri khas ikan ini adalah pada punggungnya tidak mempunyai sirip, sirip ekor mekar dan berbentuk seperti telapak tangan yang dibalik. Strain lionhead diperkirakan muncul dari hasil persilangan Ranchu Strain Maruko dan Wakin.

ikan mas koki lionhead

Gambar ikan mas koki lionhead

3.  Fantail (ekor kipas ) / Ryukin

Ikan mas ekor kipas (fantail) ini memiliki ciri sirip punggungnya berbentuk tegak,ekornya bersirip kembar,sirip dada dua buah, begitu pula sirip anusnya. Masyarkat Jepang menyebut mas koki ini dengan nama Ryukin (asal kata Ryukyu). Mirip dengan ikan mas koki veiltail tapi fantail memiliki ekor lebih pendek.

ikan mas koki ryukin

Gambar ikan mas koki ryukin

4.  Veiltail ( ekor rumbai )

Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan ikan mas koki tosa atau ekor rumbai. Veiltail diduga berasal dari persilangan fantail (ryukin). Memiliki bentuk tubuh bulat dan gerakannya lambat, mempunyai sirip yang panjang, sirip ekor menjuntai melebihi panjang tubuh. Memiliki warna tubuh merah dan kuning.

ikan mas koki ventail 

Gambar ikan mas koki veiltail

5.  Oranda

Bentuk fisik merupakan gabungan dari lionhead dan fantail. Walaupun memiliki standar warna merah dan orange, namun hasil persilangan menghasilkan warna-warna baru ( putih, coklat,hitam ,bahkan biru ).

ikan mas oranda

Gambar ikan mas oranda

6.  Sisik Mutiara

Mas koki jenis ini paling mudah dikenali, disekujur tubuh memiliki butiran-butiran seperti mutiara. Umumnya bentuk tubuh berbentuk bulat dan mempunyai ekor yang pendek. Menurut perkiraan ahli ikan jenis ini dihasilkan di negeri tirai bambu (Cina).

ikan mas koki sisik mutiara

Gambar ikan mas koki sisik mutiara

7.  Mata Balon

Mas koki memiliki ciri khas yaitu pada pelupuk mata terdapat gelembung seperti balon kecil. Ikan ini lahir pertama kali di cina dengan nama shui pao yan ( mata kantong air ). Apabila terjadi kerusakan pada gelembung air kita tidak usah panik tunggu saja dalam beberapa minggu akan kembali seperti sedia kala.

ikan mas koki mata balon

Gambar ikan mas koki mata balon

8.  Nirwana / Mas Koki Celestial / chatengan (jepang)

Mas koki jenis ini mempunyai ciri khas yaitu posisi mata menghadap keatas tidak seperti ikan mas jenis lain yang menghadap ke depan. Ada mitos bahwa mas koki nirwana lahir dari salah satu kelenteng di korea sehingga ikan jenis ini dianggap ikan suci. Menurut versi lain, ikan ini dipelihara dalam wadah gelap dengan lubang kecil di bagian atas sehingga lambat laun posisi mata ikan ini berubah menengadah keatas. 

ikan mas koki nirwana

Gambar ikan mas koki nirwana

9.  Kaliko

Mas koki ini mempunyai pola tubuh yang berwarna-warni disekujur tubuhnya. Kaliko dihasilkan pertama kali pada Tahun1912 oleh Mr.Kichigiro Akiyama, pemilik Akiyama Goldfish Farm. Mas koki ini hasil persilangan antara fantail dan mas koki teleskop.

ikan mas koki kaliko

Gambar ikan mas koki kaliko

10. Teleskop

Mas koki ini memiliki bentuk mata seperti orang yang sedang menggunakan teleskop. Mas koki teleskop berasal dari Cina dan masuk ke Jepang sekitar tahun 1895. Mas koki ini diperkirakan didapatkan dari hasil persilangan fantail.

ikan mas koki teleskop

Gambar ikan mas koki teleskop

11. Pompon

Mas koki ini mempunyai ciri yaitu memiliki semacam selaput yang muncul dari hidung. Selaput itu tampak melambai ketika berenang dan menghembuskan napas.

ikan mas koki pompon

Gambar ikan mas koki pompon

12. Blackmoor

Memiliki ciri khas yaitu bentuk badannya yang hitam pekat. Blackmoor berkualitas bagus adalah yang memiliki warna hitam pekat dan terdapat nuansa biru ditubuhnya. Apabila warna hitam di tubuhnya memudar maka harga ikan ini akan merosot. Warna hitam pada Blackmoor karena adanya kelebihan pigmen melanic pada sisik.

ikan mas koki blackmoor

Gambar ikan mas koki blackmoor

13.   Ekor Merak / Jikin

Bentuk tubuh mirip wakin tapi perutnya lebih ramping, tubuh berwarna putih, mempunyai sirip yang pendek dan berwarna merah dan bibirnya juga merah seperti orang memakai lipstick. Ekornya berwarna merah tampak seperti baling-baling dan menyerupai bentuk huruf X.

 

ikan mas koki jikin

Gambar ikan mas koki jikin

14. Shubunkin

Bentuk tubuh dan ekor ikan ini seperti ikan komsumsi (karper). Shubunkin pertama kali dikembangbiakkan oleh Kichigoro Akiyama pada Tahun 1900. Shubunkin lahir dari persilangan Kaliko dan Wakin.

ikan mas shubunkin

Gambar ikan mas shubunkin

Semoga artikel tentang ikan mas koki dapat bermanfaat buat anda semua para pancinta ikan hias. Walau waktu terus berganti namun ikan mas koki tetap memiliki penggemar setia dan makin cantik lewat persilangan terbaru sehingga layak menyebutnya ratu ikan hias air tawar.