Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKAN MAS KOKI RATU IKAN HIAS

Mangkuk Ikan, Ikan, Kaca, Air, Mangkuk

Para pengemar ikan hias tentu tidak asing dengan ikan yang satu ini, ikan yang paling banyak diperdagangkan sejak zaman dulu sampai sekarang. Hampir semua penghobi ikan pernah memelihara jenis ikan ini bahkan sering kita lihat direstoran, ikan ini dipertontonkan didalam suatu aquarium atau toples kaca bulat untuk menghibur para pelanggan dan pemiliknya dengan lenggak-lenggok tubuhnya  yang lucu. Pantas ikan ini sering dijuluki sebagai “Ratu” ikan hias mengingat reputasi yang dimiliki ikan ini baik dari bentuk, warna, sisik, kepala, mata,dan ekor yang memiliki keistimewaan tersendiri dari masing-masing jenis ikan mas koki. Ikan yang berasal dari daratan cina ini muncul pada zaman kekaisaran Dinasti Sung (960-1279) dan Dinasti Ming (1368-1644)  dan terus berkembang ke berbagai negara di dunia. Persilangan yang dilakukan terus menerus menghasilkan warna dan bentuk ikan mas koki yang tampil lebih memikat mata.  “Tak kenal maka tak sayang” peribahasa tersebut tentunya sangat mengena jika kita ingin mengenal  ikan mas koki lebih jauh lagi. Jenis-jenis ikan mas koki apa saja yang dapat dijadikan koleksi ? Mari kita coba telusuri lebih dalam lagi mengenai ikan ini.

1.  Wakin

Wakin merupakan sebutan orang Jepang untuk ikan mas koki yang bentuknya lebih menyerupai karper crusian (nenek moyang ikan maskoki), ikan ini sebaiknya tidak digabung dengan jenis ikan mas koki lain yang gerakannya lambat. Masyarakat Jepang menyukai Wakin karena warna merahnya yang dominan dan gerakannya lincah. Wakin lebih cocok jika dipelihara didalam kolam dibandingkan didalam aquarium. Panjang tubuh Wakin dapat mencapai 17,5-20 cm dan memiliki ekor yang lebar dan panjang.

2.  Lionhead / Mas Koki Kepala Singa

Kepala singa, nama ini lebih dikenal masyarakat Indonesia dibandingkan menyebutnya Ranchu. Mas koki Ranchu sendiri sudah ada sejak Tahun 1704 di Jepang. Ciri khas ikan ini adalah pada punggungnya tidak mempunyai sirip, sirip ekor mekar dan berbentuk seperti telapak tangan yang dibalik. Strain lionhead diperkirakan muncul dari hasil persilangan Ranchu Strain Maruko dan Wakin.

3.  Fantail (ekor kipas ) / Ryukin

Ikan mas ekor kipas (fantail) ini memiliki ciri sirip punggungnya berbentuk tegak,ekornya bersirip kembar,sirip dada dua buah, begitu pula sirip anusnya. Masyarkat Jepang menyebut mas koki ini dengan nama Ryukin (asal kata Ryukyu). Mirip dengan ikan mas koki veiltail tapi fantail memiliki ekor lebih pendek.

4.  Veiltail ( ekor rumbai )

Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan ikan mas koki tosa atau ekor rumbai. Veiltail diduga berasal dari persilangan fantail (ryukin). Memiliki bentuk tubuh bulat dan gerakannya lambat, mempunyai sirip yang panjang, sirip ekor menjuntai melebihi panjang tubuh. Memiliki warna tubuh merah dan kuning.