Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memandikan Guinea Pig Kesayangan Di Rumah

 


       Guinea pig / marmut / tikus Belanda, tiga nama ini dapat disematkan pada hewan yang sama. Walaupun hewan ini masih kalah populer dibandingkan kelinci tapi beberapa kalangan lebih menyukai memelihara hewan ini. Guinea pig mempunyai kelebihan yaitu lebih mudah menerima jenis pakan yang berbeda, namun aroma tak sedap kerap muncul pada hewan ini. Bau kurang sedap ini kerap dikeluhkan beberapa pemilik hewan ini. Bahkan tak jarang para pecinta satwa mengurungkan niat memelihara hewan pengerat yang imut ini karena kendala bau badan hewan tersebut. Apakah tidak ada cara mengurangi bau badan guinea pig tersebut? Baca artikel dibawah ini untuk menemukan tips dan cara mengurangi bau badan guinea pig kesayangan kita.

     Guinea pig sebenarnya memiliki banyak warna dan bentuk yang tidak kalah menarik dibanding hewan pengerat lainnya, perawatan yang mudah dan daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan kelinci membuat hewan ini semakin mendapat perhatian dibeberapa kalangan penggemar hewan peliharaan.  Bau badan yang kerap tercium dari hewan ini sebenarnya dapat diatasi dengan cara memandikan hewan ini.

Kebanyakan pemilik hewan ini takut atau enggan memandikan guinea pig. Mereka takut guinea pig kesayangan mereka sakit/mati setelah dimandikan. Selama tata cara dan aturan diterapkan secara benar kita dapat memandikan guinea pig kesayangan kita dengan perasaan aman. Aturan yang tidak boleh dilanggar yaitu: jangan memandikan guinea pig  yang sedang sakit atau guinea pig berumur dibawah 3 bulan.

Berikut beberapa tips memandikan guinea pig kesayangan kita :

1.           Basahi sekujur tubuh

Siapkan dua buah baskom berisi air hangat suam-suam kuku. Satu digunakan untuk membasahi dan satunya lagi digunakan untuk membilas. Usahakan baskom tersebut mempunyai ukuran yang agak lebar agar dapat membilas guinea pig dengan baik. Tinggi dari baskom tersebut tidak boleh melebihi mulut guinea pig kita. Tutup telinga Guinea pig dengan kapas agar air tidak masuk kedalam kuping. Masukkan Guinea pig secara perlahan kedalam baskom pertama. Posisi guinea pig sebaiknya membelakangi anda untuk menghindari hewan ini memberontak dan mencakar. Siram guinea pig dengan air hangat menggunakan gayung secara perlahan. Usap rambutnya sambil diguyur supaya air hangat membasahi sekujur tubuhnya.

Image Guinea pig sumber : www.Google.com

2.           Keramas secara merata

Setelah sekujur bagian tubuh guinea pig basah, ambil sedikit shampoo untuk guinea pig. Shampoo yang digunakan dapat berupa shampoo anakan kucing (kitten), anak anjing (puppy), atau shampoo bayi yang tidak membuat mata perih. Keramasi rambut guinea pig sambil dipijat berulang kali secara merata keseluruh bagian tubuhnya. Jangan sampai bagian tubuh yang kotor terlewatkan seperti bagian pantat, kaki, dan bagian perutnya. Kita dapat menggunakan tangan atau kain lembut sewaktu guinea pig kita dikeramas.

Image Guinea pig sumber : www.Google.com

3.           Bilas Sampai Bersih

Supaya hasil pembilasan lebih bersih, rendam guinea pig dalam baskom pembilasan berisi air hangat yang telah kita siapkan. Guyur sambil dipijit dan diusap rambut dan kulitnya. Pastikan tidak ada sisa shampoo yang tertinggal dirambut dan kulit. Sisa shampoo tersebut dapat membuat guinea pig kita merasa gatal, rasa gatal tersebut dapat membuat guinea pig menggaruknya, jika digaruk secara berlebihan dapat membuat luka dan infeksi seperti jamur dan bakteri. Bagian lipatan kaki dan bagian bawah perut perlu diperhatikan saat membilas. Jangan terlalu lama direndam agar guinea pig tidak merasa kedinginan. Untuk guinea pig yang memiliki rambut panjang, lakukan keramas sebanyak dua kali. Bisa memakai shampoo kondisioner agar rambut guinea pig kita lebih lembut.

Image Guinea pig sumber : www.Google.com

4.         Keringkan dengan Handuk

Setelah membilasnya sampai benar-benar bersih angkat guinea pig dari baskom pembilasan. Taruh diatas meja atau wadah lain, lalu keringkan rambut dan tubuh guinea pig kita dengan menggunakan handuk bersih, lembut dan kering. Kita juga dapat memakai Kanebo kering untuk mempercepat proses pengeringan. Usahakan semua bagian tubuhnya kering secara sempurna terutama bagian lipatan kaki. Apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara baik dapat mengundang jamur dan parasit.

       

     Image guinea pig sumber : www.Google.com

5.         Gunakan Pengering Rambut

Setelah mengeringkan guinea pig dengan handuk kita dapat menggunakan hair dryer untuk memastikan rambut dan kulit guinea pig kita kering sempurna. Atur jarak antara hair dryer dengan tubuh guinea pig , atur kecepatan hair dryer agar guinea pig tidak kepanasan. Indikasi nya kalau tangan kita kepanasan berarti guinea pig kita juga merasa panas, Agar pengeringan sampai ke kulit pengeringan disertai penyisiran . Setelah kering rapikan lagi memakai sisir. Jangan menjemur guinea pig kita dibawah sinar matahari langsung tanpa pengawasan, kalau cuaca cerah cukup dikeringanginkan. Ada banyak kasus dimana pada saat menjemur setelah memandikan guinea pig lalu dikeringkan dibawah sinar matahari langsung, sang pemilik lupa pada guinea pig yang dijemur sehingga mengakibatkan kematian pada guinea pig akibat kepanasan dan dehidrasi.

Image guinea pig sumber : www.Google.com

Baca Juga14 jenis Guinea Pig Lucu dan Unik

6.         Perawatan tambahan setelah Mandi

Perawatan tambahan ini diperlukan untuk mempercantik penampilan guinea pig kesayangan kita. Setelah mandi kita dapat membersihkan lubang telinga guinea pig kita dengan menggunakan cotton bud yang sebelumnya dibasahi dengan baby oil. Agar tampilan guinea pig kita makin oke kita perlu merapikan rambut guinea pig. Apabila terlalu panjang sebaiknya kita mengguntingnya agar terlihat rapi, kita juga dapat membentuk model rambut sesuai dengan keinginan kita agar tampil unik.


Image Guinea pig sumber : www.Google.com

 Taburi tubuh guinea pig dengan obat anti kutu seperti peditox, terutama bagian perut dan lipatan pada bagian tubuh. Selain menghilangkan bau tak sedap juga akan mengusir kutu yang dapat mengganggu kesehatan guinea pig kita.  Lakukan perawatan kuku bagian depan dan belakang. Bisa pakai gunting kuku biasa atau gunting kuku khususbuat satwa. Potong sampai batas saraf darah kuku. Beberapa peternak melakukan cara sederhana agar bagian kuku menjadi tumpul dan pendek, yaitu dengan cara menahan badan guinea pig dilantai semen yang kasar sehingga pada saat ingin melepaskan diri, bagian kuku yang tajam akan terkikis dengan lantai. Lakukan berulang kali sampai kuku dianggap sudah pendek dan tumpul.

Tips tambahan agar mengurangi bau pada guinea pig kesayangan kita :

  • Bersihkan kandang setiap hari dan gunakan litter (alas kandang) yang dapat  menyerap bau dan kencing.
  • Gunakan pellet atau pakan kelinci pabrikan sebagai pakan agar kotoran menjadi kering dan tidak terlalu bau, komposisi pakan pabrik dan sayuran dapat diatur antara 60 : 40, 70 : 30, 80 : 20. Komposisi pakan dapat mempengaruhi bau dan tekstur kotoran guinea pig kita. Kotoran yang kering juga akan memudahkan kita membersihkan kandang.

Setelah memandikan dan melakukan berbagai perlakuan tambahan kepada guinea pig kita tentunya bau yang menganggu akan hilang dan sang pemilik akan semakin percaya diri untuk bermain dengan guinea pig kesayangan  dirumah.