Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Wajib Anda Kunjungi

 


Indonesia memang dianugerahi keindahan alam yang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan dan dijelajahi. Tentunya pada saat akan berlibur kita akan mempersiapkan diri dan mencari tahu tentang tujuan wisata yang akan kita kunjungi dari berbagai aspek. Ada begitu banyak tempat wisata terkenal yang ada di Indonesia yang mungkin belum sempat anda kunjungi. Apakah anda menyukai wisata pantai, laut, danau, gunung, goa, pemandangan alam, atau budaya? semuanya dapat anda temukan didalam satu Negara bernama INDONESIA. Temukan 10 tempat wisata terbaik yang ada di Indonesia dan wajib anda kunjungi dalam artikel ini.

Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada diantara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbesar nomor empat di dunia dan mempunyai penduduk beragama Muslim terbesar di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa.

Berlibur merupakan salah satu cara melepaskan stress setelah sekian lama berkutat dengan pekerjaan, ada banyak penelitian yang menunjukkan setelah berlibur produktivitas kerja akan meningkat. Tetapi kadang timbul pertanyaan yang mendasar, mau berlibur kemana? Berikut beberapa tempat wisata di Indonesia yang telah penulis rangkum untuk membantu anda menentukan destinasi wisata anda.

1.           Pulau Bali

Saya rasa kita semua setuju kalau menempatkan Bali sebagai tujuan wisata nomor satu di Indonesia. Bali merupakan sebuah Provinsi di Indonesia yang ibukota provinsinya bernama Denpasar dan merupakan salah satu pulau di kepulauan Nusa Tenggara. Bali sangat terkenal baik bagi pelancong domestik maupun mancanegara bahkan terkadang ada pepatah tak tertulis yang mengatakan Pulau Bali lebih dikenal dibanding Indonesia itu sendiri. 

Pulau Bali juga dikenal dengan julukan pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. Bali merupakan tempat pariwisata andalan di Indonesia dan menghasilkan devisa yang tidak sedikit untuk negara. Selain pantai dan keindahan alamnya, Bali juga sangat terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Kita dapat melihat upacara ngaben (pembakaran mayat) pada saat-saat tertentu. Tempat-tempat wisata lain yang dapat anda kunjungi antara lain Pantai Kuta, dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak. Daerah timur kita dapat menemukan Pantai Sanur dan Ubud sedangkan pada daerah selatan kita dapat berwisata di Jimbaran, Nusa Dua dan Pecatu.

Image Pulau Bali Sumber : www.Google.com dan www.Pixabay.com 

Tempat wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu Pura Tanah Lot, Danau Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina dengan lumba-lumbanya, Pura Bekasih, Uluwatu, Kintamani, dll, jangan lupa juga berkunjung ke tempat membeli souvenir unik buat oleh-oleh yaitu Djoger dan Krisna.

Image Pulau Bali sumber : www.Google.com 

Pulau Bali juga telah memiliki beberapa pusat wisata edukasi buat anak-anak seperti kebun binatang, Museum tiga dimensi, Taman bermain air, dan Penangkaran kura-kura. Untuk sarana dan prasarana, di Pulau Bali telah tersedia tempat menginap baik hotel bintang lima sampai tempat menginap yang murah meriah yang cocok buat para backpacker. Restaurant dan bar kelas dunia akan mudah kita temukan di pusat wisata di Bali.

2.           Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Letaknya di bagian paling ujung provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan provinsi NTB disebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau ini merupakan habitat asli dari Komodo (Varanus komodoensis) yang oleh masyarakat setempat disebut dengan “Ora”.

Komodo merupakan spesies kadal terbesar didunia dengan panjang rata-rata 2-3 meter dan beratnya badannya bisa mencapai 100 kg, bahkan komodo terpanjang yang pernah tercatat memiliki ukuran 3,13 meter dengan berat 166 kg.  Komodo merupakan binatang purba yang masih hidup hingga sekarang, menurut para ahli komodo telah muncul di Asia sejak 40 juta tahun yang lalu. Menurut data diperkirakan ada sekitar 2.793 ekor komodo yang hidup di pulau Komodo (1.288 ekor), Pulau Rinca (1.336 ekor), Pulau Gili Motang (83 ekor), dan Pulau Nusa  Kode (86 ekor).

Pulau Komodo merupakan salah satu dari “ New Seven Wonders of Nature”  yang diumumkan pada tanggal 11 November 2011. Proses pemilhan 7 Keajaiban Alam Dunia Baru ini sudah dimulai sejak 2007 dan diikuti oleh lebih dari 440 peserta yang berasal dari 220 negara di seluruh dunia. Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

Pulau komodo bukan hanya menawarkan melihat komodo secara langsung dialam terbuka dan berfoto dengan latar binatang purba tersebut, ditempat ini banyak wisata alam yang tidak kalah menarik. Kita dapat mengunjung Pink Beach atau pantai berwarna pink yang unik, dan bagi yang menyukai hiking dan fotografi kita dapat menjelajahi Pulau Padar yang tidak berpenghuni yang memiliki pemandangan yang cantik dari atas perbukitan.

Image Pulau komodo sumber : www.Google.com

 Pulau Kalong (kelelawar) juga jangan sampai anda lewatkan, dimana anda akan takjub melihat ribuan kelelawar melintas diatas kepala anda dan sempatkan singgah di Pulau Rinca yang memiliki pasir putih bersih, hutan bakau, padang rumput savana dan pantai biru yang jernih. Bagi yang suka menyelam dan olahraga bawah laut tempat yang disarankan adalah pantai pink, Batu Bolong dan Pulau Tatawa yang ada disekitar Pulau Komodo. Berbagai spesies terumbu karang yang indah dapat dengan mudah anda temukan di pulau tersebut, ada sekitar 385 spesies karang, 70 jenis bunga karang dan jika beruntung anda dapat berjumpa dengan lumba-lumba , ikan paus dan penyu. Menarik bukan! Pastikan fisik anda prima pada saat akan berkunjung ke Pulau Komodo karena akan banyak aktivitas alam yang akan anda lakukan untuk menikmati keindahan Pulau Komodo.

3.                Lombok ( Trio Gili )

Pulau Lombok adalah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat yang mempunyai luas mencapai 5435 km2 dengan kota utama bernama Mataram. Dalam banyak hal Lombok mirip dengan Bali, ada tiga tempat yang terkenal di Pulau Lombok yaitu :

Image sumber : www.Google.com

a.                Gili Air

Gili air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan Pulau Lombok sekitar 25 menit menggunakan kapal motor (Boat). Lokasi Gili Air berada di desa Gili Indah, kecamatan Pemenang, kabupaten Lombok Utara. Masyarakat setempat menyebut Gili  Air dengan nama “Tengaq Aiq” yang artinya ditengah laut. Mayoritas penduduk asli Gili Air berasal sari suku Bugis dan suku Sasak. Gili Air biasanya ramai dikunjungi pada bulan Juli-Agustus oleh wisatawan mancanegara seperti Inggris, Perancis, Australia, Belanda, Italia, dan negara lainnya.

Image Gili air sumber : www.Google.com

Fasilitas wisata di Gili Air sangat lengkap terdapat fasilitas hotel restoran maupun bar sehingga membuat wisatawan nyaman berkunjung ke pulau ini. Selain itu kita juga dapat mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda yang dipersewakan atau jika ingin mencoba sesuatu yang baru kita dapat menaiki kereta kuda sederhana (cidomo) yang tersedia di pulau tersebut.

b.                Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari ketiga pulau kecil/gili yang terletak di sebelah barat laut Lombok. Gili Trawangan memiliki panjang sekitar 3 km dan lebar 2 km dengan populasi penduduk  sekitar 800 jiwa. Gili Trawangan  menawarkan fasilitas yang lebih beragam dibanding dua gili lainnya. Hampir setiap malam kita dapat menemukan pesta yang diadakan di pulau ini. Kita juga dapat melihat seni bela diri tradisional bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar Gili Trawangan.

Image Gili Trawangan sumber : www.Google.com

Gili Trawangan memiliki keunikan tersendiri, disini kita dapat melihat sunset dan sunrise. Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap ke barat. Kegiatan paling banyak dilakukan oleh para wisatawan yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak dan berselancar. Gili Trawangan juga menyediakan tempat untuk yang menyukai olahraga berkuda, istal tempat pacuan kuda tersebut bernama Sunset Stables dan Stud Stables.

c.                Gili Meno

Gili Meno merupakan salah satu dari tiga pulau kecil yang menjadi destinasi wisata bahari di pulau Lombok. Gili Meno dapat dicapai dari kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat melewati pantai Sengigi yang berlatar pemandangan pantai yang cantik serta hutan lindung. Melalui pelabuhan bangsal di pantai senggigi kita akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam menuju Gili Meno.

Image Gili Meno sumber : www.Google.com

 Di Gili Meno terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Jika ingin berinteraksi dengan aneka burung kita dapat mengunjungi Bird Park Homestay atau mengunjungi Gili Meno Sea Turtle Sanctuary ( penangkaran Penyu Hijau ) untuk melihat bayi penyu hijau. Seperti di kedua Gili lainnya kendaraan bermotor sangat dibatasi sehingga alternatif kendaraan hanya sepeda dan kereta kuda (Cidomo).

4.                Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan empat gugusan pulau yang berdekatan yang terletak di Kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat. Empat gugusan pulau tersebut dinamakan menurut empat pulau besarnya yaitu  Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Kepulauan ini sekarang menjadi salah satu destinasi incaran para turis untuk menikmati keindahan pemandangan alamnya dan surga bagi para penyelam dunia.

Image Raja Ampat sumber : www.Google.com

Menurut penelitian di perairan Raja Ampat terdapat lebih dari 540 jenis karang (75 % dari total jenis dunia), lebih dari 1000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska. Bahkan hebatnya tidak ada satu tempat dengan luas areal yang sama seperti Raja Ampat yang memiliki jumlah spesies karang sebanyak itu. Spesies unik yang dapat dijumpai pada saat menyelam adalah jenis kuda laut katai, woobegong dan ikan pari manta. Hiu karang dan juga penyu dapat kita jumpai di tempat ini. Dibeberapa tempat seperti di Pulau Salawati dan Pulau Batanta juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Image Raja Ampat sumber : www.Google.com

Kebanyakan wisatawan datang ke Raja Ampat menikmati keindahan bawah lautnya namun bagi pelancong yang tidak ingin menyelam ada banyak alternatif wisata lain yang tidak kalah menarik. Kita dapat menikmati sejumlah pantai berpasir putih, gugusan pulau karst dan flora dan fauna endemik seperti Cendrawasih, aneka burung nuri dan kakaktua serta beragam jenis anggrek khas papua. Bagi yang menyukai fotografi pastinya tempat ini akan menyajikan spot-spot indah yang sulit terlupakan.

5.                Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km disebelah barat daya kota Semarang, 86 km disebelah barat kota Surakarta dan 40 km disebelah barat  laut Yogyakarta. Candi ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Samaratungga (Wangsa Syailendra)  sekitar tahun 800 masehi oleh penganut agama Buddha Mahayana.

Candi Borobudur merupakan salah satu Situs Warisan Dunia Unesco dikukuhkan pada tahun 1991 dan termasuk dalam  7 keajaiban dunia. Candi Borobudur hingga kini masih digunakan untuk upacara keagamaan tiap tahun umat Buddha dari seluruh penjuru dunia akan datang di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.

Image Borobudur sumber : www.Google.com dan www.Pixabay.com

Candi Borobudur terdiri atas enam teras berbentuk bujursangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2672 relief dan 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Menurut data sebanyak 260.000 wisatawan telah mengunjungi Candi Borobudur pada tahun 1974 angka tersebut terus meningkat setiap tahunnya hingga mencapai 2,5 juta wisatawan pada tahun 1990. Pada saat ini terjadi penurunan signifikan wisatawan diakibatkan pandemi Covid - 19 yang terjadi di seluruh dunia.

6.                 Bunaken

Bunaken merupakan sebuah pulau yang terletak Teluk Manado dan merupakan bagian dari kota Manado, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau seluas sekitar 8 km2 tersebut dapat ditempuh dengan kapal cepat (Speed boat) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Disekitar pulau Bunaken terdapat taman laut yang sangat terkenal hingga ke mancanegara yaitu Taman Nasional Bunaken dengan luas area 75.265 hektar dengan lima pulau didalamnya. Kelima pulau tersebut antara lain Pulau Manado tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan Pulau Naen. Bunaken pertama kali ditemukan pada tahun 1975 oleh sekelompok penyelam dan hingga kini menjadi andalan wisata Kota Manado.

Image Bunaken sumber : www.Google.com

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi. Dari 20 titik selam tersebut, 12 diantaranya  berada disekitar  Pulau Bunaken. 12 titik inilah yang paling banyak dikunjungi para penyelam dari seluruh dunia. Bunaken dijadikan Taman Nasional pada tahun 1991 dan tahun 2005 Bunaken masuk kedalam Salah Satu Warisan Dunia UNESCO.

7.                Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung aktif yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung yang berada pada ketinggian 2.328 meter diatas permukaan laut tersebut berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu kabupaten Probolinggo, kabupaten Pasuruan, kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan merupakan objek wisata yang sangat menarik mengingat gunung ini masih aktif hingga kini.

Image Gunung Bromo sumber : www.Google.com dan www.Pixabay.com

Wisata Gunung Bromo tidak hanya menawarkan keindahan matahari terbit yang dapat kita saksikan di Penanjakan 1 ataupun Penanjakan 2 tetapi kita juga dapat melihat keindahan kawah Gunung Bromo yang menakjubkan meskipun harus berjuang menaklukkan ratusan anak tangga. Selain sunset dan kawah Gunung Bromo kita juga dapat menjumpai beberapa tempat yang tidak kalah menarik lainnya disekitar Gunung Bromo antara lain : Pasir berbisik yang berada disebelah timur puncak Bromo, Pura Luhur Poten , Bukit Cinta, Bukit Teletubbies, Bukit Kingkong, Desa Ngedas dan Desa Ngadisari yang warganya merupakan keturunan asli suku Tengger.

8.                Tana Toraja

Toraja merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Sulawesi Selatan. Toraja tidak hanya terkenal dengan rumah adatnya yang bernama “Tongkonan”, kopi Toraja bahkan telah diakui sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Suku Toraja yang mendiami wilayah ini masih memegang tradisi adat yang sangat kental. Bahkan upacara adat tersebut telah memiliki agenda tersendiri dalam kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan  pemerintah Toraja. Upacara “Rambu Solo”: atau upacara kematian adat Toraja telah rutin dilakukan setiap bulan Desember.

Image Tana Toraja sumber : www.Google.com

Toraja merupakan gabungan keindahan alam dan budaya yang luar biasa, para wisatawan akan terpesona melihat keindahan alam dan budaya yang masih sangat asli. Beberapa tempat terkenal yang dapat anda kunjungi antara lain; Londa (kuburan dalam goa), Kete Kesu (desa Kuno), Tedong Bonga (kerbau Belang), Lemo (kuburan atas tebing), Kambira (kuburan bayi dalam pohon), Lolai (negeri diatas awan),dan melihat Patung Yesus Memberkati tertinggi di dunia yang terletak  di daerah bernama Buntu Burake. Jika ingin menguji adrenalin kita dapat melintasi jembatan kaca ditebing Buntu Burake.

Image Tana Toraja sumber : www.Google.com

Baca Juga : 4 Wisata Toraja Favorit

Jika ingin melihat upacara  Ma’nene (pembersihan jenazah para leluhur) kita dapat mengunjungi Tana Toraja. Konon kabarnya mayat yang telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun dapat berjalan sendiri layaknya masih hidup dengan menggunakan doa dan mantra dari Tetua adat setempat.

Image Buntu Burake sumber : www.Google.com

9.                Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, dan memiliki kedalaman 505 meter. Danau ini terletak di Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi super (super Volcano) sekitar 69.000 - 77.000 tahun yang lalu. Danau Toba merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik bagi para pelancong dalam negeri dan mancanegara.

Image Danau Toba sumber : www.Google.com dan www.Pixabay.com

Danau Toba akan menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, untuk menikmati keindahan Danau Toba secara langsung kita dapat menyewa kapal wisata untuk berkeliling Danau Toba sambil melihat keindahan danau secara dekat, atau menikmati gugusan perbukitan disekeliling Danau Toba. Kapal wisata ini mengusung konsep rumah adat Batak dan Patung Sigale-gale.

Image Sumatera sumber : www.Google.com

Pulau Sumatera bukan hanya menawarkan Danau Toba semata ada banyak tempat yang dapat anda kunjungi jika berkunjung ke pulau Sumatera antara lain : Istana Maimun (Ikon Kota Medan), Air terjun sipiso-piso, Penangkaran Buaya Asam Kumbang (lebih 2400 reptil), Salju Panas Dolok Tinggi Raja, Aek Sijornih (desa Aek Libung), Taman Nasional Gunung Leuser, Bukit Lawang,  Rumah Tjong A Fie  (Orang terkaya Medan pada masa lampau), Pulau Samosir, Air terjun sigura-gura.

Baca Juga Rammang-rammang Surga Tersembunyi

10.          Yogyakarta

Yogyakarta adalah Ibu kota dan pusat pemerintahan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kota Yogyakarta merupakan kediaman bagi Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Paku Alam. Kota Yogyakarta pernah menjadi Ibu Kota RI pada tahun 1946. Selain terkenal sebagai kota pelajar Yogyakarta juga menjadi salah satu destinasi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Image Yogyakarta sumber : www.Google.com

Salah satu jalan yang terkenal di kota Yogyakarta adalah jalan Malioboro, disepanjang jalan ini terdapat toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis barang dan makanan khas Yogya. Selain itu ada banyak tempat yang dapat anda kunjungi jika berkunjung ke Yogyakarta antara lain :  Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg Yogyakarta, Pasar Beringharjo, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Goa Jomblang, Goa Pindul, Kebun buah Mangunan, Kalibiru kulon Progo, Hutan pinus Pengger, Candi Sewu, Wisata Kaliurang, dan pantai-pantai indah lainnya yang banyak terdapat di sekitar Yogyakarta.

10 tempat wisata terbaik terbaik yang ada di Indonesia memang wajib anda kunjungi selama kita masih diberi kesempatan, dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut kita akan mengenali Indonesia secara utuh dan makin mensyukuri keindahan alam Indonesia yang telah diberikan sang Pencipta.