Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lambung Bermasalah? Minum Probiotik Kunyit Bisa Mengobati Asam Lambung

 kunyit untuk asam lambung

Duniahobiku.com - Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rempah rempah yang multi manfaat. Kunyit juga kerap digunakan sebagai penyedap rasa untuk banyak variasi menu makanan sehat hidangan di meja makan. Teknologi pengolahan kunyit pun sudah mengalami banyak perkembangan, salah satunya adalah teknologi mengolah kunyit sebagai minuman fermentasi tradisional atau dikenal juga sebagai teknologi probiotik. Salah satu keunggulannya adalah mengoptimalkan kunyit untuk asam lambung dengan media bakteri probiotik.

Penggunaan teknologi probiotik sebagai salah satu cara mengolah kunyit bertujuan meminimalkan efek samping yang terjadi bila berlebihan minum kunyit. Apakah menjadi tidak berbahaya bila mengkonsumsi minuman fermentasi tradisional kunyit? Tidak, justru menjadi sangat efektif, salah satu sebab adalah kemampuan fermentasi sudah terlebih dahulu menyederhanakan bentuk bentuk molekul zat aktif kunyit menjadi makin mudah diserap tubuh. Dengan kondisi tersebut maka tidak hanya manfaat kunyit untuk asam lambung makin efektif, melainkan manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh lainnya.

Kunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Kunyit untuk asam lambung berperan membantu mengatasi keluhan dari produksi asam lambung yang meningkat. Selain untuk asam lambung, berikut adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh antara lain:

Kanker kolorektal (usus besar). Beberapa penelitian menyebutkan efek kunyit tidak hanya mengobati, kunyit juga bisa dipakai untuk mencegah orang yang berisiko terkena kanker usus besar dengan cara mengurangi jumlah kelenjar prakanker di tubuh orang tersebut.

Dispepsia (Maag). Kunyit dapat merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu. Dengan demikian bisa membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Hasil penelitian juga menunjukkan mengkonsumsi kunyit juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita sakit maag.

Osteoarthritis. Selain kunyit untuk asam lambung, kunyit dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku dan kehilangan fleksibilitasnya. Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

Masalah Datang Bulan (Haid). Mengkonsumsi atau minum kunyit dapat membantu meringankan rasa nyeri pada saat datang bulan.

Gatal gatal pada Kulit. Gatal pada kulit bisa diatasi dengan mengkonsumsi produk produk kesehatan yang mengandung kurkumin, bisa dikombinasikan dengan ekstrak lada hitam atau cabe Jawa (long pepper).

Ruam kulit. Kondisi kemerahan pada kulit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kurkumin dan unsur kimiawi kunyit lainnya.