Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Durian Mengandung Kolesterol? Temukan Fakta Yang Sebenarnya

 apakah durian mengandung kolestrol

Duniahobiku.com - Apakah durian mengandung kolesterol? Banyak mitos yang beredar di masyarakat selama ini yang beranggapan bahwa makan durian bisa menyebabkan kolestrol menjadi naik. Padahal faktanya tidaklah demikian. Artikel kali ini akan mengulas mengenai seputar informasi tentang fakta apakah mengkomsumsi buah durian dapat menyebabkan kolesterol atau tidak.

Durian sangat terkenal memiliki bau yang sangat menyengat. Meskipun begitu, penggemar buah yang disebut king of fruits ini jumlahnya juga tidak sedikit. Meskipun banyak juga yang enggan mencicipi kelezatan buah durian karena aromanya yang sangat tajam dan memabukkan. Ada banyak jenis durian yang bisa anda nikmati mulai durian lokal, durian Monthong, Musang King yang memiliki “rasa tambah” dengan daging buah yang tebal.

Buah durian biasanya dikonsumsi langsung atau dijadikan olahan makanan karena rasa dan baunya yang kuat, baik itu untuk olahan makanan maupun olahan minuman. Namun banyak fakta yang beredar di masyarakat bahwa buah durian dijadikan salah satu buah pantangan untuk orang-orang yang memiliki kolesterol yang tinggi. Padahal buah durian memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang tak kalah dengan buah tropis lainnya yang sering anda komsumsi.

Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika buah durian dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, maka buah durian tidak harus dijadikan sebagai buah yang menjadi pantangan oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Sekilas tentang kandungan nutrisi buah durian

Buah durian mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, potasium, kalori dan lain-lain. Namun perlu diketahui bahwa buah durian adalah salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan kalium yang tinggi sehingga bagi anda yang sedang menjalankan diet, mengkonsumsi buah durian dengan takaran berlebihan sangat tidak direkomendasikan.

Jumlah karbohidrat pada durian terbilang tinggi, pada satu buah durian dapat terkandung jumlah karbohidrat sebanyak 22%. Jumlah karbohidrat kurang baik untuk yang sedang menjalankan program diet, namun dibalik itu semua karbohidrat sangat baik untuk pembentukan energi dalam tubuh.

Buah durian memang mengandung lemak, namun sebenarnya kandungan lemak yang terdapat pada buah durian adalah lemak yang baik atau disebut juga dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh malah baik untuk tubuh. Bahkan lemak tak jenuh dapat mengurangi lemak jahat yang ada pada tubuh.

Apakah durian mengandung kolesterol?

Banyak informasi keliru beredar di masyarakat bahwa buah durian adalah buah yang harus dihindari karena dapat mengakibatkan kolesterol tinggi dalam darah. Mungkin anda sering mendengar bahwa makan durian bisa menyebabkan pusing dan jantung berdebar kencang karena kandungan kolestrol yang tinggi pada buah durian. Padahal kandungan kalium yang tinggi pada durian yang menyebabkan rasa pusing dan jantung berdebar. Dengan demikian buah durian sebenarnya aman-aman saja untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol, tetapi tentu saja   selama buah durian tidak dikomsumsi dalam jumlah berlebihan untuk menghidanri efek samping dari buah durian seperti kembung dan sembelit.

Durian adalah salah satu buah yang memiliki kalori yang tinggi. Bagi penderita penyakit diabetes, mengkonsumsi buah durian tidak dianjurkan karena menurut literatur kesehatan menyebutkan bahwa di dalam 1 kilogram buah durian mengandung hingga 2000 kalori. Selain itu kandungan gula pada buah durian juga cukup tinggi.

Kandungan gula yang terdapat pada buah durian diantaranya adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa. kandungan gula seperti ini biasanya dilarang oleh dokter untuk penderita diabetes karena dapat menaikkan kadar gula dalam tubuh.

Salah satu yang harus dihindari para penikmat buah durian adalah mengkomsumsi buah durian berbarengan dengan meminum alkohol karena dapat memicu peningkatan kadar alkohol dalam darah sehingga menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, pusing, dan jantung berdebar lebih kencang.

Jadi, apakah durian mengandung kolesterol? Tentu saja, namun kolesterol pada buah durian adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Adapun ketika seseorang secara kebetulan setelah mengkonsumsi buah durian merasa ada hal yang tidak beres dalam tubuhnya, mungkin saja ada faktor lain yang menyebabkannya.