Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Mas koki Menggunakan Manfish

 cara menghilangkan kutu jarum pada ikan mas koki

Duniahobiku.com – Jika melihat badan ikan mas koki berwarna kemerahan dan terlihat adanya luka anda harus waspada. Bisa saja ikan mas koki kesayangan anda sedang terserang kutu jarum. Jika dibiarkan bukan hanya penampilan ikan mas saja yang menjadi jelek namun secara perlahan bisa membuat koki mati. Lalu bagaimana cara menghilangkan kutu jarum pada ikan mas koki? Kali ini kita akan mengulas cara mengatasi kutu ikan mas koki dengan cara alami dengan menggunakan predator kutu koki yaitu ikan manfish.

Kutu Jarum

Kutu jarum termasuk parasit yang memiliki nama latin Learnaea sp.  Cacing ini dikenal dengan beberapa nama ada yang menyebutnya cacing jangkar dan dikalangan peternak ikan dikenal dengan nama kutu jarum.  Kutu ini umumnya menyerang mas koki pada bagian belakang sirip dada dan dibawah sirip punggung. Parasit ini menempel dengan membenamkan kepala sementara bagian tubuh lainnya mencuat melambai-lambai seperti cacing diluar daging ikan. Bentuk kepalanya yang seperti jangkat dan melekat pada tubuh inangnya seperti paku atau jarum. Sebenarnya parasit ini bukan cacing tetapi sejenis udang renik yang tergolong dalam marga Copepoda. Walau ukurannya yang tergolong kecil namun parasit ini masih bias dilihat dengan mata telanjang.

Pada umumnya ada 2 jenis kutu yang biasa menyerang mas koki yaitu parasit yang berbentuk bulat dan berbentuk jarum. Kutu bulat sering ditemukan pada bagian sirip dan ekor koki. Serangan kutu bulat bisa menyebabkan sisik koki menjadi luka dan berwarna kemerahan.

kutu jarum pada ikan hias
gambar kutu jarum pada ikan hias

Penyebab Kutu Jarum Pada Ikan Mas Koki

Ada banyak faktor yang bias menyebabkan serangan kutu jarum pada ikan mas koki. Penyebabnya bisa karena kandungan bahan organik yang terlalu tinggi dalam kolam, populasi ikan yang terlalu padat, air kolam yang terlalu kotor dan suhu air yang tinggi. Serangan ini bisa merugikan peternak koki dan membuat tampilan ikan mas koki menjadi kurang sempurna. Jika serangan cukup parah ikan koki akan terlihat lemah dan kurus karena kutu ini mengisap cairan pada inangnya dan lambat laun ikan akan sakit dan bisa mengalami kematian.

kutu jarum pada ikan mas koki
gambar kutu jarum pada ikan mas koki

Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Mas koki

Ada beberapa cara mengobati kutu jarum pada ikan koki yang bisa diterapkan. Jika kutu jarum yang menempel masih sedikit kita bisa mengambil kutu jarum tersebut dengan cara mencabutnya dari tubuh ikan mas dengan menggunakan pinset atau merendamnya kedalam larutan obat. Namun kali ini kita akan menggunakan cara yang lebih alami yaitu dengan mencampur ikan mas koki dengan ikan manfish dalam kolam/akuarium yang sama.

Pengobatan menggunakan obat-obatan kimia memang lebih mudah dan praktis namun dalam jangka panjang akan membuat ikan menjadi kebal terhadap obat-obatan tersebut dan bisa menjadi racun bagi koki itu sendiri. Beberapa kalangan peternak dan penghobi ikan mas koki  memiliki metode unik dan praktis dalam mengatasi kutu jarum. Caranya cukup dengan memasukkan beberapa ikan manfish sebagai predator alami kutu jarum. Ikan ini akan memakan kutu jarum dan telurnya sehingga populasi kutu akan terhambat dan lambat laun hilang dari akuarium. Namun tidak sembarang manfish yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu pada ikan koki. Berikut beberapa tips memilih manfish untuk predator kutu ;

1.       Gunakan Manfish Lokal

Manfish lokal memiliki daya adaptasi yang lebih baik dibandingkan manfish impor. Disamping itu menggunakan manfish lokal lebih hemat biaya karena harganya lebih murah dibandingkan manfish yang didatangkan dari luar dan biaya perawatannya lebih ekstra.

2.       Manfish  Harus Sehat dan Gesit

Saat memilih manfish sebagai predator kita harus memperhatikan dengan seksama gerakan ikan. Pilihlah ikan manfish yang gerakannya gesit dan lincah. Kutu jarum merupakan makanan alami ikan manfish. Sesekali kutu jarum yang menempel pada tubuh koki akan lepas dan saat itulah ikan manfish akan segera menyambar kutu jarum. Ikan ini tidak akan memakan kutu yang menempel pada ikan mas koki dan hanya menunggu saat kutu keluar dari tubuh koki.

3.    Manfish Masih Muda

Manfish yang masih muda memiliki gerakan yang lincah dan gesit, gunakan manfish yang kecil hingga berumur 4-5 bulan. Saat usia ikan manfish sudah berumur diatas 6 bulan sebaiknya ganti ikan manfish dengan ikan baru yang lebih muda. Meskipun ikan yang sudah berumur 6 bulan masih bisa memakan kutu namun gerakannya sudah melambat dan tidak sebanding dengan pertumbuhan kutu yang cepat.

Tips Memasukkan Ikan Manfish Dalam Akuarium

Saat memasukkan ikan manfish usahakan agar jumlah ikan manfish tidak lebih banyak dibandingkan ikan mas koki dan ukurannya pun tidak lebih besar dari ikan mas koki yang anda pelihara. Untuk ukuran kolam/akuarium sedang anda bisa memasukkan ikan manfish sebanyak 5-6 ekor. Jika ukuran akuarium lebih kecil kita bisa menaruh ikan manfish sebanyak 3-4 ekor dengan jumlah koki 5-7 ekor dengan umur koki sudah mencapai 5-6 bulan dan ukurannya pun sudah mencapai 10 cm.  Jangan menaruh manfish pada anakan koki untuk menghindari ikan manfish memakan bayi koki.

ikan manfish muda
gambar ikan manfish muda

Meski kedua ikan ini bisa hidup harmonis dalam akuarium yang sama namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan habitat hidup. Ikan mas koki cenderung menyukai air yang baru hal ini berbanding terbalik dengan ikan manfish yang cenderung menyukai air lama dan sensitif terhadap perubahan air. Untuk mensiasatinya kita bisa menggunakan air yang tidak terlalu baru namun juga tidak terlalu lama agar keduanya bisa hidup lebih nyaman.

Semoga artikel tentang Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Mas Koki dapat bermanfaat buat anda semua para pencinta ikan mas koki, Ratu ikan hias air tawar.