Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghilangkan Hama Kutu Putih Pada Tanaman Adenium

cara menghilangkan hama kutu putih pada tanaman adenium

Duniahobiku.com - Kutu putih pada tanaman adenium bisa menurunkan performa adenium bahkan bisa menyebabkan kematian jika serangan hama sudah pada tingkat akut. Lalu bagaimana cara menghilangkan hama kutu putih pada tanaman adenium? Artikel kali ini akan memberikan beberapa solusi yang mungkin bisa membuat kutu putih enggan berkembang ditanaman adenium milik anda.

Gejala Serangan Hama Kutu Putih

Kutu putih berbentuk mungil namun mudah terlihat karena berbentuk seperti kutu yang berwarna putih dangan serbuk tepung di tubuhnya. Tubuhnya pun seperti dilapisi lilin yang nampak seperti kapas. Jika anda menemukan benda berwarna putih mirip tepung menempel pada pucuk tanaman adenium kemungkinan besar mawar gurun anda terserang kutu putih. Hama ini sering bersembunyi di bagian yang tersembunyi. Bukan hanya menyerang pucuk tanaman tapi hewan yang berjuluk mealybug ini juga menyerang batang, ketiak daun dan akar. Kutu putih bisa menghisap cairan pada batang dan daun sehingga tanaman menjadi kering. Jika dibiarkan kutu putih akan bergerombol didaerah tertentu dan menyebar ke segala bagian tanaman.

serangan hama kutu putih
gambar serangan hama kutu putih

Serangan pada akar tanaman adenium akan lebih sulit dideteksi karena berada dibawah tanah dan tidak terlihat oleh mata secara langsung. Ciri-ciri yang bisa kita deteksi jika kutu putih menyerang akar adalah berupa layunya pucuk tanaman padahal tanaman memiliki media tanam yang baik. Selain itu biasanya tanaman yang terkena kutu putih akan mengundang semut menuju akar tanaman adenium. Jika dibiarkan maka pertumbuhan tanaman akan terhambat dan terdapat bintik-bintik hitam di sekitar permukaan daun yang akan mengurangi performa adenium dan menghambat pertumbuhan tanaman. Bahkan yang terburuk bisa  menyebabkan kematian tanaman adenium.

Penyebab Kutu Putih Pada Tanaman

Kutu putih biasanya muncul dan berkembang saat kondisi lingkungan dan sekitar tanaman lembap, atau saat pergantian musim.  Hama ini juga merajalela ketika musim kemarau tiba. Tanaman yang diletakkan ditempat ternaungi juga mengundang kutu putih untuk berkembang biak.  Kedatangan semut juga bisa dijadikan indikator serangan kutu putih. Kutu putih akan mengeluarkan cairan manis seperti madu yang mengundang kehadiran embun jelaga. Kehadiran kutu ini akan mengundang semut yang suka menyantap kutu putih. Embun jelaga pada permukaan daun akan menghalangi proses fotosintesis daun sehingga tanaman tidak bisa tumbuh optimal.

Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Tanaman Adenium

Cara membasmi kutu putih pada tanaman adenium bisa dilakukan dengan menggunakan secara mekanis dan menggunakan bahan alami dan kimia. 

Pengendalian hama kutu putih secara mekanis bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

  1. Memberi jarak antar tanaman agar sinar matahari bisa masuk. Tanaman yang terlalu rapat akan membuat lingkungan sekitar menjadi lebih lembap.
  2. Tempatkkan adenium di lahan terbuka dengan intensitas matahari selama 5-8 jam sehari mengingat habitat tanaman yang berasal dari daerah gurun.
  3. Ganti media lama dengan media baru yang steril dan subur. Pergantian dilakukan secepat mungkin jika akar tanaman terindikasi terserang kutu putih atau penyakit lainnya. Media yang terlalu lama bisa menjadi penyebab kutu putih menyerang.
  4. Menggunakan obat pembasmi kutu putih

Pengendalian secara kimiawi bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif diafentiuron dan klorpirifos seperti Pegasus  Dursban atau Diaxinon dengan dosis 1 ml dilarutkan dalam 1 liter air.  Semprotkan ketanaman yang terserang dan ulangi kemudian. Penyemprotan dengan bahan kimia akan memiliki reaksi cepat sehingga kutu putih bisa langsung sirna.

Jika menyerang bagian akar gunakan Diaxinon atau Dursban dengan takaran sama kemudian siramkan ke media tanam yang terindikasi terkena mealybug atau ganti media tanam dengan yang baru sebelum tanaman ditanam kembali. Penggantian media tanam bisa dilakukan jika serangan kutu putih sangat parah. Selain dengan kimiawi ada beberapa cara membasmi kutu putih pada tanaman secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia disekitar kita seperti larutan bawang putih, perasan daun mimba atau cengkeh, sabun cuci piring, dll.

membasmi kutu putih pada adenium
gambar membasmi kutu putih pada adenium

Semoga artikel Cara Menghilangkan Hama Kutu Putih Pada Tanaman Adenium dapat membuat adenium anda kembali sehat seperti semula dan memperlihatkan keindahan warna-warni bunganya yang menawan.