Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membersihkan Kaca Mobil Dari Jamur Menggunakan Obat Anti Jamur

 cara membersihkan kaca mobil dari jamur

Duniahobiku.com - Bukan hanya kulit manusia yang perlu mendapat perawatan, kaca mobil juga perlu mendapat perawatan agar tetap kinclong. Lalu bagaiamana cara membersihkan kaca mobil dari jamur?  Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan obat anti jamur khusus kaca mobil.  

Jamur pada kaca mobil bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti oksidasi, deposit dari asap knalpot yang pembakarannya buruk dan bisa juga dari asap oli motor 2 tak. Sisa-sisa air yang tidak dilap dengan sempurna saat mencuci mobil bisa menjadi salah satu penyebab kaca mobil berjamur. Kaca mobil sangat penting saat berkendara, kaca mobil berjamur selain tidak enak dipandang juga bisa mengganggu penglihatan saat hujan dan ini tentu saja bisa membahayakan keselamatan pengemudi.

Menghilangkan jamur pada kaca mobil tidak bisa sembarangan karena bisa menimbulkan masalah baru. Masih banyak salon mobil yang tidak menggunakan cairan pembersih serta prosedur yang benar saat akan menghilangkan jamur yang ada di kaca mobil. Jadi sebaiknya pilihlah salon mobil yang memiliki reputasi yang baik. Salah penanganan bisa menyebabkan kaca menjadi fogging (berkabut) dan tergores. Penanganan dan perawatan kaca mobil mesti dilakukan ekstra hati-hati terutama mobil yang berasal dari Eropa.

Penggunaan cairan pembersih yang kurang pas bisa menghilangkan “conditioner” pada kaca. Obat pembersih kaca murah juga bisa merusak kaca karena mengandung air keras yang bisa merusak permukaan kaca. Pemakaian cairan pembersih terutama kaca windshield (kaca depan) harus diperhatikan karena jika kaca tergores wiper, scratch (luka goresan) akan terlihat jelas pada permukaan kaca mobil.

  • Kuas bertekstur halus dan lembut
  • Chamois (kail lap berbahan PVA)
  • Lap kain katun
  • Wadah obat anti jamur

Cara Membersikan Kaca Mobil Dari Jamur

Setelah semua bahan siap maka selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada kaca maobil. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan saat melakukan perawatan kaca mobil :

  1. Parkir mobil dengan baik digarasi atau tempat teduh dan bebas debu. Pertikel debu halus yang terperangkap pada lap atau chamois dapat menggores permukaan kaca mobil sehingga meninggalkan bekas.
  2. Cuci mobil dengan menggunakan shampo khusus mobil agar kotoran yang melekat pada permukaan bodi mobil bisa hilang secara menyeluruh, setelah itu keringkan mobil dengan sempurna. Jangan biarkan sisa air mengendap pada permukaan kaca dan bodi mobil. Keringkan secepat mungkin.
  3. Oleskan obat anti jamur atau cairan pembersih khusus kaca mobil dengan kuas. Jangan ditekan kuat cukup sapu secara merata. Hindari percikan obat anti jamur yang  bisa mengenai permukaan bodi mobil. Sebaiknya ujung kuas jangan terlalu basah, celupkan sedikit saja pada obat anti jamur.
  4. Setelah obat anti jamur dioleskan secara merata pada permukaan kaca yang terindikasi berjamur, lap kaca dengan menggunakan chamois. Chamois memiliki daya serap yang tinggi terhadap cairan.
  5. Langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa cairan yang masih melekat pada permukaan kaca dengan kain katun yang telah disiapkan terlebih dahulu secara merata. Pastikan tidak ada cairan yang tertinggal. Cairan obat anti jamur yang tertinggal bisa meninggalkan noda pada permukaan kaca mobil.
  6. Perhatikan dengan seksama permukaan kaca, apakah sudah sesuai dengan yang kita harapkan. Bila masih ada jamur yang terlewatkan saat treatment maka ulangi penyapuan permukaan kaca dengan obat anti jamur seperti langkah diatas.
  7. Ulangi langkah kelima hingga jamur benar-benar hilang dan permukaan kaca menjadi kinclong.

Sebelum menggunakan obat anti jamur pada kaca mobil kesayangan anda, ada beberapa hal yang mesti anda ketahui terlebih dahulu antara lain:

  • Obat anti jamur sebaiknya tidak terkena bagian lain selain kaca karena dapat meninggalkan noda.
  • Obat anti jamur sebaiknya tidak digunakan untuk memoles kaca spion bagian luar yang tidak terkena jamur. Bila terpaksa sebaiknya gunakan obat anti jamur yang memiliki konsentrasi bahan yang rendah atau low concentrate dan aplikasikan secara perlahan.
  • Untuk mobil Eropa sebaiknya gunakan obat anti jamur yang low abrasive (Wurth, 3M, DAN Meguires0 atau obat anti jamur lain yang direkomendasikan dan terbukti aman.
  • Jangan mencuci mobil/kaca dengan menggunakan sabun cuci/deterjen yang memiliki bahan yang bisa merusak permukaan kaca dan bodi mobil
  • Periksa secara berkala wiper dan pastikan wiper selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang melengket pada wiper bisa menggores kaca. Sebaiknya angkat wiper saat akan diparkir lama agar karet wiper tetap bersih dan awet.
  • Pastikan baca petunjuk pemakaian obat anti jamur sebelum menggunakannya. Hindari pemakaian melebihi takaran yang direkomendasikan.
  • Saat menggosok permukaan kaca sebaiknya lakukan secara manual. hindari menggunakan mesin penggosok kaca agar cipratan cairan obat tidak mengenai bagian lain dari mobil.
  • Hindari memakai jasa pembersihan kaca berjamur dengan harga sangat murah untuk mencegah obat jamur yang malah menimbulkan masalah baru.


membersihkan mobil dengan chamois
gambar membersihkan mobil dengan chamois

Semoga artikel 7 Cara Membersihkan kaca Mobil Dari Jamur Menggunakan Obat Anti Jamur dapat bermanfaat. Menjaga kebersihan kaca mobil sangat penting agar saat berkendara kita merasa lebih nyaman dan aman.