Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Makanan Ikan Black Ghost Agar Tumbuh Optimal Dan Sehat

makanan ikan black ghost

Duniahobiku.com - Anda sedang mencari makanan ikan black ghost?  Para pemilik ikan yang baru pertama kali memelihara ikan black ghost  akan sedikit bingung saat akan memberi pakan. Saat memberi pakan pabrikan terkadang ikan ini menolak karena lebih menyukai pakan hidup.  Hal inilah yang membuat para pemilik ikan black ghost khawatir ikan unik ini bisa mati kelaparan. Artikel kali ini akan membantu anda menemukan pakan ikan black ghost yang tepat. Silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Makanan Ikan Black Ghost

Dihabitat aslinya di sungai Amazon, ikan black ghost akan memangsa pakan alami. Pakan alami bisa berupa binatang air, serangga kecil, plankton dan tumbuhan air. Ikan black ghost termasuk dalam golongan ikan nokturnal (aktif malam hari). Hal ini menyebabkan ikan ini lebih aktif saat malam hari termasuk mencari makan. Namun di kolam pemeliharaan seperti akuarium tentunya pakan alami sulit didapatkan. Perlu campur tangan pemilik ikan untuk merawat dan memberi makanan secara teratur. Berikut beberapa jenis pakan yang bisa diberikan kepada ikan black ghost :

1. Cacing darah (blood worm) baik dalam keadaan hidup atau kering

2. Ulat Hongkong (berikan sesuai ukuran ikan)

3. Cacing tanah ukuran kecil

4. Udang kecil

5. Cacing sutera

6. Serangga berukuran kecil

7. Jentik nyamuk

8.  Kutu air

pakan cacing sutera
gambar pakan cacing sutera

Black ghost ukuran 3-4 inci bisa diberi pakan cacing darah. Cacing ini banyak tersedia di toko ikan hias baik dalam keadaan segar atau telah dikeringkan. Pemberian jentik nyamuk dapat diberikan untuk mempercepat pematangan sel telur/ diberikan kepada induk black ghost. Pakan cacing sutera sebaiknya dihindari untuk indukan karena kandungan lemak yang tinggi. Lemak yang tinggi akan membuat black ghost sulit bertelur karena perut ikan yang mengeras. Seandainya pun ikan mampu bertelur, telur yang dihasilkan akan berkualitas jelek dan mudah busuk. Melatih ikan menggunakan micropelet sebaiknya dilakukan secara bertahap sampai ikan benar-benar mau menyantapnya dengan baik. Berikan micropelet saat ikan dalam keadaan lapar sedikit demi sedikit dan diselingi dengan cacing darah.

Cara Memberi Makan Ikan Black Ghost

Ikan black ghost adalah salah satu jenis ikan yang berasal dari sungai Amazon, Brazil. Ikan ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1999. Bentuknya yang unik membuatnya banyak dicari penggemar ikan hias. Namun kendala yang sering dihadapi adalah kurangnya pengetahuan tentang pakan dan cara hidup ikan black ghost. Pemberian pakan sebaiknya diberikan saat sore atau malam hari. Hal ini mengingat ikan black ghost termasuk ikan yang aktif bergerak saat malam hari termasuk aktivitas mencari makan.

Pakan memegang peranan yang sangat vital untuk pertumbuhan ikan. Agar pertumbuhan ikan optimal pemberian pakan harus diberikan secara tepat dan cukup. Untuk mengetahui jumlah pakan yang tepat sebaiknya pemilik ikan melakukan pengamatan. Pengamatan ini untuk mengetahui berapa jumlah pakan ikan black ghost agar tidak berlebihan. Sebagai langkah awal ikan diberi pakan dalam jumlah sedikit. Apabila pakan yang diberikan langsung habis dan ikan masih mencari-cari maka pakan ikan bisa ditambahkan. Namun bila masih ada pakan yang tersisa berarti jumlah pakan yang diberikan berlebihan dan harus dikurangi.

Kecenderungan hobiis pemula adalah memberi pakan secara berlebihan. Hal ini menyebabkan kualitas air akuarium akan menurun karena kotoran dan sisa pakan akan membusuk. Kualitas air yang menurun akan berimbas pada kesehatan ikan. Bila kondisi tersebut berlangsung beberapa hari ikan dapat keracunan dan mati. Secara teori kebutuhan pakan ikan black ghost sekitar 3-4% dari total berat badannya. Pada usaha pembibitan skala besar kebutuhan pakan akan semakin tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan pakan secara kontinyu sebaiknya menyediakan pakan cacing dalam bentuk beku. Jenis pakan ini dapat bertahan lama jika disimpan dalam lemari pendingin (freezer) atau membudidayakan pakan cacing sutera secara mandiri.

Semoga artikel tentang makanan ikan black ghost dapat bermanfaat dan membantu anda merawat ikan unik ini agar tumbuh sehat dan optimal. Selain pakan yang bermutu, menjaga kualitas dan lingkungan sangat penting dalam perawatan ikan hantu yang unik ini.