Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Macam Jenis Jagung Yang Sering Ditemukan Di Dunia

 macam jenis jagung

Duniahobiku.com - Kita tentunya tidak asing dengan tanaman multifungsi ini. Tapi tahukah anda berapa macam jenis jagung yang ada di dunia? Atau jenis jagung bahan pembuatan pop corn yang sering anda kunyah saat sedang nonton di bioskop? Ternyata ada 7 macam jenis jagung yang sering kita jumpai di dunia. Agar lebih jelasnya simak pada artikel dibawah ini.

Macam Macam Jenis Jagung Di dunia

Jagung merupakan sumber karbohidrat kedua setelah beras yang  dikomsumsi manusia.  Diperkirakan ada sekitar 260 varietas jagung di seluruh dunia dan varitas ini akan terus bertambah mengingat tanaman jagung  sering terjadi perkawinan silang secara alami. Tanaman jagung  bisa tumbuh hampir diseluruh dunia. Bukan hanya sebagai bahan pangan, jagung juga dikenal sebagai pakan ternak dan industri.

Ada banyak bentuk dan warna jagung yang beredar dipasaran. Umumnya kita menemukan jagung berwarna kuning atau putih dipasar tradisional atau supermarket. Berdasarkan bentuk dan kandungan pati dalam biji (endosperma), jagung dapat digolongkan menjadi 7 macam jenis jagung sebagai berikut :

1. Jagung Gigi Kuda (Zea mays indentata)

Jagung gigi kuda umumnya berwarna kuning. Hampir 95% jagung yang di impor dari negara lain merupakan jagung jenis gigi kuda. Ada beberapa varietas baru yang juga di impor tetapi umumnya merupakan tipe jagung gigi kuda. Jagung gigi kuda (dent corn) dinamakan gigi kuda karena terdapat lekukan dipuncak biji yang mirip dengan gigi kuda. Lekukan tersebut terjadi karena terdapat pati yang bertekstur keras pada puncak biji jagung. Jenis jagung gigi kuda umumnya diproduksi sebagai roti jagung atau dibuat tepung jagung karena kandungan pati yang tinggi.

jagung gigi kuda
gambar jagung gigi kuda

2.      Jagung Manis (Zea mays saccharata)

Jagung jenis ini termasuk mudah ditemukan dipasar. Jagung manis sering diolah menjadi bakwan, jasuke, perkedel, jagung bakar, dll. Rasanya yang manis membuatnya banyak diminati konsumen. Jagung manis (sweet corn) memang mengandung lebih banyak gula dibanding pati. Jagung manis sebenarnya merupakan hasil perkembangan dari jagung tipe gigi kuda dan jagung mutiara. Setelah melalui proses pemuliaan tanaman diperoleh jenis jagung yang manis. Perkembangan budidaya jagung manis di Indonesia cukup signifikan. Harga benih yang cukup mahal dan penyakit bulai merupakan kendala utama budidaya jagung manis.

jagung manis
gambar jagung manis

3.      Jagung Mutiara (Zea mays indurata)

Jagung mutiara (flint corn) memilikiki ciri bagian luar biji keras dan licin karena terdiri dari pati keras. Meskipun umumnya berwarna putih bebebrapa jenis jagung mutiara memiliki kombinasi warna yang menarik. Jagung jenis lokal di Indonesia ummnya merupakan tipe jagung mutiara. jenis jagung ini berumur genjah (lekas berbuah) namun hasilnya cenderung rendah dibandingkan jagung hibrida. Tanaman ini konon dikembangkan dari penduduk asli Amerika bernama Carl Barnes.   Jagung ini banyak disukai masyarakat karena selain tahan hama juga tidak kentara jika dicampur beras.

jagung mutiara
gambar jagung mutiara

4.      Jagung Berondong (Zea mays everta)

Jagung berondong merupakan tipe jagung mutiara yang memiliki biji jagung yang terdiri atas pati keras. Jagung berondong (pop corn) tentunya sudah tidak asing dengan kita. Jagung ini sesuai namanya sering dimanfaatkan dalam pembuatan pop corn. Pop corn adalah cemilan yang terbuat dari olahan biji jagung berondong. Biji jagung yang dipanaskan akan membuat uap air yang terdapat dalam biji akan mengembang dan menerobos keluar dan meletuskan biji jagung. Pop corn sendiri bisa memiliki rasa manis, asin, pandan atau dibentuk sesuai selera konsumen. Kadar air optimum untuk proses peletusan sekitar     14%.

jagung berondong
gambar jagung berondong

5.      Jagung Ketan (Zea mays ceratina)

Jagung ketan (waxy corn) memiliki tekstur biji yang kecil dan mengkilap. jagung jenis ini biasa digunakan sebagai pakan ternak dan pengental produk makanan. Jagung ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi sehingga menyebabkan rasa pulen pada jagung ketan. Amilopektin merupakan gugus gula yang bercabang dan bila dicampur dengan iodium akan menghasilkan warna merah.

jagung ketan
gambar jagung ketan

6.      Jagung Tepung (Zea mays amylaceae)

Jagung tepung (flour corn) merupakan varitas jagung yang memiliki pati yang lunak. Tekstur biji yang lembut membuatnya banyak dimanfaatkan industri sebagai makanan bayi. Jagung tepung banyak ditanam di daerah kering seperti dibeberapa negara bagian Amerika Selatan.

jagung tepung
gambar jagung tepung

7.      Jagung Polong  (Zea mays tunicata)

Jagung polong (pod corn) merupakan jenis jagung yang unik dan aneh. Masing-masing biji dibungkus oleh kelobot (daun pembungkus tongkol jagung).  Seluruh tongkol jagung terbungkus oleh kelobot seperti halnya jagung biasa. Jagung jenis ini lebih bersifat hiasan atau kerajinan tangan.

jagung polong
gambar jagung polong

Semoga informasi tentang 7 Macam Jenis Jagung Yang Sering Ditemukan Di Dunia dapat menambah pengetahuan kita. Jadi tidak sekedar pop corn  atau jagung bakar saja yang kita ketahui tapi ternyata biji jagung ada berbagai jenis dan warna.