Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Akik Bungur Tanjung Bintang Yang Memikat Kolektor

 Batu Akik Bungur Tanjung Bintang

Duniahobiku.com – Lampung, selain penghasil kopi terbaik di Indonesia ternyata menyimpan kekayaan alam yang terkandung di dalam perut bumi, salah satunya adalah batu akik bungur tanjung bintang. Daerah yang banyak menghasilkan batu jenis kecubung adalah Lampung Bagian Selatan. Sejak tahun 1970-an warga Lampung banyak yang mengkoleksi batuan mulia jenis Amethyst ini. Saat demam batu akik batu ini  menjadi incaran para kolektor batu akik.  

Batu Akik Bungur Tanjung Bintang Lampung

Seiring berkembangnya berita kepopularitasan batu ini juga membuat peningkatan pada sisi nilai ekonomi dari batu tersebut. Hal ini juga dikarenakan karena beberapa hal yang membuat batu tersebut memiliki niai ekonomi yang cukup lumayan. Nilai atau harga batu tergantung dari beberapa aspek yang sering dipertimbangkan oleh pecinta batu yaitu adalah kelangkaan batu, tingkat kekerasan, keistimewaan maupun khasiat dari batu itu sendiri. Batu ini tidak hanya digemari oleh kaum pria. Kaum wanita juga tertarik menjadikannnya perhiasan atau cincin karena warnanya yang indah. Batu ini memiliki kekerasan 7 skala Mohs.

cincin batu akik bungur tanjung bintang
gambar cincin batu akik bungur tanjung bintang

Ciri Batu Bungur Tanjung Bintang Asli

Ciri khas batu bungur tanjung bintang adalah warna ungu bening dan mengkilat batu asal Lampung itu makin dikenal dan banyak dicari kalangan kolektor. Batu bungur lebih berkilau di banding batu jenis Amethyst yang lainnya. Batu bungur memiliki kemiripan dengan batu kecubung asal Kalimantan. Namun bagi para kolektor ulung mereka dapat membedakan mana batu bungur dan mana batu kecubung. Bagi yang awam anda bisa memdeakannya dengan cara praktis. Caranya cukup merendam batu bungur dan batu kecubung.

Batu kecubung yang direndam dalam air akan mengalami perubahan warna. Warna ungu yang mendominasi permukaan batu akan mengental di satu sisi. Hal ini berbeda pada batu bungur. Batu bungur yang direndam dalam air akan memiliki warna yang memudar pada salah satu bagian batu. Perubahan warna bisa terjadi pada bagian samping ataupun terlihat menggumpal pada bagaian tengah.

Harga Batu Bungur Tanjung Bintang Asli

Harga batu bungur tanjung sekitar 4-5 juta dengan seukuran telur ayam kampung, memang untuk saat ini harga yang sangat mahal yang disebabkan semakin langkanya jenis batuan ini. Dibandingkan saat demam batu akik, harga batu bungur tanjung bintang yang sekarang jauh lebih terjangkau. Batu  bungur memerlukan perjuangan saat dicari oleh penambang. Terkadang jika beruntung batu bungur dengan mudah ditemukan namun jika dewi fortuna sedang tidak berpihak pencarian batu bungur bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Penggalian tanah bahkan bisa mencapai puluhan meter dibawah permukaan tanah.

Bahan Batu Bungur Tanjung Bintang

Bongkahan batu ini ditemukan di wilayah tanjung bintang, kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Itulah sebabnya batu ini dinamakan sesuai asalanya batu bungur tanjung bintang lampung. Lampung disebut sebagai salah satu wilayah penghasil batu jenis ametyhist dengan kualitas terbaik di dunia. Batu permata ini juga tidak mudah ditemukan. Jadi wajar jika batu bungur tanjung bintang berharga tinggi. Untuk satu butir yang berwarna ungu muda seukuran kuku jempol, harganya mencapai Rp 200 ribu, yang warna ungu lebih tua harganya sampai Rp 500 ribu. Sedangkan yang berkualitas super, dalam artian warnanya merata dan tidak ditemukan cacat, harganya mencapai Rp1,5 juta.

bahan batu bungur tanjung bintang
gambar bahan batu bungur tanjung bintang

Khasiat Batu Bungur Tanjung Bintang

Selain indah, batu bungur tanjung bintang ini juga berkhasiat secara mistis. “Orang sering beli batu bungur untuk dijadikan ‘wadah’. Artinya, batu tersebut dipakai untuk menjadi ‘wadah ajian’ atau sebagai rumah bagi makhluk halus. Seringnya diisi untuk pengasihan. Makanya, batu bungur sering disebut juga batu pelet. Hal ini kembali kepada kepercayaan masing-masing individu. Ada yang percaya namun tidak sedikit yang menganggapnya hanya placebo semata.

Cara Merawat Batu Bungur Tanjung Bintang

Agar batu bungur tanjung tetap berkilau, perlu dilakukan perawatan.  Cara merawat batu bungur cukup mudah. Siapkan air hangat yang telah ditetesi sabun, sikat permukaan batu dan sekelilingnya dengan menggunakan sikat gigi. Lakukan secara perlahan hingga debu dan kotoran yang melekat bisa terlepas dari sela-sela batu cincin. Setelah dirasa sudah bersih lap dengan kain lembut hingga kering. Simpan ditempat teduh. Jangan menjemur atau meletakkan batu bungur di terik panas matahari karena bisa membuat warna batu memudar.

Semoga artikel tentang batu akik Bungur Tanjung Bintang dapat bermanfaat.  Batu akik adalah benda seni yang yang hanya bisa dirasakan oleh para penggemarnya, harga kadang tidak menjadi patokan. Selama kedua belah pihak setuju harga urusan kedua.