Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Daun Stevia Menjadi Gula Agar Lebih Sehat

cara mengolah daun stevia menjadi gula

Duniahobiku.com - Bahan pemanis umumnya terbagi menjadi 2, pemanis alami dan buatan. Tebu menjadi salah satu bahan baku pembuatan gula yang paling sering kita gunakan. Sebenarnya ada beberapa bahan alternatif untuk menghasilkan rasa manis. Bahan pemanis itu antara lain madu, sirup jagung, gula aren, sirup maples, dan sirup yacon. Salah satu yang cukup populer adalah tanaman stevia. Mungkin anda bertanya bagaimana cara mengolah daun stevia menjadi gula? Cara pengolahannya cukup sederhana, anda hanya perlu membaca artikel dibawah ini.

Saat ini kebutuhan industri makanan dan minuman akan bahan pemanis semakin meningkat. Bahan pemanis buatan seperti aspartam, sakarin dll merupakan pemanis buatan yang sering digunakan. Pemanis buatan ini tidak baik dikomsumsi secara terus menerus. Beberapa penyakit seperti diabetes dan obesitas bisa disebabkan oleh komsumsi gula yang berlebihan. Salah satu pemanis alami yang berasal dari tumbuhan adalah tanaman stevia.  Stevia memiliki nol kalori,  rasa manis yang lebih tinggi dan tidak menimbulkan karsinogenik. Tanaman ini banyak digunakan oleh industri sebagai alternatif pengganti gula tebu. Pemanis dari tanaman stevia banyak dipakai sebagai diet untuk penderita diabetes.

daun tanaman stevia
daun tanaman stevia

Cara mengolah daun stevia menjadi gula

Menurut penelitian daun stevia memiliki rasa manis 200-250 kali lebih banyak dari gula. Kandungan nol kalori dengan sedikit karbohidrat membuatnya sering dipakai sebagai diet gula. Apakah anda tertarik membuat gula sendiri dari tanaman stevia?

Cara pengolahanya tergolong mudah. Berikut cara mengolah daun stevia menjadi gula :

1. Kumpulkan daun stevia segar

2. Setelah itu cuci bersih daun stevia diair mengalir

3. Setelah tidak ada kotoran dan debu yang melekat, lakukan pengeringan. Pengeringan bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan matahari atau menggunakan microwave. Jika menggunakan microwave lakukan pengeringan selama 2-3 menit.

4. Pengeringan dengan matahari dilakukan selama 1-2 hari tergantung intensitas matahari. Lama pengeringan sekitar 6-8 jam/hari. Pengeringan yang berlebihan bisa mengurangu kadar steviosida pada daun stevia.

5. Setelah daun kering, hancurkan hingga menjadi bubuk. Anda bisa menggunakan blender atau grinder buat kopi.

6. Daun stevia bubuk disimpan dalam wadah tertutup seperti botol.

7. Bubuk stevia siap digunakan.

bubuk daun stevia yang telah diolah
bubuk daun stevia yang telah diolah

Cara Membuat Stevia Cair Agar Lebih Praktis

Agar lebih mudah digunakan kita bisa membuat stevia dalam bentuk cair. Caranya sangat praktis anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5-15 menit untuk mengolahnya. Berikut langkah-langkah pembuatannya;

1. Bahan untuk membuat stevia cair adalah bubuk stevia yang sudah jadi.

2. Ambil bubuk stevia sebanyak 1 sendok teh

3. Masukkan kedalam saringan teh/kopi.

4. Letakkan saringan pada gelas/wadah tahan panas

5. Tuang air mendidih ke saringan yang berisi bubuk stevia. Caranya hanpir sama seperti saat kita membuat teh racik.

6. Biarkan air panas berisi bubuk stevia mengendap didalam gelas selama 5-10 menit.

7. Angkat saringan berisi ampas bubuk stevia.

8. Tunggu hingga stevia cair menjadi dingin.

9. Setelah dingin, masukkan stevia cair kedalam wadah/botol yang memiliki lubang pengeluaran. Botol kecap atau saus bisa anda gunakan. Lubang pada botol tersebut memudahkan anda mengatur junlah stevia cair yang anda butuhkan.

10. Simpan ditempat sejuk/suhu ruang.

pengolahan stevia cair
pengolahan stevia cair

Tips Saat Mengolah Daun Stevia

Saat melakukan penyaringan jangan memeras ampas yang terdapat dalam saringan. Pemerasan ampas akan membuat air perasan bubuk stevia akan terasa pahit/getir. Biarkan tetesan pada saringan jatuh dengan sendirinya.

Cara Menggunakan Daun Stevia

Tanaman herbal stevia memiliki kandungan glikosida steviol dengan konsentrasi yang cukup tinggi.  Rasa manisnya bisa mencapai 200-250 kali gula tebu. Sebagai ilustrasi jika anda ingin minum segelas teh atau kopi cukup gunakan 30-40 milligram GS.

penggunaan stevia hasil olahan
penggunaan stevia hasil olahan

Saat menggunakan, teteskan kedalam minuman untuk merasakan tingkat rasa manis yang anda inginkan. Jika merasa kurang anda bisa menambahkan beberapa tetes stevia cair. 50 gram stevia bubuk bisa digunakan untuk sekitar 200 gelas minuman. Bagi yang pertama kali meminum stevia hasil olahan mungkin merasakan aroma seperti jamu. Tanaman stevia memang tergolong tanaman herbal yang mengandung rasa manis yang tinggi.

Semoga artikel tentang cara mengolah daun stevia menjadi gula dapat bermanfaat. Pengolahan daun stevia diharapkan bisa menjadi alternatif pengganti gula. mengingat kandungannya yang jauh lebih aman.  Hindari komsumsi dalam jumlah berlebihan untuk menghindari efek samping yang bisa saja terjadi.