Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membasmi Hama Siput Pada Anggrek Koleksi Anda

 cara membasmi hama siput pada anggrek

Duniahobiku.com - Tanaman anggrek menjadi salah satu jenis tanaman yang sering dikoleksi. Bunga anggrek memiliki warna yang sangat atraktif dan menarik sehingga banyak disukai. Namun dibalik keindahannya ternyata tanaman ini juga memikat "tamu tak diundang" bernama siput. Hama tanaman anggrek ini bisa membuat tanaman anggrek jadi merana bahkan mati. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membasmi hama siput pada anggrek.

Ada banyak jenis anggrek yang bisa menjadi koleksi dirumah. Anda bisa memilih anggrek tanah, anggrek bulan, anggrek hutan dan ribuan jenis lainnya. Warna dan bentuknya pun bervariasi sehingga anda tidak akan bosan mengoleksinya. Perjuangan kita merawat secara intensif akan terbayar saat tanaman ini berbunga. Namun serangan hama pada tanaman anggrek bisa membuat impian anda buyar seketika.

Salah satu hama yang sering kita jumpai pada tanaman anggrek adalah siput.  Siput datang diam-diam seperti pencuri di malam hari dan ketika anda bangun pagi hari maka anda akan kaget melihat perbuatan "makhluk" ini. Siput bisa menyerang semua bagian tanaman mulai akar, batang, daun bahkan bunga angrrek yang anda tunggu-tunggu. Jangan salah tebak ya siput berbeda dengan bekicot. Anda bisa mengenali serangan siput melalui tanda-tanda yang ditinggalkannya. Berikut beberapa ciri-ciri pada tanaman yang diserang oleh siput :

Daun dan akar tiba-tiba tidak utuh lagi, terlihat bekas gigitan di sepanjang pinggiran daun.

Pada permukaan daun yang tersisa terlihat adanya bekas lendir sedikit mengkilat dan kotoran yang berserakan disekitar tanaman.

Daun berlubang-lubang kecil

ciri ciri serangan siput
ciri ciri serangan siput

Cara Membasmi Hama Siput Pada Anggrek

Penanganan siput bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu alami dan kimiawi. Berikut beberapa cara alami membasmi hama siput pada tanaman anggrek yang bisa anda terapkan :

1. Cara yang paling mudah adalah dengan menangkap siput

Periksa disekitar tanaman anggrek pada malam hari atau pagi hari sebelum sinar matahari muncul. Siput lebih aktif pada malam hari. Kumpulkan seluruh siput kedalam suatu wadah/ember. Setelah semuanya terkumpul buang atau musnahkan siput. Jika anda memiliki hewan peliharaan seperti ayam atau bebek anda bisa memberikannya sebagai pakan tambahan.

menangkap siput pada tanaman anggrek
menangkap siput pada tanaman anggrek

2. Membuat jebakan

Anda bisa menaruh irisan buah seperti timun, semangka dan jenis buah berair lainnya. Letakkan potongan tersebut disekitar tanaman pada sore menjelang malam. Lakukan pengecekan pada irisan buah pada malam hari jika terdapat siput maka segera kumpulkan lalu buang atau musnahkan. Jika anda merasa jijik anda bisa menggunakan pinset atau alat lainnya untuk mengambil siput,

irisan timun jebakan siput
irisan timun jebakan siput

3  Bersihkan daun kering dan batu

Daun mati dan batu yang lembap bisa menjadi tempat persembunyian siput. Pada musim hujan intensitas serangat siput akan lebih meningkat mengingat suhu dan kelembapan yang tinggi. Bersihkan secara teratur sampah yang ada disekitar tanaman sehingga siput akan mudah terlihat dan dibuang sebelum berkembang biak.

bersihkan daun kering  disekitar anggrek
bersihkan daun kering  disekitar anggrek

4. Rendam pot kedalam ember berisi air

Anggrek menyukai media yang lembap sehingga menjadi tempat yang ideal untuk siput. Media berupa arang, ijuk, spagnum moss bisa menyimpan air dengan baik.  Siapkan ember berisi air sesuai dengan tinggi pot. Rendam pot kedalam ember sehingga pot dan media dipenuhi air. Lakukan selama kurang lebih 1-2 jam hingga siput keluar dari tempat persembunyiannya. Kumpulkan semua siput lalu buang atau musnahkan. Bukan hanya siput saja yang keluar tapi hewan lain seperti semut juga bisa menggunakan cara ini. Jangan lupa angkat kembali pot berisi tanaman anggrek setelah merendamnya.

rendam pot anggrek kedalam ember
rendam pot anggrek kedalam ember

5. Taburkan kulit telur, kopi, dan garam

Anda bisa memilih salah satu dari bahan diatas atau mengkombinasikannya. Taburkan bahan-bahan diatas ke sekeliling media tanam. Kulit telur yang telah direnas-remas akan memiliki permukaan yang runcing sehingga membuat siput tidak nyaman saat berjalan diatasnya. Garam akan membuat permukaan kulit siput mudah mengering sedangkan bau kopi akan mengusir siput. Kulit telur juga bisa berfungsi sebagai pupuk alami yang bisa memperkuat dinding sel tanaman anggrek.

taburan kulit telur sekitar anggrek
taburan kulit telur sekitar anggrek

6. Semprot dengan larutan bawang putih

Bawang putih sering digunakan sebagai pestisida alami untuk menyingkirkan hama pada tanaman. Caranya membuatnya cukup sederhana. Hancurkan 2-3 siung bawang putih, jika ingin praktis anda bisa memblendernya. Campurkan dengan satu sendok makan minyak sayur, diamkan selama semalam. Langkah selanjutnya adalah menyaring hasil rendaman ke dalam wadah berisi 1 liter air yang telah dicampur 1 sendok makan sabun cuci piring. aduk bahan tersebut hingga merata lalu tuang kedalam botol semprotan tanaman. Lakukan penyemprotan pada pagi dan sore hari.

larutan bawang putih pengusir siput
larutan bawang putih pengusir siput

7. Siram tanaman pada pagi hari

Siput termasuk hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Penyiraman pada pagi hari akan membuat media tanam mengering saat sore hari. Jika anda menyiram saat sore hari maka media akan menjadi lembap dan ini akan mengundang siput berada disekitar tanaman.

siram tanaman anggrek  pagi hari
siram tanaman anggrek  pagi hari

Semoga artikel tentang cara membasmi hama siput pada anggrek dapat bermanfaat. Keindahan sebuah anggrek terletak pada  batang, daun dan bunganya. Jika ketiganya tidak sempurna maka tanaman anggrek kehilangan kemampuannya untuk memperlihatkan keindahannya. Jangan biarkan siput merampas itu semua!