Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pertolongan Pertama Setelah Digigit Anjing Yang Harus Anda Lakukan

pertolongan pertama setelah digigit anjing

Duniahobiku.com - Apa yang harus kita lakukan setelah digigit anjing? Pertolongan pertama setelah digigit anjing  harus cepat dilakukan secepat mungkin agar resiko tidak semakin besar dan membahayakan nyawa anda. Anjing sudah lama menjadi sahabat manusia tetapi  tidak semua anjing bisa bersahabat terkadang kita sedang mengalami hari yang buruk sehingga harus mengalami kejadian yang tidak diharapkan.

Kejadian ini bisa menimpa siapa saja, baik itu dari anjing liar ataupun anjing yang kita pelihara. Tingkat keparahan gigitan pun bisa berbeda-beda tergantung jenis anjing yang menyerang. Anjing bertipe besar bahkan dapat menyebabkan patah tulang terutama didaerah rawan seperti tungkai, tangan, lengan dan kaki, belum lagi bahaya rabies yang mengintai.

Gigitan ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja saat kita berada dekat seekor anjing, terutama anjing yang memiliki temperemen buruk. Tidak semua anjing suka mengigit ada anjing yang jinak dan ada juga anjing  yang ganas. Anjing ini biasanya menyerang karena berbagai faktor seperti merasa terancam, melindungi majikannya, merasa terganggu, menjaga anaknya, dan faktor lainnya.  Kita tidak bisa memandang remeh gigitan dan cakaran anjing karena keduanya berpotensi menimbulkan rabies.  Jika seseorang digigit anjing milik pribadi mungkln bisa sedikit bernafas lega karena kita tahu anjing tersebut sudah mendapatkan vaksin rabies , tetapi bagaimana jika itu anjing liar yang tidak pernah mendapat suntikan vaksin rabies? Berikut beberapa pertolongan pertama  setelah dgigit anjing yang bisa anda lakukan :

1.      Cara Membersihkan Gigitan Anjing

Saat digigit anjing anda harus segera melepaskan gigitan anjing dan berusaha menjauhi anjing tersebut agar kejadian tersebut tidak berulang kembali. Setelah anda menjauh perhatikan bekas gigitan anjing tersebut, apakah berdarah, robek atau hanya meninggalkan bekas gigitan berupa lubang kecil karena terkena taring anjing. Sering juga kejadian seseorang digigit anjing tapi tidak berdarah. Jika seandainya terjadi luka robek pastikan anda secepatnya membersihkan bekas gigitan dengan air sabun dibawah air mengalir selama kurang lebih 10-15 menit  dan tekan luka agar darah bekas gigitan anjing bisa keluar untuk mencegah infeksi. Selanjutnya balut bagian yang terluka dengan perban, plester, atau kain bersih.

bilas luka dengan air sabun
bilas luka dengan air sabun

2.      Cari Tahu Riwayat Anjing

Jika anjing yang menggigit milik pribadi, keluarga atau teman tentunya kita bisa bertanya apakah anjing sudah mendapatkan suntikan vaksin rabies untuk mengurangi resiko yang terjadi di beberapa pekan kedepan. Tetapi bagaimana jika tergigit anjing liar? Anjing liar yang berkeliaran tanpa pemilik memiliki resiko yang lebih besar terjangkit rabies.  Kita bisa mengingat-ingat tanda-tanda apakah anjing tersebut mengidap rabies. Anjing yang terjangkit rabies umumnya memiliki temperemen yang buruk dan cenderung suka menyerang disamping itu pada bagian mulut sering mengeluarkan air liur yang berbuih.

ciri anjing rabies
salah satu ciri anjing rabies

3.      Berikan Salep Antibiotik Pada Bekas gigitan

Setelah bekas luka dibersihkan dengan air sabun kemudian lap hingga kering. Setelah itu anda bisa mengoleskan salep yang mengandung antibiotik seperti Neosporin, polysporin ataupun bacitracin. Hal ini perlu anda lakukan agar bekas luka tidak infeksi. Setelah itu bungkus luka dengan perban atau plester. Jika gigitan anjing cukup parah umumnya bekas luka akan meninggalkan lubang dan menimbulkan rasa nyeri yang bisa mengganggu aktivitas anda, untuk mengurangi rasa nyeri tersebut anda bisa meminum obat pereda rasa sakit ibuprofen ataupun parasetamol.

bekas luka gigitan anjing
bekas luka gigitan anjing

4.      Memerikasakan Diri Ke Dokter

Gigitan anjing kecil maupun besar memiliki potensi yang sama menularkan rabies selama anjing tidak mendapat vaksin rabies.  Jarak waktu saat digigit anjing menampakkan gejala biasa disebut masa inkubasi. Masa inkubasi ini bisa terjadi dalam rentang waktu 1-3 bulan, Gejala yang ditimbulkan berbeda-beda tergantung daya tahan tubuh seseorang ada yang cepat dan juga ada yang lambat. Penyakit rabies bisa membuat saraf menjadi terganggu bahkan beberapa kasus bisa menyebabkan kematian. Itulah perlunya penanganan yang cepat agar tidak terjadi infeksi.

Setelah anda menutup luka dengan baik sebaiknya pergilah kedokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dan juga agar mendapatkan suntikan anti rabies dari dokter untuk menghindari penularan penyakit ini, mintalah dokter agar menjahit luka  jika bekas gigitan cukup parah, dokter akan menggunakan benang khusus supaya setelah luka kering benang  dapat menyatu dengan daging.

jahitan bekas luka
jahitan bekas luka

5.      Cara Mengobati Gigitan Anjing Secara Alami

Cara tradisional yang dilakukan oleh suku Batak di Sumatera, ketika anggota keluarga mereka digigit oleh anjing adalah dengan mengoleskan luka gigitan anjing tersebut dengan minyak lampu namun cara ini terbilang efektif dan hampir tidak pernah anggota keluarga mereka yang terkena gigitan anjing terinfeksi rabies setelah melakukan hal tersebut. Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak lampu dapat membunuh bakteri penyebab rabies pada gigitan anjing namun hal ini patut kita coba jika berada didaerah yang sulit mandapat akses kesehatan. Minyak lampu terbuat dari minyak tanah murni yang  biasanya digunakan pada lampu teplok/lampu tempel.

Minyak lampu

gambar Minyak lampu

Setelah anda mengolesi minyak lampu kedalam luka pencetlah luka hingga darah kotor keluar hal ini berguna agar kotoran pada luka dan bakteri pada luka keluar, namun lakukan secara berhati-hati dan cepat agar tidak menimbulkan sakit yang berlebihan saya sarankan agar ini dilakukan oleh orang lain supaya hasilnya maksimal.

Setelah itu tutuplah luka bekas gigitan anjing tersebut menggunakan kain, perban atau plester agar luka bisa tertutup untuk menghindari kotoran.

Semoga artikel tentang 5 Pertolongan Pertama Setelah digigit anjing Yang Harus Anda Lakukan dapat bermanfaat dan semoga anda tidak perlu mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dengan anjing yang tidak bersahabat.