Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Minum Jeruk Nipis Pagi Hari Bagi kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

 manfaat minum jeruk nipis pagi hari

Duniahobiku.com - Pernahkah Anda meminum air perasan jeruk nipis di pagi hari dengan segelas air hangat? Atau tidak pernah sama sekali? Bagi Anda yang tidak pernah meminum jeruk nipis dipagi hari harus mencoba hal ini, karena terdapat banyak manfaat minum jeruk nipis pagi hari untuk kesehatan yang tidak akan pernah anda duga sebelumnya.

Buah berukuran kecil dan memiliki rasa asam ini sering digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman. Rasanya yang asam membuat banyak yang menganggap bahwa buah jeruk nipis tidak baik untuk kesehatan lambung. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis bahkan telah diolah menjadi minyak atsiri dan berfungsi sebagai anti bakteri dan digunakan dalam berbagai industri modern.

Jeruk nipis kaya akan berbagai vitamin dan bisa menyuplai sekitar 20% vitamin C sebagai kebutuhan harian yang diperlukan tubuh. Selain vitamin C dalam jeruk nipis juga mengandung bnerbagai vitamin lainnya seperti kalium, kalsium, vitamin B6, dll. Meminum air jeruk nipis hangat pada pagi hari dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan anda agar tetap prima. Meminumnya secara teratur dapat membersihkan racun-racun yang ada dalam tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan alami. Ada banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan selain sebagai antioksidan alami, Berikut beberapa manfaat minum jeruk nipis pagi hari :

1.      Menjaga keseimbangan pH tubuh

Ketika malam hari, fungsi hati akan bekerja penuh untuk menetralisisr racun-racun dakam tubuh. Pada saat di pagi hari, mengkonsumsi jeruk nipis dengan segelas air hangat akan menyegarkan dan mengembalikan fungsi hati agar tetap bisa bekerja optimal setelah bekerja keras pada malam hari.

Meskipun jeruk nipis memiliki rasa asam, buah yang satu ini memiliki kandungan yang disebut dengan senyawa alkaline. Senyawa ini dapat membantu proses pertumbuhan molekul dalam tubuh sebagai penyeimbang kadar pH. Ketika kadar pH dalam tubuh seimbang, maka daya tahan tubuh akan meningkat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Bagaimana dengan rasa asam yang terdapat pada jeruk nipis? Apakah berbahaya?

Meskipun jeruk nipis memiliki rasa asam yang kecut, akan tetapi ketika masuk kedalam lambung akan bersifat basa, bukan asam. sehingga seharusnya tidak masalah terhadap lambung, bahkan ketika dikonsumsi di pagi hari, tetapi bagi beberapa penderita tukak lambung sebaiknya tidak meminumnya dalam jumlah berlebihan untuk mencegah iritasi.

menjaga Ph tubuh
menjaga Ph tubuh

2.      Membantu program diet

Bagi anda yang akan atau sedang menjalani diet, salah satu metode diet alami yang dianjurkan adalah dengan terapi jeruk nipis pagi hari. Manfaat minum jeruk nipis pagi hari secara rutin dapat membantu membakar lemak pada tubuh dengan takaran tertentu. Namun demikian ketika diet dengan jeruk nipis tidak dianjurkan meminum secara terus menerus sebulan penuh, usahakan maksimal 10 hari dalam sebulan ketika meminum air jeruk nipis dipagi hari.

membantu program diet
membantu program diet

3.      Membantu mencegah penyakit kanker

Meminum perasan jeruk nipis dipagi hari dengan segelas air hangat ternyata dapat membantu mencegah penyakit kanker, karena zat antioksidan yang terdapat pada buah jeruk nipis ini akan bekerja lebih  maksimal. Selain itu antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini, dan membantu menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.

mencegah penyakit kanker
mencegah penyakit kanker

4.      Menjaga daya tahan tubuh

Buah jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi, meskipun kandungan vitamin C pada buah ini masih lebih sedikit dibandingkan dengan buah jambu merah. Namun vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Semua jenis buah jeruk termasuk jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C pada jeruk nipis sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan regenerasi sel sebagai antiinflammatory. Manfaatnya, ketika mengalami luka terutama luka luar seperti bagian kulit yang teriris, akan cepat sembuh.

menjaga daya tahan tubuh
menjaga daya tahan tubuh

5.      Mengatasi sembelit

Manfaat air hangat dan jeruk nipis di pagi hari ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah sembelit dan masalah pencernaan. Perasan air jeruk hangat dapat menstimulasi dan mengatur gerakan usus agar bekerja lebih optimal serta menghilangkan rasa sakit akibat sembelit. Tetapi sebaiknya jangan komsumsi secara berlebihan.

mengatasi sembelit
mengatasi sembelit

6.      Mengatasi penuaan dini

Bagi anda yang ingin selalu terlihat awet muda, meminum segelas jeruk nipis pagi hari bisa menjadi alternatif selain mengkomsumsi sayur dan buah-buahan.  Kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis bisa menjadi antioksidan dan mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan kulit.

mencegah penuaan dini
mencegah penuaan dini

7.      Meredakan batuk

Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada jeruk nipis lebih banyak dibandingkan jeruk lainnya dan bisa berfungsi untuk meredakan batuk yang bisa mengganggu aktivitas anda. Dalam pengobatan tradisional jeruk nipis sering ditambahkan sedikit kecap manis untuk mengurangi rasa asam dan meredalan batuk.

meredakan batuk
meredakan batuk

8.      Mengurangi resiko penyakit jantung

Serat dan zat Limonim pada jeruk nipis dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kandungan lain berupa potassium dan magnesium juga membantu memperlancar peredaran darah sehingga baik dikomsumsi untuk kesehatan jantung.

mengurangi resiko penyakit jantung
mengurangi resiko penyakit jantung

Semoga artikel tentang manfaat minum jeruk nipis pagi hari bagi kesehatan dapat bermanfaat, sehingga kita menyadari dibalik rasanya yang asam ternyata jeruk nipis menyimpan manfaat yang beragam.