Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbanyak Tanaman Tomat Dengan Stek Tunas Air

cara memperbanyak tanaman tomat

Duniahobiku.com - Bagaimana cara memperbanyak tanaman tomat dengan cepat? Berbagai teknik dilakukan supaya tanaman tomat dapat  diperbanyak secara cepat dan menghasilkan varietas yang baik minimal sama dengan induknya. Cara konvensional memperbanyak tanaman hanya ada dua yaitu melalui biji (benih) dan stek batang. Perbanyakan tanaman dengan menyemai biji tomat membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cara stek tunas air. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Perbanyakan tanaman melalui stek batang atau tunas air yaitu suatu teknik dimana kita memotong tunas yang muncul dari ketiak daun yang merupakan pangkal percabangan pada tanaman tomat. Stek batang  memiliki kelebihan di mana kita akan menghasilkan varietas yang sama dengan pohon induknya disamping itu pohon akan lebih cepat besar dan cepat berbuah, sehingga penanaman jadi lebih produktif.

Berikut adalah cara pemilihan batang yang disebut tunas air yang di stek.

Pilih cabang yang yang tumbuh dari ketiak daun, tentu saja yang tidak ada buah tomatnya. Usahakan potongan rapi dan sedikit meruncing. Jangan buang daun atau bagian yang ada pada cabang yang dipotong tersebut.

tunas air tomat
gambar tunas air tomat

Pemilihan cabang yang ditunjukkan pada tanda panah berwarna biru seperti gambar diatas. Cabang yang dipilih tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua, sebaiknya pilih tunas air yang sudah cukup panjang sekitar 5-7 cm. Kalau terlalu muda kemungkinan lama untuk tumbuh akar baru. Selanjutnya sediakan wadah yang telah diisi air bersih, kemudian letakan stek batang tomat pada wadah berair tersebut dengan posisi berdiri. Selama menunggu keluar akar baru dari ujung batang stek letakan ditempat yang terlindung dari terik matahari. Jika stek pohon tomat berhasil maka dalam waktu 3-7 hari akar akan keluar dan tumbuh semakin banyak. Pada saat akar sudah cukup panjang maka tanaman stek bisa dipindahkan ke media tanam yang telah disiapkan sebelumnya, lakukan perawatan secara berkala hingga tanaman tomat tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah yang banyak.

stek tunas tomat di air
gambar stek tunas tomat di air

Cara yang lain yaitu dengan menancapkan stek batang tersebut pada rockwool kemudian masukan kedalam netpot, supaya tidak terlalu repot untuk penanganan selanjutnya apabila sudah muncul akar baru, tetapi tergantung sistem apa yang akan digunakan untuk membesarkan tanaman tersebut, apakah ditanam pada media tanah menggunakan organik atau ditanam dengan pada media hidroponik.

stek tunas tomat di rockwool
gambar stek tunas tomat di rockwool

Semoga artikel tentang Cara Memperbanyak Tanaman Tomat Dengan Stek Tunas Air dapat bermanfaat dan membantu anda berkebun tomat secara lebih efektif dan efisien.