Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Iguana Bagi Pemula

cara merawat iguana bagi pemula

Duniahobiku.com - Bagaimana cara merawat iguana bagi pemula? Iguana merupakan salah satu reptil yang banyak diminati oleh para penggemar hewan eksotik. Kadal besar yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia ini memiliki bentuk seperti hewan purba. Bagi anda yang baru tertarik memelihara hewan ini tentunya perlu mengetahui cara memelihara dan merawatnya agar tumbuh sehat. Simak terus artikel dibawah ini untuk menemukan beberapa tips merawat iguana.

Iguana merupakan hewan yang sangat sensitif pada indera yang dimilikinya. Indera pada tubuhnya memiliki ketajaman di atas rata-rata, sehingga bila ada musuh yang mengancam jiwanya maka iguana akan segera meloncat ke pohon ataupun ke dalam aliran sungai untuk menyelamatkan hidupnya. Banyak yang mengenal sosok hewan ini sebagai sosok hewan purba karena iguana memiliki sisik di sekujur tubuhnya yang tertata rapi dan oleh sebab itu pula banyak orang yang memelihara jenis hewan yang aktif di siang hari ini. Walaupun iguana pandai menghindari musuh, namun iguana tidaklah pandai dalam menghindari penyakit yang menyerang di tubuhnya. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai merawat binatang ini agar tetap sehat.

Perawatan Iguana

1. Habitat asli iguana adalah daerah yang bersuhu panas yaitu berkisar antara 30-39°C, oleh karena itu kandang iguana haruslah terkena sinar matahari dan jika tidak maka dapat menggunakan lampu UV buatan. Sinar panas yang diperlukan hewan ini berguna untuk membangun vitamin D. Kekurangan sinar matahari akan membuat warna kulit akan terlihat pucat dan kurang menarik.

2. Lakukan pembersihan kandang dua kali sehari agar kandang menjadi bersih dan sehat untuk iguana. Jika segala jenis kotoran yang ada di kandang tidak di bersihkan maka akibatnya cukup serius, yaitu kulit iguana bisa menjadi lembek, rapuh, melepuh, bahkan luka karena terkelupas dan dapat terjadi pembusukan. Untuk mencegah hal ini maka anda dapat membersihkan kandang secara berkala, dan jika sudah terlanjur luka maka anda dapat memberinya obat merah.

3. Supaya hewan ini tetap sehat maka anda dapat memberinya antibiotik, vitamin A dan juga vitamin E setiap 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

4. Agar hewan ini merasa tetap sehat, maka anda harus memberinya makanan yang bergizi dan sesuai takaran yaitu ikan, telur rebus, daging, brokoli, bayam, alfalfa, bit, jamur, wortel 20g setiap kg berat badan. Takaran waktunya adalah 2-3 kali sehari bagi iguana muda sedangkan 2-3 kali seminggu bagi iguana dewasa.

Semoga artikel tentang Cara Merawat Iguana Bagi Pemula dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat reptil.