Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Dan Body Mobil

 

Duniahobiku.com - Bagaimana cara menghilangkan jamur pada kaca mobil? Salah satu pilihan kendaraan yang sering di pakai untuk kegiatan sehari-hari maupun berlibur adalah mobil pribadi, nah sudah tentu mobil wajib berkondisi baik supaya nyaman dikendarai. Kebersihanpun tak boleh luput dari perhatian. Salah satu bagian penting yang mesti diperhatikan adalah kaca mobil. Tetapi terkadang mobil yang sudah berumur memiliki masalah yaitu terdapat jamur pada kaca yang dapat mengganggu penglihatan pengemudi dan tentu saja juga mempengaruhi tampilan mobil menjadi kurang menarik. Sebenarnya kita dapat menggunakan beberapa bahan yang tersedia dirumah dalam membersihkan kaca mobil. Simak terus artikel dibawah untuk menemukan bahan apa saja yang bisa anda gunakan untuk membuat kaca mobil anda makin kinclong.

Kaca yang bening dapat membantu pengemudi saat berkendara. terutama saat malam hari, kaca yang bening mampu mengurangi pembiasan cahaya mobil lain. Sebelum melakukan pembersihan, kita wajib tahu dari banyaknya pembersih kaca buatan pabrik yang  mengandung senyawa nitrogen dan hidrogen (NH3) atau sering disebut zat ammonia, yang digunakan untuk bahan campuran pembersih kaca mobil , zat ini pilihan terakhir paling ampuh untuk membersihkan jamur dan flek pada kaca mobil yang  sering terjadi pada mobil-mobil tua dan mobil yang kurang mendapatkan perawatan.

Oh iya, ada satu hal lagi yang perlu kita ketahui bahwa tidak semua pembersih kaca cocok terutama mobil buatan Jepang, Korea atau Eropa, dikarenakan tinted windows tidak cocok dengan bahan tersebut, yang dapat mengakibatkan semakin kusamnya kaca. Agar dapat mengetahui jenis kaca tersebut, kita dapat melihat disudut bawah pada kaca. Seperti terdapat tulisan "ammonia free" atau "safe for tinted windows"

Selain bahan pabrikan seperti di atas ada bahan lain yang dapat kita temukan pada bahan rumah tangga sehari-hari, seperti :

1.      Pasta Gigi

Bahan ini sudah pasti ada dirumah kita. Nah jika menggunakan bahan ini caranya cukup mudah, cukup dengan cara dioleskan pada kaca sampai ketebalan yang diperlukan, saya anjurkan sedikit tebal saja. Tunggu sampai pasta gigi mengering, kemudian bersihkan menggunakan air, dan keringkan menggunakan kain.

pasta gigi

2.      Pemutih Pakaian

Penggunaan pemutih pakaian juga sangat efektif untuk membersihkan jamur pada kaca mobil, yaitu dengan basahkan bagian kain dengan pemutih dengan air yang sudah dicampur oleh bahan tersebut, dan gosokan kain ke kaca mobil yang berjamur. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

pemutih pakaian

3.      Face Tonic

Barang yang biasanya di miliki wanita ini juga dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan efektif. Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil menggunakan face tonik ini bahkan lebih simpel dari cara sebelumnya, yaitu hanya dengan menuangkan sedikit face tonic pada kain lembut, lalu gosokkan kain ke kaca mobil hingga jamur bersih dan di lanjutkan dengan menyiramnya menggunakan air bersih.

face tonik

4.      Cuka Apel

Cuka apel bukan hanya bisa digunakan dalam mengobati berbagai penyakit tetapi dapat pula untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. kita dapat melakukanya dengan mencampurkan 3 sendok cuka apel tersebut dengan 1 liter air bersih (atau secukupnya). Kemudian basahkan kain dengan cairan yang sudah di campurkan tadi. Gosokan pada kaca agar dapat menghilangkan jamur kaca mobil secara sempurna, lalu keringkan dengan kertas koran.

cuka apel

5.      Alkohol

Alkohol juga sangat efektif dalam membersihkan jamur kaca mobil. Kita dapat menggunakan bahan tersebut dengan cara membasahi kain, kapas atau tisu dengan cairan alkohol, kemudian gosokan ke bagian kaca hingga jamur hilang dan tidak perlu membilas dengan air lagi.

alkohol

6.      Bedak

Jenis bedak yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan jamur kaca mobil adalah bedak tabur. Dikarenakan bedak tabur tersebut lebih cepat larut saat bila dicampurkan air. Kita dapat menghilangkan jamur menggunakan bedak tabur dengan cara mencampur bedak dengan sedikit air sampai seperti adonan kue. Selanjutnya gosokan perlahan menggunakan kain, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kertas koran.

bedak

Cara Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil

Untuk membersihkan jamur pada body mobil tidaklah sulit. seperti yang anda pikirkan. Jika kita ingn menggunakan bahan pabrikan kita dapat membersihkan jamur dan dapat juga mengkilapkan body, dengan cara seperti berikut :

Bersihkan dahulu body mobil memakai air bersih.

Usahakan disaat kita mencuci dan memoles body, kita terhindar dari panas matahari, dikarenakan panas matahari dapat menyebabkan bahan pembersih tersebut lebih cepat kering, dan meninggalkan flek pada permukaan body.

Gunakan kain khusus (microfiber) atau jika tidak ada kita dapat menggunakan kain biasa yang berbahan lembut.

Basahkan kain tersebut dengan bahan pabrikan tadi.

Gosokan pada bagian-bagian body mobil yang anda inginkan.

Setelah di gosokan pada bagian-bagian body mobil, lanjut mengelap bagian tersebut dengan memakai kain, sampai body mobil sudah bersih dari jamur membandel tersebut.

Jika menurut anda belum mencapai hasil yang memuaskan, lakukan proses tersebut berulang kali sampai sesuai dengan yang anda harapkan.

Semoga artikel tentang 6 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Dan Body Mobil dapat bermanfaat dan membantu anda mengatasi masalah jamur yang terjadi pada mobil anda dan membuatnya makin kinclong.