Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Fakta Tentang Nyamuk dan Beberapa Penyakit Yang Dibawa Nyamuk

 fakta tentang nyamuk

Duniahobiku.com - 8 fakta tentang nyamuk dalam artikel ini akan membawa kita mengenal hewan yang dianggap menjadi pembunuh nomor satu didunia. Mungkin anda tidak menyangka bahwa hewan sekecil ini bisa dinobatkan menjadi pembunuh nomor satu didunia. Ingin tahu fakta apa saja tentang nyamuk yang mungkin belum anda ketahui? Simak penjelasannya pada artikel dibawah ini.

Nyamuk hampir bisa kita temukan diseluruh dunia dan hidup diantara kita setiap harinya. Air liur nyamuk bisa menyebabkan alergi dan gatal pada kulit tubuh tetapi bukan cuma itu saja ternyata banyak fakta menarik yang bisa kita jumpai pada hewan ini. Berikut 8 (delapan) fakta tentang nyamuk antara lain :

1.           Nyamuk Tidak ada di Islandia

Semua spesies nyamuk tersebar di seluruh belahan dunia kecuali di Islandia. Bahkan di Antartika nyamuk mampu hidup di cuaca ekstrim yang dingin. Tetapi dinegara Islandia hampir tidak ditemukan nyamuk yang menyebabkan misteri dikalangan ilmuwan. Para  Ilmuwan sendiri masih mencari penyebab mengapa di negara ini nyamuk tidak ditemukan.

2.           Cuma Nyamuk Betina Yang Menghisap Darah

Ternyata hanya nyamuk betina yang menghisap darah. Nyamuk betina membutuhkan protein yang terdapat dalam darah untuk mengembangkan telurnya. setelah kantung perutnya sudah dipenuhi darah. nyamuk betina akan beristirahat selama beberapa hari dan kemudian bertelur. Bahkan seekor nyamuk betina bisa menghisap darah manusia sebanyak 2 hingga 3 kali lipat dari berat tubuhnya.

3.           Nyamuk Jantan Mengambil Sari Tanaman dan Buah

Berbeda dengan nyamuk betina, nyamuk jantan hanya makan dari sari tumbuhan dan buah. Jadi tidak semua nyamuk menggigit dan menghisap darah manusia.

4.           Nyamuk Berumur Pendek

Salah satu yang bisa membuat kita sedikit bernafas lega karena ternyata nyamuk memiliki masa hidup yang tergolong singkat hanya sekitar 10-56 hari tergantung lingkungan dimana ia hidup. Bayangkan jika hewan ini berumur panjang mungkin dampaknya lebih berbahaya lagi. Bahkan nyamuk jantan memiliki waktu hidup terpendek, yakni 10 hari atau kurang dari itu. Nyamuk betina dapat bertahan hidup sekitar 6-8 minggu

5.           Telur Nyamuk Bisa Mencapai 300 Butir

Fakta lainnya adalah sekali bertelur nyamuk dapat menghasilkan 300 jentik nyamuk. setelah 3 (tiga) kali bertelur nyamuk betina akan mati. Siklus hidup nyamuk tergolong cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 8-10 hari dari tahap telur hingga menjadi nyamuk dewasa.

6.           Nyamuk Hewan Berdarah Dingin

Nyamuk merupakan serangga berdarah dingin, sehingga sebagian besar dari mereka tidak dapat bertahan hidup di cuaca dingin. Mereka lebih menyukai suhu diats 26ÂșC. Nyamuk betina dari beberapa spesies akan mencari tempat/lubang untuk menunggu cuaca yang lebih hangat.

7.           Ada sekitar 2700-3500  Spesies Nyamuk Diseluruh Dunia

Mungkin anda tidak menyangka bahwa hewan ini memiliki keluarga besar dibalik tubuh mungilnya yang hanya mencapai 2-2,5 mg dan mungkin beberapa diantaranya cukup populer ditelinga kita seperti Aedes aegypti dan anopheles. Beberapa sumber menyebutkan ada sekitar 2700 hingga 3500 spesies nyamuk diseluruh dunia yang telah diidentifikasi oleh para peneliti.

8.           Nyamuk sudah hidup sejak zaman jurrasic (zaman dinosaurus)

Fosil nyamuk yang ditemukan oleh ilmuwan diperkirakan  berasal dari  sekitar tahun 199-251 juta tahun yang lalu dimana masa itu zaman dimana dinosaurus masih berkeliaran dimuka bumi (zaman jurrasic). Fosil tersebut menjadi bukti kuat keberadaan hewan ini telah ada sejak ribuan tahun lalu. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan membuatnya bisa survive hingga sekarang meskipun dinosaurus dan beberapa hewan lainnya telah punah.

Walaupun bertubuh kecil kita jangan menganggapnya remeh, hewan kecil ini telah memiliki rekor sebagai pembunuh manusia nomor wahid dimuka bumi dan rekor ini sulit ditandingi hewan lain. Bahkan menurut beberapa literature khusus untukpenyakit DBD saja bisa menjangkiti sekitar 390 juta jiwa diseluruh dunia dan ada sekitar 725 ribu jiwa meninggal setiap tahunnya akibat nyamuk. Beberapa penyakit yang dapat dibawa oleh nyamuk:

1.           Zika

Virus Zika yang dibawa nyamuk jenis aedes aegypti dan aedes albopictus. Nyamuk jenis ini mencari mangsa pada siang hari, untuk nyamuk jenis aedes aegypti hidup di tempat air bersih sedangkan untuk nyamuk jenis aedes albopictus hidup di air kotor.

Virus zika apabila sudah menjangkiti manusia akan menimbulkan beberapa gejala yaitu demam, nyeri sendi, mata merah. Gejala-gejala penyakit zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya dan berlangsung beberapa hari hingga satu minggu.

2.      Demam Berdarah Dengue

Penyakit DBD dibawa nyamuk jenis aedes aegypti. Nyamuk jenis ini mencari mangsa pada siang hari, untuk nyamuk jenis aedes aegypti ini hidup di tempat air bersih.

3.      Kaki Gajah (filariasis)

Penyakit yang disebarkan melalui nyamuk lainnya adalah penyakit kaki gajah. Nyamuk jenis culex dan anopheles lah yang dapat menyebarkan penyakit kaki gajah. Nyamuk jenis culex mencari mangsa pada malam hari bekembang biak di tempat air kotor. Sedangkan nyamuk Anopheles mencari mangsa pada siang hari, tempat berkembang biaknya di tempat air kotor.

Penyakit kaki gajah merupakan golongan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. setelah tergigit nyamuk, parasit yang terbawa akan sampai pada jaringan limpa maka akan berkembanglah menjadi penyakit tersebut. Dan penyakit ini sifatnya menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dapat menimbulkan cacat yang menetap berupa pembesaran pada kaki dan lengan

4.           Chikungunya

Penyakit Chikungunnya pernah mewabah di dunia, juga penyebarannya dilakukan oleh nyamuk. Nyamuk jenis aedes albopictus merupakan perantara penyakit ini. Nyamuk jenis ini mencari mangsa pada siang hari dan hidup di air kotor.

Semoga artikel 8 Fakta Tentang Nyamuk dan Beberapa Penyakit Yang Dibawa Nyamuk dapat bermanfaat dan membuat kita semakin waspada terhadap nyamuk yang setiap hari bisa kita jumpai berkeliaran disekitar rumah.