Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Membersihkan Kandang Anjing Yang Baik

 cara membersihkan kandang anjing

Duniahobiku.com - Bagaimana cara membersihkan kandang anjing yang baik? Kandang yang sehat tentunya akan membawa dampak bagi kesehatan anjing itulah sebabnya mengapa kandang hewan peliharaan harus dibersihkan secara teratur. Tapi membersihkan kandang anjing tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena dapat membuat virus dan bakteri didalam kandang berkembang biak dan bisa mempengaruhi kesehatan anjing dalam jangka waktu panjang. Untuk mengetahui cara membersihkan kandang hewan peliharaan yang baik silahkan simak terus artikel dibawah ini.

Anjing yang sehat merupakan dambaan setiap penggemar anjing.  Anjing yang sehat akan memiliki gerakan yang lincah dan jauh dari segala penyakit, sebagai pemilik kita tentunya tidak ragu untuk bermain dan bercengkrama dengan anjing yang sehat. Anjing yang mendapatkan kenyamanan dari kandang yang lebih bersih juga mempengaruhi psikologis dalam waktu yang cukup lama. Anda juga harus tahu bahwa kandang yang terlalu kotor bisa menjadi sumber penyakit yang sangat buruk bagi anjing, terutama penyebaran kutu atau parasit. Hal ini harus segera diatasi dengan membersihkan kandang anjing secara berkala. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan masalah dikemudian hari, ada banyak penyakit yang berasal dari bakteri, virus, parasit yang mengintai anjing anda jika kondisi lingkungannya buruk. Penyakit-penyakit itu antara lain Leptospirosis, Scabies, kutu, jamur, dll.

Waktu ideal membersihkan kandang anjing

Pola pembersihan yang dilakukan untuk kandang anjing sebaiknya dihitung secara berkala. Biasanya pola seperti ini untuk menjaga kenyamanan pada anjing. Beberapa dokter hewan menyarankan untuk membersihkan kandang selama 1 minggu sekali. Namun, hal ini juga bisa disesuaikan terhadap seluruh kondisi dan kotoran yang menempel di bagian sela kandang. Anda juga harus memperhitungkan ukuran dan material yang digunakan untuk kandang anjing itu. Ukuran yang lebih besar memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Beberapa kandang anjing yang memiliki material dari besi atau metal juga akan membutuhkan proses yang lebih detail pada bagian sela-sela kandang.

Langkah mudah membersihkan kandang anjing

Sebenarnya anda memiliki kesempatan untuk membersihkan seluruh bagian kandang tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Tentu saja proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Perlengkapan yang digunakan untuk membersihkan kandang ini biasanya tidak terlalu rumit.

Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memulai membersihkan kandang anjing, seperti:

  1. Mulailah menggunakan sarung tangan untuk menjaga kebersihan dari kotoran yang mudah menempel di bagian tangan.
  2. Sediakan perlengkapan seperti kantong plastik untuk kotoran anjing dan alat pembersih lainnya, seperti sapu kecil atau sekop kecil.
  3. Pindahkan anjing kekandang lain untuk sementara waktu agar anda lebih leluasa membersihkan kancang secara keseluruhan.
  4. Sapu kandang anjing dengan menggunakan sapu pada seluruh lantai dan jika model kandang anjing berbentuk rumah portable yang atapnya bisa dibuka pasang, maka bukalah atapnya untuk memudahkan anda membersihkan kotoran dan debu yang menempel secara seksama.
  5. Seluruh kotoran dengan ukuran besar atau tekstur yang sangat keras dimasukkan ke dalam plastik.
  6. Sediakan satu ember air yang telah diberi sabun atau desinfektan kandang. Siram seluruh bagian kandang dengan menggunakan air jika kandang berbentuk jeruji besi, Bilas dengan air pada bagian kandang anjing yang memiliki kotoran cukup banyak.
  7. Pilih sabun yang tidak memiliki aroma menyengat dan tidak memiliki kandungan berbahaya bagi kulit anjing.
  8. Selanjutnya gunakan sabun pembersih untuk bagian dalam dari kandang anjing.
  9. Setelah semuanya kandang terlihat bersih dari kotoran kemudian bilas dan sikat setiap sudut kandang tanpa terkecuali dan pastikan semuanya terkena desinfektan. Sudut dan celah-celah kecil bisa menjadi tempat bersarangnya kutu, virus dan parasit. Setelah semuanya dilakukan kemudian langkah selanjutnya adalah mengeringkan kandang dibawah sinar matahari langsung. Jemur kandang anjing dalam waktu tertentu di bawah sinar matahari hingga kandang benar-benar kering dan tidak ada lagi sisa-sisa air yang menempel pada kandang.. Ini dilakukan agar tidak banyak bakteri yang menempel di bagian dinding dari kandang.
  10. Bila kandang itu memiliki bantal khusus, sebaiknya cuci atau ganti dengan yang baru.
  11. Pola pembilasan sebaiknya disesuaikan dengan material dari seluruh kandang anjing. Bila kandang anjing terbuat dari kayu sebaiknya gunakan kain basah untuk membersihkan dinding dan alas kandang. Namun, bila kandang terbuat dari metal atau besi, anda bisa menyemprotkan dengan selang yang memiliki tekanan tinggi.
  12. Setelah semua proses telah anda jalankan dengan baik maka kandang anjing siap untuk digunakan kembali.

cara membersihkan kandang anjing
cara membersihkan kandang anjing

Semoga 12 Cara Membersihkan Kandang Anjing Yang Baik dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara menangani kandang hewan yang kotor. Kandang yang bersih selain tidak menimbulkan bau yang menyengat akan membuat anjing anda selalu sehat.