Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Buah Langka Indonesia Yang Sulit Dijumpai

 Tanaman Buah Langka

Duniahobiku.com - Tahukah anda tanaman buah langka di Indonesia yang keberadaannya makin sulit ditemui?  Keberadaan buah lokal yang dulu banyak ditemukan kini makin terkikis dengan buah impor yang memiliki tampilan menarik dan lebih mudah kita jumpai dipasar dan seupermarket, padahal buah lokal sebenarnya memiliki berbagai keunggulan yang tidak kalah dengan buah impor. Penasaran apa saja tanaman buah langka asli Indonesia? Simak terus artikel dibawah ini.

Tanaman buah di Indonesia

Sebenarnya banyak sekali tanaman buah yang ada di Indonesia, karena Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang memiliki tanah yang subur. Sehingga, negara Indonesia memiliki kondisi alam yang sangat cocok sebagai negara penghasil buah buahan. Tetapi, ironisnya, ada banyak tanaman buah langka yang keberadaannya semakin sulit ditemukan dan jika tidak mendapat perhatian maka tanaman buah itu hanya akan ditemukan lewat gambar dan cerita orang tua kita.

Ya memang tidak bisa dipungkiri, negara Indonesia sering melakukan impor buah daripada ekspor sehingga buah lokal sulit menjadi tuan rumah dinegara sendiri. Apalagi pihak pihak terkait sepertinya kurang serius mengembangkan buah lokal dengan berbagai alasan yang terkesan dibuat-buat.

Buah merupakan tempat cadangan makanan yang disimpan oleh tanaman dan rasanya berbeda antara buah yang satu dengan yang lainnya. Ada banyak jenis buah yang bisa kita jumpai di pasaran seperti jeruk, pisang, rambutan, melon, salak, mangga, sawo, durian, dan berbagai jenis buah lainnya. Indonesia memang merupakan surga buah tropis namun sayangnya beberapa buah dibawah ini makin sulit kita jumpai dan keberadaannya makin langka. Berikut beberapa tanaman buah langka yang ada di Indonesia:

1.      Buah Kesemek

Buah kesemek merupakan salah satu buah yang berasal dari marga Diospyros, buah ini awalnya berasal dari Tiongkok kemudian menyebar ke Jepang dan negara-negara lain termasuk Indonesia. Buah kesemek sendiri mempunyai nama lain yaitu buah kaki, penamaan “kaki” ini berasal dari bahasa Jepang yang artinya adalah zat tannin yang berasal dari buah kesemek. Dulu, di Indonesia buah kesemek ini banyak dibudidayakan di daerah Brastagi, Sumatera Utara bahkan sampai di ekspor ke negara tetangga seperti Singapura namun kejayaan terebut akhirnya hilang digantikan komoditas buah lain. Di pulau Jawa tepatnya Jawa Barat dan Jawa Timur kita masih dapat menemukan buah ini dan ditanam didaerah pegunungan.

Buah Kesemek

Buah Kesemek

2.      Buah Carica

Buah carica adalah salah satu buah pegunungan yang memiliki citarasa yang lezat dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Carica sering juga disebut sebagai pepaya gunung dan sering diolah menjadi sirup, jus maupun manisan, tetapi jika anda ingin memakannya secara langsung juga boleh karena tanpa diolah pun buah carica ini tetap merupakan buah yang enak

Buah carica tumbuhnya diwilayah Dieng, Jawa Tengah. Buah ini mempunyai bentuk yang mirip dengan buah pepaya tetapi ukuran buah carica jauh lebih kecil. Memiliki aroma yang wangi, rasa yang asam dan memiliki buah yang kenyal. Termasuk dalam buah langka Indonesia.

Buah Carica
 Buah Carica

3.      Buah Matoa

Buah matoa merupakan buah langka asli Indonesia yang merupakan tanaman khas daerah Papua. Pohon dari buah matoa sendiri tergolong pohon besar yang memiliki tinggi bisa mencapai 18 meter. Umumnya pohon matoa ini bisa tumbuh didaerah yang kering yang tidak tergenang oleh air. Buah matoa sendiri berbuah cuma sekali dalam setahun biasanya berbunga pada bulan Juli sampai Oktober, lalu berbuahnya 4 bulan kemudian setelah bunga tumbuh. Rasa buah ini sangat unik karena kita dapat merasakan beberapa rasa buah dalam buah matoa. Seperti produk 3 in 1 dalam satu buah.

Buah Matoa
Buah Matoa

4.      Buah Cempedak

Buah cempedak banyak tumbuh didaerah Sumatera dan Kalimantan. Buah ini mempunyai bentuk fisik yang mirip dengan buah nangka dan memiliki aroma yang kuat seperti buah durian. Tetapi buah cempedak lebih mudah dikupas daripada buah nangka. Karena tinggal di iris dari sisi bawah buah cempedak lalu tarik keatas sampai puluknya nanti akan otomatis isinya terangkat semua. Buah ini umumnya berbuah setahun sekali.

Buah Cempedak
Buah Cempedak

5.      Buah Lai

Tanaman buah lai adalah tanaman buah yang mempunyai fisik yang mirip dengan buah durian. Mungkin dilihat dari jauh akan terlihat seperti buah durian, bahkan daun pohon lai pun mirip dengan pohon durian. Perbedaan buah lai dengan buah durian dilihat dari durinya, durinya lebih tajam, warna buahnya juga lebih kuning tentunya rasanya jauh lebih manis daripada buah durian, tetapi tidak mengeluarkan bau yang menyengat seperti buah durian. Buah ini juga merupakan varitas unggul pemerintah Kalimantan Timur.

Buah Lai
Buah Lai

6.           Buah Buni

Buah buni berasal dari Asia Timur. Buah ini memiliki bentuk kecil berwarna merah keunguan, seperti buah berry lainnya. Buah buni juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah buni termasuk tanaman buah langka yang makin sulit dijumpai.

Buah Buni
Buah Buni

7.           Buah rukam

Buah ini jarang ditanam dan dibudidayakan oleh masyarakat, meskipun buah ini dapat dimakan langsung tetapi rasanya sepat dan cenderung dibuat menjadi selai atau berbentuk manisan. Buah berwarna merah muda ini sering digunakan sebagai obat diare. Buah ini cocok untuk yang sedang melakukan program diet karena selain mengandung vitamin C juga mengandung serat alami.

Buah rukam
 Buah rukam

8.           Buah Kemang

Buah ini memiliki bentuk seperti mangga tetapi berwarna coklat dan memiliki aroma yang harum dan dianggap seperti binjai. Buah ini bisa kita temukan didaerah Sumatera dan Kalimantan dan biasanya tumbuh ditepi sungai.

Buah Kemang
 Buah Kemang

9.           Buah Bisbul

Buah ini memiliki nama lain yaitu buah mentega dan lemak karena memiliki daging buah yang mirip dengan mentega, tidak semua orang menyukai bau dari buah ini karena dianggap terlalu keras. Tanaman bisbul berasal dari Filipina dan menyebar hingga ke Indonesia.

Buah Bisbul

Buah Bisbul

10.      Buah Gandaria

Tanaman ini telah dibudidayakan di Sumatera dan Thailand, hampir seluruh bagian gandaria bisa dimanfaatkan,mulai dari buah, daun bahkan batangnya. Warna buah berwarna kuning mencolok dan memikat mata penikmat buah meskipun rasanya kecut manis. Sekilas tampilannya mirip dengan buah mangga impor.

Buah Gandaria
Buah Gandaria

Semoga 10 Tanaman Buah Langka Indonesia Yang Sulit Dijumpai dapat menambah wawasan anda tentang berbagai jenis buah lokal di Indonesia yang keberadaannya semakin sulit ditemukan. Semoga tanaman buah langka ini masih dapat kita jumpai dikemudian hari.