Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Pisang Paling Populer di Indonesia, Mana favorit anda?

 9 Jenis Pisang Paling Populer di Indonesia, Mana favorit anda?

      Bangun pagi ditemani segelas kopi panas dan sepiring pisang goreng pasti rasanya sangat nikmat! Buah pisang merupakan sumber energi dan kalium yang bisa kita dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Ada banyak jenis pisang yang bisa kita temukan dipasar atau toko buah. Tentunya setiap pisang memiliki karakteristik sendiri ada yang bisa dimakan langsung tetapi ada pula yang harus melalui proses pengolahan. Apa saja jenis pisang yang ada di Indonesia? Temukan jenis pisang favorit anda dalam artikel 9 jenis pisang paling populer di Indonesia, Mana Favorit anda?

    Hampir seluruh bagian pisang dapat dimanfaatkan mulai dari buah, jantung pisang, daun pisang bahkan bonggol pisang masih memiliki manfaat sebagai pakan ternak dan pembuatan pupuk. Tidak semua pisang dapat kita komsumsi contohnya pisang abaka (serat), pisang hias, dan pisang raja. Artikel 9 jenis pisang paling populer di Indonesia hanya membahas tentang pisang yang dapat di komsumsi. Berikut jenis-jenis pisang yang populer di Indonesia :

1.    Pisang Raja

Pisang raja memiliki aroma yang kuat dan manis, ukurannya termasuk kategori buah berukuran sedang. Pisang ini biasa dijadikan bahan olahan pisang, khusus di Sulawesi biasa digunakan sebagai isi dalam pembuatan pisang ijo. Harga pisang raja sekitar Rp.20.000-35.000/ sisir.

Gambar Pisang Raja
Gambar Pisang Raja

      Pisang raja memiliki ciri-ciri sebagai berikut: buahnya agak melengkung keatas, Kulit buah tebal namun sedikit kasar, pisang raja matang berwarna kuning orange, Memiliki aroma harum dan terasa manis terutama saat buah telah matang.

2.    Pisang Ambon

Buah pisang ini walaupun memiliki embel-embel nama Ambon tapi belum ada ada data pasti mengenai dari mana asal nama buah pisang ini hingga dinamai pisang Ambon. Ada dua jenis pisang Ambon yang populer yaitu pisang Ambon hijau (lumut) dan pisang Ambon kuning. Pisang Ambon berukuran cukup besar sekitar 17-23 cm dengan diameter 3-4 cm. Pisang Ambon bukan hanya manis tetapi daging buahnya terasa lembut dilidah dan tidak bergetah.

Gambar Pisang Ambon
Gambar Pisang Ambon

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkomsumsi buah ini selain dapat menjaga kesehatan jantung, insomnia, kesehatan mata dan menjaga kadar kolestrol ternyata pisang Ambon baik juga diberikan untuk bayi karena dapat membantu memperlancar pencernaan. Harga buah pisang Ambon sekitar Rp.25.000- 30.000 / sisir.

3.    Pisang Kepok

Pisang kepok banyak dijadikan bahan baku pembuatan keripik dan pisang goreng. Pisang kepok memiliki kandungan pati yang tinggi. Ada dua jenis pisang kepok yang dapat kita jumpai dipasaran yaitu kepok dengan kulit berwarna putih dan pisang kepok berwarna kuning. Kepok putih biasa diberikan untuk makanan burung karena rasanya sepat dan daging buah lebih keras sedangkan pisang kepok kuning harus diolah terlebih dahulu sebelum disantap.

Gambar Pisang Kepok
Gambar Pisang Kepok

Pisang kepok rebus dan kukus ternyata memiliki manfaat bagi para penderita penyakit maag. Kandungan antasida alami yang terdapat dalam buah buah pisang kepok dapat mengatasi masalah asam lambung dengan cara menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Harga pisang Kepok sendiri cukup terjangkau sekitar Rp. 20.000-25.000/sisir.

4.    Pisang Barangan

Pisang barangan memiliki tampilan yang unik, sekilas tampilannya kurang meyakinkan karena terdapat bercak-bercak coklat pada kulit pisang tapi soal rasa pisang yang satu ini dapat diadu. Rasa manis akan langsung terasa saat menyantap pisang ini. Pisang ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Penulis sendiri biasa mengkomsumsinya saat perjalanan menuju Makassar-Bone. Kita dapat menjumpai penjual pisang barangan ditepi jalan sebelum memasuki kota Bone.

Gambar Pisang Barangan
Gambar Pisang Barangan

Pisang barangan sebaiknya tidak digoreng melainkan dimakan langsung, pisang barangan memiliki berbagai manfaat diantaranya sebagai sumber energi, program diet, penderita anemia, dan melancarkan pencernaan. Jadi jangan cepat men”judge” pisang yang satu ini, sekali mencoba anda bisa ketagihan. Harga pisang barangan sekitar Rp.15000-30.000/sisir.

5.    Pisang Susu

Pisang susu mudah dikenali dari bentuknya yang lebih kecil dibandingkan jenis pisang lainnya. Sepintas tampilannya mirip dengan pisang Cavendish tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Tampilan kulit luarnya berwarna kuning cerah. Tapi jangan lihat bentuknya yang kecil tetapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan anda. Selain kandungan potassium yang tinggi, pisang susu juga dapat menjadi sumber energi. Makanya bagi anda yang gemar lari pagi buah ini sangat penulis rekomendasikan sebagai sumber energi alami.

Gambar Pisang Susu
Gambar Pisang Susu

Pisang susu juga bisa diberikan kepada bayi usia 6 bulan keatas. Teksturnya lembut dan memiliki rasa yang manis sehingga cenderung disukai bayi. Kandungan gizi pada pisang susu dapat mendukung pertumbuhan bayi serta dapat mencegah bayi anda mengalami diare. Jadi istilah kecil-kecil cabe rawit bisa juga berlaku buat pisang susu. Harga pisang susu sekitar Rp.10.000-25.000/sisir. Harga tergantung lokasi dimana anda berada semakin dekat dengan sentra buah maka harganya cenderung lebih murah.

6.    Pisang Merah

Jika umumnya kita melihat pisang berwarna kuning tapi untuk pisang yang satu ini tampil berbeda. Bahkan mungkin tidak semua pernah melihat pisang yang satu ini. Tampilan kulit buahnya berwarna ungu kemerahan. Ada banyak nama lain pisang merah, di Malaysia buah ini dikenal dengan nama pisang raja udang, Tionghoa Hong guo jiao, Jepang Baracoa, dan Italia mengenalnya dengan Banana Rosa.

Gambar Pisang Merah
Gambar Pisang Merah

Secara umum tampilan pisang merah tidak berbeda jauh dengan pisang pada umumnya, Pisang merah mengandung potassium, vitamin c, vitamin B6 dan serat yang berfungsi memperlancar pencernaan. Pisang merah masih sangat jarang ditemukan dipasaran. Tetapi untuk memperoleh bibit pisang merah kita dapat membelinya ditoko online dengan harga sekitar Rp.25.000-50.000 / pohon.

7.    Pisang Tanduk

Nama pisang ini diambil dari bentuknya yang mirip dengan tanduk, buah ini memang memiliki ukuran yang cukup panjang bahkan bisa mencapai 35 cm perbuahnya.  Semakin matang buah pisang ini akan semakin melengkung dan pada bagian ujungnya agak meruncing. Pisang tanduk didaerah Kudus dikenal dengan nama “byar”. Pohon pisang tanduk dapat tumbuh hingga mencapai 2,5-3 meter.

Gambar Pisang Tanduk
Gambar Pisang Tanduk

Pisang tanduk sebenarnya cukup baik digunakan sebagai bahan pisang goreng tetapi harganya yang mahal menjadi salah satu halangan, bayangkan saja dipasaran satu buah pisang tanduk dijual dengan harga 5 -10 ribu rupiah/buah, lalu berapa pedagang mesti menjualnya ke konsumen? Buah dari pisang tanduk memiliki warna putih kekuningan dengan rasa manis agak asam tetapi teksturnya cukup lembut.

8.    Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu memiliki kulit buah yang tebal dengan ukuran buah masuk dalam kategori sedang, bentuk buahnya melengkung dan pada bagian pangkal buah agak bulat. Apabila telah matang kulit berwarna kuning berbintik coklat. Panjang buah sekitar 12-18 cm dengan bobot rata-rata sekitar 110-125 gram.

Gambar Pisang Raja Bulu
Gambar Pisang Raja Bulu

     Manfaat pisang raja bulu cukup beragam selain meningkatkan imun tubuh, menurunkan hipertensi, mengatasi maag, kandungan nutrisinya pun cukup tinggi. Harga pisang raja bulu sekitar Rp.25.000-30.000/sisir. JIka anda tertarik memelihara pohon pisang raja bulu anda dapat memesan bibit pisang raja bulu di toko online, tinggal pilih yang sesuai dengan budget anda.

9.    Pisang Cavendish

Pisang cavendish adalah salah satu jenis pisang terbaik yang memiliki tampilan kuning bersih dan merupakan buah tropis yang paling populer di dunia. Walaupun awalnya berasal dari luar tapi saat ini kita telah dapat menemukan cavendish lokal di pasaran. Pisang cavendish tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi memiliki kandungan gizi yang beragam seperti riboflavin, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalium, folat dan magnesium.

Gambar Pisang Cavendish
Gambar Pisang Cavendish

     Pisang cavendish dijual dengan harga sekitar 20 ribu untuk jenis sunpride berisi sekitar 5-6 buah sedangkan jika anda tertarik untuk menanamnya dirumah, bibit pisang cavendish dijual mulai dari harga Rp 25.000-50.000 / bibit.

      Artikel 9 jenis pisang paling populer di Indonesia, mana favorit anda? Tentunya akan memberikan anda sedikit gambaran tentang jenis pisang yang ada di Indonesia. Pisang memang layak dijadikan buah favorit, selain harga terjangkau buah ini menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anda.