Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Distemper Pada Kucing Jangan Diabaikan

 penyakit distemper pada kucing

Duniahobiku.com - Penyakit distemper pada kucing mesti ditangani secara cepat terutama pada anak kucing karena dapat menyebabkan kematian kucing. Semakin cepat kucing anda mendapatkan perawatan maka peluang kucing kesayangan untuk sembuh akan semakin besar. Untuk mengetahui lebih jelas tentang distemper, ciri-ciri dan cara pencegahan penyakit ini silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Apa itu virus distemper pada kucing?

Distemper atau Feline Panleukopenia (PFV) merupakan salah satu penyakit menular yang sangat berbahaya untuk kucing, dan dapat menimbulkan kematian pada kucing. Penyebab dari penyakit ini adalah Virus Feline Panleukopenia. Virus yang yang terdapat di dalam kelompok Parvovirus, dan pada kelompok ini terdapat Canine Parvovirus yang dapat menimbulkan infeksi Parvovirus.

Seperti halnya penyakit kucing lainnya, virus distemper ini juga dapat menular kepada kucing lainnya dan berakibat fatal dengan resiko kematian yang sangat tinggi. Virus ini dapat mudah menyerang kucing, terutama anak kucing (kitten). Namun, untuk kucing dewasa ada beberapa yang bisa sembuh dari infeksi virus distemper ini. Jika dibandingkan dengan anak kucing, kemungkinan untuk sembuh sangat kecil.

Berapa Lama Virus Kucing Bertahan?

Virus ini mempunyai kemampuan yang kuat pada tempat tinggalnya, dan bertahan hingga dalam waktu 1 tahunan pada suhu ruangan di tempat yang sudah tercemar oleh virus ini.  Dalam kurun waktu 1 tahun biasanya virus ini menempel di kandang, di dinding, serta di lingkungan sekitar kucing. Terlebih jika lingkungan sekitarnya mendukung virus tetap dapat bertahan hidup dan masih bisa menulari kucing lain  meskipun tidak pernah bersentuhan dengan kucing yang telah terinfeksi.

Penularan Virus PFV

Virus PFV menular melalui banyak media, seperti udara, sentuhan, atau virus yang menempel pada alas kaki dan menyebar ke seluruh tempat. Virus ini sangat mudah mudah menular karena PFV dapat bertahan hidup pada suhu lingkungan extreme dan tidak mudah mati. Biasanya kucing yang telah terinfeksi PFV akan menunjukan gejala setelah 2 – 7 hari dari mulai virus memasuki tubuh kucing pertama kali. Virus ini juga dapat menular terhadap janin pada kucing yang sedang mengandung. Melalui darah dari plasenta.

Gejala Virus Panleukopenia Pada Kucing

Kucing yang rentan terhadapat virus distamper biasanya kucing yang berumur dibawah 1 tahun, adapun gejala dari distamper :

Biasanya kitten akan mati secara tiba tiba, tanpa menunjukan gejala apapun sebelum kematiannya. Biasanya terjadi dalam kasus yang cepat.

Pada kasus yang parah, kucing biasanya kehilangan nafsu makan, badan kucing akan demam tinggi, dan dehidrasi. Karena kucing mengalami dehidrasi, kucing biasanya mengalami drop yang cepat.

Diare, biasanya kucing yang terinfeksi virus PFV mengalami diare berdarah. Dikarenakan kerusakan pada sel sel usus oleh virus. Selain diare, biasanya kucing juga mengalami muntah muntah karena kerusakan sel usus oleh virus.

Kucing akan sering terlihat menyendiri dan bahkan seolah-olah menghilang karena mencari tempat yang aman dan nyaman.

Apakah Distemper Pada Kucing Menular Pada Manusia ?

Anda bisa sedikit menarik nafas lega karena virus ini tidak menular kepada manusia, tetapi virus ini sangat berbahaya karena dapat dengan cepat menulari kucing lain yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan memiliki lingkungan yang buruk.

Cara Mencegah Distemper Pada Kucing

Pencegahan yang paling utama adalah vaksinasi yang teratur pada kucing, karena vaksin dapat membentengi kucing dari virus yang ada disekitarnya.

Menjaga kebersihan kandang merupakan salah satu upaya terbaik sebelum terjadi kasus distamper. Sikat semua bagian kandang hingga bersih menggunakan sabun. Anda dapat menggunakan bayclin atau bahan pembersih kandang yang dilarutkan dalam air kemudian disemprotkan ke kandang setiap anda membersihkan kandang untuk membunuh virus yang tidak terlihat.

Menjemur kandang dibawah sinar matahari langsung setelah melakukan pembersihan kandang merupakan salah satu cara alami untuk mencegah virus berkembang.

Cara Menyembuhkan Panleukopia Pada Kucing

Jika kucing anda memiliki gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat.

Berikan vaksinasi yang teratur

Berikan antibiotik dan makanan yang bergizi untuk memperkuat sistem imun tubuh kucing kesayangan anda.

Semoga artikel Penyakit Distemper Pada Kucing Jangan Diabaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang berbagai penyakit pada kucing dan cara mengatasinya.