Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Kambing Paling Banyak Dipelihara Di Indonesia

 jenis kambing di indonesia

Duniahobiku.com  -  Jenis kambing apa yang paling banyak dipelihara di Indonesia? Kambing merupakan salah hewan ternak yang banyak dicari pada saat Idul Adha sebagai hewan kurban bahkan kambing juga masuk dalam 12 shio dalam Zodiak Tionghoa. Ada banyak jenis kambing didunia, tetapi di Indonesia cuma beberapa macam kambing yang sering dibudidayakan para peternak. Untuk lebih jelasnya simak terus artikel dibawah ini.

Kambing telah lama dikenal di Indonesia bahkan di Asia diperkirakan kambing telah diternakkan untuk diambil daging, kulit, susu, dan kotorannya sejak 8000 - 9000 tahun yang lalu. Peternakan kambing terus mengalami perubahan mulai dari yang tradisional hingga modern. Walaupun usaha budidaya kambing begitu menjanjikan, tetapi kebutuhan konsumen tidak sebesar ayam dan sapi. Sebenarnya dari segi keunggulan susu kambing memiliki kualitas lebih, dibandingkan susu sapi. Bahkan kotoran kambing menurut para petani memiliki keunggulan dibandingkan kotoran ayam maupun sapi. Potensi peternakan kambing sangat menjanjikan mengingat budidaya kambing jauh lebih mudah dibanding jenis ternak lainnya’

5 Jenis Kambing Paling Banyak Dipelihara di Indonesia

Kambing memiliki nama ilmiah capra aegagrus sejak dahulu kambing dijadikan binatang yang dipelihara untuk dijadikan konsumsi manusia. Ada beberapa kambing umun dipelihara di Indonesia, iklim tropis dengan berbagai dataran yang berbeda mengharuskan peternak harus memilih jenis kambing yang cocok di wilayah mereka. Berikut jenis kambing yang umum kita temukan di Indonesia :

1.      Kambing Kacang

Siapa yang tidak kenal dengan kambing ini, kambing yang dapat berkembang dengan iklim indonesia ini tersebar diseluruh indonesia dengan populasi terbanyak. Wajar saja, soalnya kambing kacang merupakan kambing lokal indonesia yang sudah ada sejak dahulu. Berbeda dengan jenis yang lain yang sengaja didatangkan dari luar Indonesia untuk dikembangbiakan di Indonesia. Kambing ini memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan kambing yang didatangkan dari luar karena telah beradaptasi dengan baik dengan iklim tropis Indonesia.

Ciri yang menonjol dengan mengenal kambing kacang tersebut adalah memiliki tanduk pendek, berbulu halus diseluruh permukaan kulit, memiliki kepala kecil, serta telinga yang pendek kecil. Sekilas memang seperti rusa tetapi kambing ini mudah bereproduksi dengan baik dan lebih produktif. Kambing kacang bisanya dibudidayakan dengan tujuan sebagi kambing pedaging ( kambing potong ). Berat badan kambing kacang bisa mencapai 25 kilogram.

kambing kacang
kambing kacang

2.      Kambing Ettawa

Tahukah anda darimana susu kambing dihasilkan, jika anda belum mengetahui jenis ettawa merupakan penghasil susu kambing terbaik. Disebut sebagai kambing perah karena dapat menghasilkan susu 2-3 liter air susu perhari. Badan yang tinggi memiliki wajah cembung merupakan ciri menonjol yang dapat anda ketahui, budidaya etawa dapat memberikan keuntungan yang besar jika diternak dengan metode yang tepat. Kambing yang didatang dari India ini merupakan salah satu jenis kambing yang banyak diminati para peternak Indonesia karena menghasilkan keturunan unggul. Bobot jantan kambing etawa bisa mencapai 91 kilogram dan betina hanya memiliki berat sekitar 60 kilogram.

kambing ettawa
kambing Etawa

3.      PE (Peranakan Etawa)

Kambing peranakan etawa sebenarnya hasil persilangan etawa dengan kambing lokal. Kambing lokal yang biasa disilangkan adalah kambing kacang  dan kambing menggolo dari lumajang. Selain itu dihasilkan 2 ras yaitu PE ras Senduro dan PE ras Kaligesing. Banyak keunggulan yang didapatkan dengan persilangan tersebut, yaitu dapat dijadikan sebagai kambing pedaging atau kambing perah (susu). Bahkan jenis kambing ini pernah dapat mencapai bobot 170 kg bobot terbesar yang dihasilkan.

peranakan etawa
peranakan etawa

4.      Kambing Boer

Dibaca dari namanya pasti anda merasa asing bukan? Ya betul sekali karena kambing ini berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini merupakan jenis yang paling unggul dalam hal penghasil daging. Berat kambing jantan mampu mencapai 150 kg dan betina sekitar 90 kg. Ciri yang menonjol dari kambing boer adalah memiliki warna bulu dominan putih dengan bagian kepala berwana coklat muda atau coklat. Telinganya panjang menjuntai kebawah.

kambing Boer
kambing Boer

5.      Kambing Saanen

Penghasil susu terbanyak dapat dihasilkan dari jenis kambing ini, pada masa  atau menyusui kambing ini mampu manghasilkan 750 kg air susu. Sebenarnya kambing saanen berasal dari negara Swiss, dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis peternak harus melakukan perawatan yang baik agar produktifitas air susu kambing ini tidak terganggu.

kambing saanen
kambing Saanen

Semoga artikel 5 Jenis Kambing Paling Banyak Dipelihara Di Indonesia dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang berbagai jenis hewan ternak yang memiliki prospek bisnis yang menjanjikan.