Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AYAM, Sang Primadona Unggas

ayam Sang Primadona Unggas

Duniahobiku.com - Ayam merupakan primadona dalam dunia unggas. Dimasa serba modern ini kita semua sepertinya tahu apa itu ayam, bentuk ayam, warna ayam, mainan ayam, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan ayam. Bahkan kita sering mengomsumsi ayam baik itu direstoran cepat saji, rumah makan, warung pinggir jalan, ataupun hasil olahan ayam didapur rumah kita. Tetapi banyak orang yang sepertinya belum mengetahui bagaimana sejarah ayam, klasifikasi ayam, dan ragam ayam. Penulis sendiri dahulu sebelum beternak ayam masih sering salah mendeskripsikan, mana ayam ras dan mana ayam buras (bukan ras). Oke, Mari kita sama-sama belajar untuk mengenal ayam lebih lanjut bukan hanya sebagai ayam komsumsi semata.

Sistematic zoology ayam ( Gallus Spesies ) sebagai berikut :

Kingdom  ( kerajaan )                : Animal

Phylum ( pokok )                       : Chordata

Class ( tingkatan )                      : Aves

Ordo ( susunan )                         : Gallyformes

Famili ( keluarga )                      : Phasianidae

Genus ( bangsa )                         : Gallus

Species ( jenis )                          : Gallus spc

I.                  Sejarah asal usul ayam       

Proses domestikasi ayam atau usaha menjinakkan dan memelihara ayam sebagai hewan ternak telah berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Menurut catatan sejarah 2000 tahun SM di India, ayam yang telah dipelihara akan dipersembahkan dagingnya sebagai korban upacara. Dari meja para pendeta agama citarasa daging ayam yang lezat dikenal orang. Dari India, ayam menyebar ke negeri-negeri lain seperti Cina,Iran,Italia,dan didaratan Eropa.

Ayam-ayam yang kita kenal sekarang menurut para peneliti berasal dari ayam-ayam hutan (spesies gallus). Para peneliti membaginya dalam empat spesies gallus yang kita kenal sampai sekarang :

1.                Ayam Hutan Merah (gallus gallus)

Ayam hutan merah  jantan mempunyai bulu tubuh berwarna merah,jengger berbentuk besar dan bergerigi,bulu dada berwarna hitam,bulu ekor berjumlah 14 helai,sedangkan pada ayam betina bulu dadanya berwarna coklat kemerahan. Sarang ayam hutan dihabitat aslinya terletak dipohon-pohon dan memiliki telur paling banyak 6 butir.Warna telur putih bersih sampai coklat. Dapat hidup dan berkembang biak pada ketinggian 1500 meter dari permukaan lau,baik didaerah kering maupun hutan lebat yang lembap. Ada beberapa jenis gallus gallus yang tersebar diberbagai Negara. Gallus gallus murghi atau ayam hutan merah india, Gallus bankiva berhabitat di sekitar hutan di india, Burma Siam (Muangthai), Gallus gallus spadiceus disebut ayam hutan merah Vietnam, Gallus gallus joboullei berhabitat di pulau Hainan dan Cina Selatan / ayam hutan merah Cina.

Jantan Ayam Hutan Merah

Betina Ayam Hutan Merah

2.                Ayam Hutan Hijau ( Gallus Varius )

Ayam hutan ini mempunyai bulu yang sangat menawan, bulu tubuhnya hitam bercampur dengan warna hijau mengkilap, dan ujungnya berwarna kekuningan. Panjang bulu ekor berwarna hitam, jumlahnya 16 helai. Ayam hutan hijau mempunyai tubuh yang lebih kecil dibandingkan ayam hutan merah, Bentuk jengger dan pial ayam hutan hijau sangat berbeda dibandingkan ayam hutan merah. Ayam hutan hijau berjengger bundar rata pada pinggirnya dan tidak bergerigi,pialnya hanya ada satu. Ayam ini memiliki gerakan yang sangat lincah dan sulit ditangkap. Habitat aslinya adalah ditepi hutan atau di hutan terbuka rendah. Ayam hutan hijau membuat sarang di tanah, tersembunyi diantara semak-semak dan sarang terbuat dari rumput dan ranting. Telurnya paling banyak 5 butir. Di Jawa Barat ayam hutan hijau dikenal dengan sebutan Kasintu atau Canghegar. Ayam jenis ini terdapat di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa,Flores, Sumba dan Alor. Ayam Bekisar adalah hasil persilangan ayam hutan hijau dan ayam kampung.

 

3.                Ayam Hutan Sonnerati ( Gallus Sonnerati )

Ayam hutan ini mempunyai ciri khas yaitu mempunyai warna bulu agak kelabu sehingga dikenal juga sebagai Grey jungle fowl. Ayam betina bulu dadanya berwarna hitam dan putih. Sayap dan ujung ekornya mengecil. Ayam hutan jenis ini relative mudah ditangkap dan dipelihara. Tersebar di sekitar hutan India,Bombay sampai Madras.

Ayam Hutan Sonnerati

4.                Ayam Hutan Sailan ( Gallus lafayetti )

Ayam hutan jenis mempunyai daerah penyebaran yang sangat terbatas yaitu Cuma di Pulau Ceylon saja sehingga dikenal juga dengan Ceylonese Jungle fowl. Pada ayam jantan,bulu pada bagian dada berwarna orange dan bagian tengah dari jengger berwarna kuning yang dikelilingi oleh bagian telinga berwarna merah. Sedangkan pada betina warna bulu mempunyai bercak-bercak coklat pucat dan gelap.Sayap dan ekor mempunyai garis yang jelas.

 

Ayam Hutan Sailan

II.              Klasifikasi Ayam

Pada dasarnya Ayam terbagi menjadi dua bagian besar yaitu Ayam Ras dan Ayam Buras. Ayam Ras yang paling banyak dipelihara dan dibudidayakan secara intensif umumnya dari ayam ras pedaging dan ayam ras petelur, sedangkan Ayam buras ini biasanya dikenal dengan sebutan ayam kampung.

i.                        Tipe-tipe Ayam ras yang telah dikenal masyarakat:

-         Tipe petelur

Ayam jenis ini adalah ayam yang dihasilkan oleh para peneliti dengan tujuan menghasilkan telur semaksimal mungkin dengan biaya pakan yang efisien. Sifat umum yang dimiliki ayam ini adalah kemampuan bertelurnya sangat tinggi, Sifat mengeram umumnya sudah tidak ada, Bentuk badan relative kecil – sedang, mempunyai temeremen mudah kaget. Jenis-Jenis ayam petelur yang dibudidayakan oleh peternak.

a.                White Leghorn

Jenis ayam dengan ciri-ciri bulu berwarna putih dan berasal dari Tuscany, Italia. Banyak dibudidayakan di Amerika Serikat dengan kemampuan bertelurnya hingga 280 butir / Tahun. 

 

b.                Rhode Island Red

Ayam jenis ini dapat berfungsi ganda ( dwiguna ) baik sebagai ayam pedaging maupun ayam petelur. Ayam yang berasal dari Pulau Rhode Island ini mempunyai daya tahan terhadap penyakit tetapi cenderung memiliki temperemen yang agresif. Ayam ini mampu menghasilkan telur sebanyak 250-300  butir dalam setahun.

c.           Ayam Australorp / Ayam Orpington

Ayam ini mempunyai pertumbuhan yang cepat,dan mulai bertelur sejak umur 5 bulan. Ayam ini merupakan jagonya dalam hal produksi telur. Jenis ayam ini mampu bertelur sebanyak 364-365 butir dalam setahun .Luar biasa,ini merupakan ayam impian semua peternak telur. Ayam ini pertama kali dikembangkan di Australia pada Tahun 1890-1900. Ayam ini berasal dari galur Black Orpington asal inggris dan dilakukan penyilangan dengan beberapa varietas ayam lainnya. Ayam ini mempunyai postur tubuh yang cukup besar. Berat jantan dapat mencapai 4,7 kg dan betina berbobot 4,2 kg.

-           Tipe pedaging / Ayam Broiller

Ayam jenis ini khusus dibudidayakan untuk menghasilkan daging dengan konversi pakan yang rendah. Memiliki bentuk badan yang besar dengan pertumbuhan bobot tubuh yang sangat cepat, pada beberapa jenis tertentu memiliki bulu pada kaki. Kemampuan bertelur rendah. Jenis-jenis ayam pedaging yang dibudidayakan peternak :

a.           Ayam Broiler strain cobb

Broiler cobb merupakan ayam hasil persilangan dari jenis ayam plymoth rock USA dengan jenis ayam lain. Ayam ini mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya dan menghasilkan daging pada bagian dada dan paha yang lebih besar. Bobot badan bisa mencapai 1,8-2 kg dengan FCR ( feed comsumption rate )  sebesar 1,65.

b.           Ayam Broiler strain Plymouth rock

Ayam jenis ini dikembangkan sejak pertengahan abad ke 19 di New England. Ayam ini memiliki postur tubuh yang besar. Berat badan ayam jantan dapat mencapai 3,5-4,5 kg sedangkan ayam betina 2,75 – 3,5 kg.

c.                Ayam broiler strain Cornish cross

Ayam strain Cornish banyak dipilih para peternak karena pertumbuhannya yang baik. Bobot tubuh jantan dapat mencapai 5,5 kg dan betina mencapai 3,6 kg dengan waktu pemeliharaan selama 6-8 minggu.

  

-                Tipe dwiguna

Ayam yang mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai ayam pedaging sekaligus ayam petelur . Contoh ayam-ayam yang masuk tipe ayam dwiguna ; Rhode Island Red, Plymouth Rock, Australorp. (foto; dapat dilihat diatas). 

-                    Tipe fancy

Ayam tipe fancy dipelihara bukan dengan tujuan menghasilkan daging atau telur, tapi sebagai kesenangan atau kepuasan sang pemilik ayam tersebut. Ayam jenis fancy biasanya memiliki ciri khas tertentu baik berupa suara yang merdu,bulu yang panjang, bentuk tubuh yang unik,warna bulu yang indah dan sebagainya. Beberapa contoh yang termasuk dalam ayam tipe fancy ; 

a.           Ayam ketawa

Ayam jenis ini menjadi terkenal karena suara kokoknya yang mirip dengan suara orang ketawa. Ayam lokal asli ini berasal dari salah satu kabupaten kota di Sulawesi selatan yaitu Sidrap, tepatnya didaerah Baranti, Panca Rijang, Benteng, dan Simpo Arasi”e. Suku Bugis menyebutnya Manu Gaga.

Ayam Ketawa

b.           Ayam Katai

Ayam yang sangat terkenal karena bentuk badannya yang kecil dan gerakannya yang unik. Ayam ini pertama kali ditemukan oleh pedagang eropa di tahun 1700. Ayam yang berasal dari Indonesia, tepatnya daerah Banten ini telah melewati berbagai silangan sehingga menghasilkan ayam yang semakin kecil yang kita kenal sekarang dengan nama Serama. Ayam ini mempunyai bentuk bulu yang beraneka ragam. Berat badan ayam katai ini berkisar 500 gram dan khusus ayam serama bahkan beratnya dibawah dari 500 gram. Ada banyak jenis ayam katai yang bisa anda koleksi.

c.            Ayam Onagadori

Nama onagadori berasal dari kata jepang, kata “O” artinya ekor, “naga” berarti panjang dan “dori” yang artinya unggas/ayam. Jadi onagadori adalah ayam berekor panjang. Ayam ini memang pantas mendapat predikat ayam ekor terpanjang. Ekor ayam ini dapat tumbuh hingga mencapai 20 meter. Bobot ayam jantan sekitar 1,8-2 kg sedangkan betina berbobot lebih ringan yaitu 1-1,3 kg.

Ayam Onagadori

  ii.          Ayam Buras / Ayam Kampung

Ayam kampung berbeda dengan jenis ayam ras yang dihasilkan khusus untuk menghasilkan daging atau telur.Ayam ini disebut ayam kampung mengingat masyarakat memeliharanya di kampung secara bebas dan berkeliaran di sekitar rumah. Sebagian besar masyarakat ada yang lebih menyukai tekstur dan citasa ayam kampung dibanding ayam broiler. Mitos mengenai manfaat ayam kampung lebih baik dan sehat dibanding ayam ras masih mengakar kuat di dalam masyarakat. Saat ini banyak dikembangkan ayam kampung unggulan dengan berbagai kelebihannya dibanding ayam kampung pada umumnya,antara lain : 

a.           Ayam Kampung Unggul Balitbangtan ( KUB )

Hasil inovasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan pertanian menghasilkan satu jenis ayam kampung yang memiliki berbagai keunggulan.Ayam KUB dapat menghasilkan telur sebanyak 160-180 butir / ekor dalam setahun. Bobot ayam dapat mencapai 1200-1600 gram dalam waktu 20 minggu. Bobot telur berkisar 35-45 gram / butir.

 

Ayam Kampung KUB

b.           Ayam Kedu Cemani

Ayam kedu ini ditemukan didaerah Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jenis ayam kedu cemani merupakan ras unggul hasil silangan ayam kedu dan ayam australorp .Pemilik awal kedu cemani adalah seorang kepala Desa Kalikuto, kecamatan Grabag, Kabupaten Malang. Masyarakat setempat menyebutnya Pak Tjokromiharjo. Ayam ini lebih dikenal masyarakat berkaitan hal mistis yang dimiliki ayam ini. Padahal ayam ini mempunyai keunggulan dari berbagai aspek. Ayam kedu cemani dapat menghasilkan telur sebanyak 140-160 butir / ekor dalam setahun. Ayam ini juga mempunyai harga yang cukup tinggi di kalangan para penghobi ayam hias.

Jantan dan betina kedu cemani

c.            Ayam Pelung

Ayam pelung adalah ayam lokal asli kebanggaan masyarakat Cianjur. Ayam pelung dikembangbiakkan oleh seorang bernama H.Djarkasih atau lebih dikenal dengan sebutan mama acih pada Tahun 1850.Ayam ini mempunyai ciri khas yaitu postur tubuhnya yang besar dan suara berkokok panjang dan mengalun. Seekor ayam jantan pelung dewasa dapat mempunyai berat sekitar 5-6 kg dan tinggi badan 40-50 cm.

Ayam Pelung

          Penulis hanya mengambil sedikit dari jenis dan strain ayam yang begitu banyak dan luas.Tetapi dari sedikit ini semoga dapat bermanfaat sebagai gambaran atau referensi untuk melihat potensi ayam secara lebih maksimal. Kritik, saran, dan petunjuk dari pembaca sangat diharapkan agar artikel berikutnya,Penulis bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Salam SUKSES !!!