Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viar Vortex : Kelebihan dan Kekurangan Viar Vortex 250

 Viar Vortex : Kelebihan dan Kekurangan Viar Vortex 250

Duniahobiku.com  –  Apa saja kelebihan dan kekurangan Viar vortex 250? Viar merupakan karya anak bangsa yang ikut bersaing dengan motor motor terkenal yang sudah dulu merajai jalanan seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki. Mungkin selama ini kita lebih mengenal merek Viar karena banyak digunakan untuk bisnis dan kebersihan seperti mengangkut tabung gas 3 kg, usaha air minum isi ulang ataupun mengangkut sampah kota dengan bentuknya yang berukuran sedang dan mampu menjangkau jalan jalan kecil di perkotaan. Namun siapa sangka Viar juga mengeluarkan motor touring yang dikenal dengan Viar Vortex 250. Ingin mengenalnya lebih dekat?

Motor Sport Viar 250 cc ini tampil beda dengan motor lainnya yang dikeluarkan oleh brand asal Semarang ini. Bisa di katakan kalau Viar Vortex ini nampak gagah dengan balutan bodi yang mirip dengan bagian koleksi motor dari Jerrman, BMW serie GS atau Kawasaki Versys-x250.

Tapi lepas dari kemiripannya, yang jelas Viar Vortex ini menjadi satu generasi motor touring pertama yang memiliki penampilan mewah dan berkelas dari Viar. bahkan tak cuma penampilan, fungsionalitasnya sebagai motor touring juga demikian tinggi.

Viar Vortex di lengkapi dua kaki kaki kuat, yang mana pada bagian depan ditambahkan upside down, dan belakang menggunakan tipe monoshock, serta tubuhnya di berikan perlindungan max, berupa slider yang ada mulai dari bagian bawah segitiga sampai bagian mesin.

Hal itu memang sengaja diterapkan oleh Viar pada motor ini, agar menjamin bagian vital motor terbarunya selalu terjaga meski mengalami kecelakaan di jalan. disamping itu, pada bagian belakang kelihatan 3 box tersusun rapi, yang mana fungsinya sebagai media tempat menyimpan barang bawaan, sehingga anda tidak perlu merasa pegal membawa tas ransel di pundak saat bepergian, karena seluruh box yang sudah termasuk satu paket penjualan Viar Vortex ini.

Performa mesin viar vortex juga tidak kalah mumpuni, Viar Vortex diketahui mengandalkan mesin berkekuatan 250 cc, yang di dukung tehnologi terkini, termasuk juga sistem suplai bahan bakar yang telah mengadopsi tehnologi fuel injection. hingga dapat menghasilkan tenaga besar dan lebih efisien yang sangat ideal sebagai motor touring. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama spesifikasi dari Viar Vortex 250 cc :

Spesifikasi dan Harga Viar Vortex

Spesifikasi Viar Vortex

Mesin

Type : 4 Langkah SOHC Water Cooler Radiator

Kebolehan Silinder : 249 cc

Diameter X Langkah : 77 x 53.6 milimeter

Perbandingan Kompresi : –

Suplay sistem : Fuel Injection

Tipe Transmisi : 6 speed

Tipe Starter : Electric

Sistem Pengapian  : –

Tipe Kopling : Multiple wet clutches stacked

Dimensi

P x L x T : 2130 x 868 x 1260  milimeter

Jarak Sumbu Roda : 1400 milimeter

Jarak Terendah Ke Tanah : 210 milimeter

Tinggi Jok : –

Berat Bersih : 163 kg

kebolehan Tangki Bahan Bakar :  15 liter

Rangka

Rangka : –

Suspensi Depan : Up-Side Down Fork 41 milimeter

Suspensi Belakang : Monoshock + Swing Arm

Rem Depan : Disk Brake

Rem Belakang : Disk Brake

Ban Depan : 100/9 0-18

Ban Belakang : 130/70-17

Fitur

mempunyai perlindungan frame slider

ditambahkan 3 box pada bagian belakang

Review Viar Vortex

Kenyamanan touring menjadi prioritas Viar saat merancang motor ini. Hal itu dapat dilihat pada 3 buah box yang disediakan pihak Viar pada bagian belakang, dan samping motor yang berguna membawa barang bawaan jadi anda tidak membutuhkan tas ransel saat berpergian. Bukan cuma itu pada bagian depan, tepatnya di atas headlamp, terpasang wind screen berukuran cukup besar yang berfungsi melindungi pengendara dari terpaan angin dan air.

Headlamp pada Viar Vortex bukan sekedar berukuran besar tetapi telah di lengkapi lampu LED (Light Emitting Diode) didalamnya yang memastikan pencahayaan dengan optimal diwaktu malam hari. Penampilan speedometer cukup cantik karena pihak Viar sendiri memadukan antara penampilan analog dan digital, yang pastinya mempunyai tingkat akurasi tinggi.

Tidak berhenti sampai disana Viar juga menambahkan bagian pelindung pada areal lain. Pihak viar membalut bagian vital seperti leher dan knalpot sebagai perlindungan tambahan bagi pengendara. Berbicara ukuran, Viar dirancang dengan dimensi panjang 2130 mm, lebar 868 mm, dan tinggi dengan total mencapai angka 1260 mm sehingga membuat motor ini terlihat besar namun gagah.

Viar Vortex 250
Viar Vortex 250 

Kesan gagah juga makin kelihatan, karna bukan sekedar wujud bodi yang demikian mewah dan cukup besar pada bagian depan, pihak Viar sendiri menambahkan suspensi tipe upside down berukuran besar yang makin meningkatkan kenyamanan berkendara tetapi tidak mengurangi penampilannya.

Pilihan Warna Viar Vortex

Untuk melindungi bagian as shock depan viar menyematkan pelindung yang didesain tajam hingga membuat motor ini  nampak berbeda dengan para pesaingnya. Sebagai motor touring masa kini pada bagian tempat duduk dibuat bertingkat, jadi pengendara lebih mudah saat bermanuver dijalanan, stang motor yang di gunakannya berjenis handle bar sehingga membantu pengendara bermanuver tanpa hambatan.

Pada bagian belakang vortex, pihak Viar menerapkan suspensi tipe monoshock, dan di ke-2 kakinya di pasangkan velg tipe jari jari dengan ukuran 18 inch, ban 100/9 0 di sisi depan, serta belakang mengggunakan velg 17 inch plus ban 130/70, yang di klaim dapat meningkatkan keseimbangan saat berkendara. Pada bagian rem, baik itu depan dan belakang, sama sama mengadopsi rem cakram yang yang memiliki tingkat keamanan dan pakem.

Setelah itu masuk sektor dapur pacu, Viar sendiri tidak mau kalah dengan kompetitornya. Meski harga Viar Vortex di bandrol paling terjangkau di kelasnya, namun pihak Viar membekali Viar Vortex dengan mesin tipe 4 langkah, yang di kemas dalam satu silinder  249 cc. Pihak Viar mengadopsi tehnologi SOHC yang memelihara stabilitas temperatur mesin hingga performa tidak berkurang meski sedang menempuh perjalanan jauh.

Akselerasi juga semakin mantap, terutama saat menyalurkan tenagan mesin. Viar menerapkan transmisi dengan 6 percepatan manual, selanjutnya menggunakan ukuran diameter 77 x 53.6 mm, yang membuat area pacu dapat menghasilkan power max mencapai 18.5 Kw pada putaran mesin 9000 rpm, sedagkan tenaga max sebesar 22.5 Nm pada putaran mesin 7000 rpm. Dari hasil itu dapat dilihat, motor ini bukanlah sebagai motor pengejar kecepatan, namun lebih ke soal ketangguhan.

Kekurangan Viar Vortex 250 cc

Efek hawa pembuangan mesin masih terasa panas dikaki pengendara membuat pengendara tidak merasa nyaman saat jalanan sedang macet, suara bunyi knalpot juga masih dianggap bising buat para pengendara yang menjajal Viar Vortex 250.

Daftar Harga Viar Vortex Terbaru

IDR. 44.650.000,-

Harga Viar Vortex dapat beralih sewaktu waktu tanpa ada ada pemberitahuan terutama dahulu

Harga motor Viar Vortex 250 memiliki harga yang lebih terjangkau disbanding para pesaingnya yang telah memiliki nama besar dan telah teruji ketangguhannya. Tetapi sebagai alternatif motor Viar Vortex bisa menemani anda dalam melakukan touring menjelajah tempat tempat wisata yang ada di Indonesia. Bagaimana? Apakah anda tertarik memiliki motor ini?  

Semoga artikel Viar Vortex : Kelebihan dan Kekurangan Viar Vortex 250 dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang anda cari tentang motor touring karya anak bangsa dengan harga terjangkau tetapi berkelas.